ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 03 Juni 2020 | 12 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Tips Menjaga Kesehatan Payudara bagi Remaja

22 August 2019 11:13:32
Tips kesehatan, tips kesehatan , payudara, remaja,
Ilustrasi (freepik)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslimah, payudara adalah salah satu bagian tubuh perempuan yang perlu diperhatikan selain kulit dan wajah. Sejak remaja kita harus mempunyai gambaran mengenai payudara dan bagaimana perawatan payudara.

Dilansir laman happifyourworld menuliskan bahwa bentuk payudara remaja itu berbeda dengan payudara dewasa. Pada remaja posisi dada akan lebih tinggi, celah di antara kedua payudara lebih sempit, jarak antara dada bagian bawah dan sisi atas lebih pendek, payudara juga tampak lebih condong keluar dan tidak terpusat seperti orang dewasa.

Seiring bertambahnya usia, berubah pula bentuk payudara, ini dikarenakan perubahan kadar hormon yang terjadi dalam tubuh.

Di usia remaja payudara kita sedang dalam masa pertumbuhan, makanya bentuknya belum mencapai ukuran yang maksimal.

Di masa ini awal umur 12-13 tahun, sangat disarankan buat remaja cewek memakai miniset atau training bra.

Di usia 15-18 tahun adalah masa-masa penyesuain dengan payudara, jobbaru di usia 20an payudara berada dalam kondisi terbaiknya, karena kelenjar lemak, susu dan kolagen yang merupakan jaringan pembentuk payudara, juga jaringan ligament Cooper yang berfungsi sebagai penopang payudara, sedang dalam komposisi terbaiknya.

Nah bagi sahabat muslimah yang masih remaja, perlu mulai membiasakan diri menjaga kesehatan payudara. Berikut menjaga kesehatan payudara bagi remaja:

1. Gunakan Bra yang sesuai

Sama seperti sepatu, pake bra yang nggak sesuai dengan ukuran payudara kita selain tidak nyaman tapi juga bisa berpengaruh sama kesehatan. Pastikan saat membeli bra kita ukur langsung di tempat. Jangan mengira-ngira ukuran tanpa mencoba.

2. Istirahatkan Payudara pada malam hari

Payudara juga butuh istirahat Sebaiknya tidak usah menggunakan bra saat tidur, agar aliran darah ke payudara menjadi lancar dan payudara dapat lebih bernapas dengan bebas.

3. Waspada Benturan

Hati-hati terhadap benturan. Terbentur tanpa sengaja atau karena melakukan olahraga dan gerakan ekstrim (bela diri misalnya) dapat menyebabkan penggumpalan darah bahkan dipercaya dapat menumbuhkan sel-sel abnormal di dalam payudara. Itulah mengapa kita harus selalu menjaga payudara dari benturan benda keras...

4. Konsumsi makanan sehat

Menghindari garam, minyak berlebih, kolesterol, penyedap buatan dan makanan siap saji serta minuman kemasan bisa menjadi salah satu cara kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah resiko

penyakit payudara.

5. Jaga berat badan ideal

Obesitas bisa menjadi pemicu munculnya kanker payudara hingga dua kali lipat pada wanita. Olahraga. Nggak hanya membakar lemak, olahraga yang tepat juga bisa menjaga kekencangan payudara kita.

.

6. Rutin Konsultasi Payudara

Mengecek payudara kita secara rutin penting untuk dilakui, gunanya untuk mendeteksi di daham payudara terdapat benjolan yang beresiko tumor atau kanker. Tidak banyak yang tahu kalau hampir 90% tumor yang ada di dalam payudara kita bisa dideteksi dengan sadar.

Semoga bermanfaat. [jwt/happifyourworld]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips kesehatan
tips kesehatan
payudara
remaja
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
12 November 2019 10:08:46

Ini Resep JSR Atasi Diare dan Mual pada Ibu Hamil

 
KESEHATAN
06 November 2018 14:00:02

Masya Allah, Ini Empat Manfaat Tomat untuk Kesehatan

 
KESEHATAN
10 January 2018 21:50:08

Mengenal Press Needle Therapy, Akupunktur Tanpa Jarum

 
KESEHATAN
31 July 2019 06:49:30

3 Jenis Minyak Baik untuk Hidangan Sehat Keluarga

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284