ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 03 Juni 2020 | 12 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Rajin Shalat Tahajjud Bisa Sembuhkan Kanker

21 June 2019 23:32:33
Rajin Shalat Tahajjud Bisa Sembuhkan Kanker, obat penyakit kanker, manfaat shalat tahajjud
Foto: HAKTIV8

ChanelMuslim.com--Shalat tahajud yang dilakukan secara rutin, benar, khusuk dan ikhlas akan membebaskan seseorang dari serangan infeksi dan kanker. Demikian ditulis Mohammad Sholeh, Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya dalam disertasinya yang berjudul Pengaruh Salat Tahajjud terhadap Peningkatan Perubahan Response Ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan Psikoneuroimunologi.

Sholeh menemukan bahwa kondisi tubuh seseorang yang rajin bertahajjud secara ikhlas berbeda jauh dengan orang yang tidak melakukan tahajud. Mereka yang rajin dan ikhlas bertahajud memiliki ketahanan tubuh dan kemampuan individual untuk menanggulangi masalah-masalah yang dihadapi dengan stabil. Jadi shalat tahajjud selain bernilai ibadah, juga sekaligus sarat dengan muatan psikologis yang dapat mempengaruhi kontrol kognisi. Dengan cara memperbaiki persepsi dan motivasi positif yang efektif, emosi yang positif dapat menghindarkan seseorang dari stres.

Menurut Sholeh, orang stres itu biasanya rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. Dengan shalat tahajud yang dilakukan secara rutin dan disertai perasaan ikhlas serta tidak terpaksa, seseorang akan memiliki respon imun yang baik, yang kemungkinan besar akan terhindar dari penyakit infeksi dan kanker. Dan, berdasarkan hitungan teknik medis menunjukkan, shalat tahajud yang dilakukan seperti itu membuat orang mempunyai ketahanan tubuh yang baik.

Sholeh mengukur kadar hormon kortisolglukokortikoid alami utama yang dikeluarkan korteks adrenal. Zat ini memengaruhi metabolisme glukosa, protein, dan lemak bisa diketahui apakah seseorang mengalami stres atau tidak.

Mereka yang berhasil melakukan shalat tahajjud sampai dua bulan, hormon ini meningkat. Ini pertanda orang tersebut ikhlas dan tidak stres.

Shalat malam atau shalat tahajud merupakan shalat yang diwajibkan sebelum adanya perintah shalat lima waktu yang kita kenal sekarang ini. Dalam sejarah Islam, shalat Tahajjud dikerjakan oleh Nabi Muhammad saw sejak mula-mula Islam berkembang di Makkah, di kala Nabi belum hijrah ke Madinah, yaitu ketika turun ayat surat Al-Muzzammil, ayat 1-4.

”Wahai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk shalat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu, atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Alquran itu dengan perlahan-lahan.”

Ayat Al-Muzammil ini adalah satu dari beberapa ayat yang pertama kali turun pada masa kenabian. Maka jelaslah perintah Tahajjud kepada Nabi dan sahabatnya lebih dulu diturunkan sebelum shalat yang lima waktu difardukan. Kewajiban shalat lima waktu diperintahkan Nabi saw pada saat mi’raj dan bertemu Allah Subhanahu Wataala. Sebelum perintah itu, Nabi biasa melakukan shalat sehari-hari yaitu pagi dan petang. Pagi setelah matahari terbit, 2 rakaat yang dinamakan waktu Isyroq dan petang 2 rakaat di kala matahari terbenam yaitu waktu magrib. Demikian biasanya nabi mengerjakan selain shalat tahajjud.

Adapun salat Tahajjud ini pada awal pertama diturunkan adalah wajib hukumnya berdasarkan surat Almuzzammil ayat pertama, kemudian hukumnya berubah menjadi sunnah setelah turun ayat ke-20.

Nabi Muhammad saw bersabda mengenai shalat Tahajjud.

“Shalat tahajjud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan dan menghindari penyakit." (HR. Turmudzi)

Selain mendapat pahala yang begitu besar dari Allah swt, shalat Tahajjud juga ternyata mendapatkan banyak manfaat pada kesehatan. [ind/Amanji/kompasiana]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
rajin shalat tahajjud bisa sembuhkan kanker
obat penyakit kanker
manfaat shalat tahajjud
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
18 February 2019 09:00:02

5 Manfaat Lidah Buaya Sehari-hari

 
 
KESEHATAN
08 May 2019 09:00:03

6 Panduan Kandungan Makanan Sehat selama Puasa

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284