ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 14 Desember 2019 | 17 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
KELUARGA

Wahai Bunda, Ternyata Pukulan di Pantat Pengaruhi Kesehatan Mental Anak

12 November 2017 06:35:56
Memukul anak,  pukulan di pantat,  keluarga,  ayah bunda
Foto: twitter

ChanelMuslim.com-Bunda, saat ananda berbuat sesuatu yang menguji kesabaran Bunda, pernahkah Bunda menghukum anak dengan pukulan di pantat? Jika demikian, pikir kembali kalau ingin memukul anak meskipun di pantat, karena terbukti dapat mempengaruhi kesehatan mental anak di masa datang.

Menurut laman Sciencealert, tidak ada bukti penelitian yang menunjukkan pukulan di pantat bagi anak-anak dapat meningkatkan perilaku sosial. Sebaliknya, pukulan pantat dikaitkan dengan agresi, perilaku antisosial, masalah kesehatan mental, dan hubungan negatif dengan orang tua.

Memukul anak-anak di bagian pantat dengan tangan kosong merupakan tindakan disiplin yang banyak ditemui di seluruh dunia. Namun saat ini, hukuman tersebut ternyata dilarang di 53 negara dan negara bagian secara global.

Pendisiplinan dengan memukul pantat menjadi hal yang diperdebatkan beberapa dekade terakhir. Bagi pihak yang mendukung menyatakan tindakan tersebut aman, dibutuhkan, dan efektif bagi anak-anak. Namun pihak yang berlawanan menyatakan pemukulan tersebut berbahaya bagi anak-anak dan melanggar hak mereka untuk dilindungi.

Baca Juga :
»
»
»

Dua orang ilmuwan yang memiliki pengalaman penelitian dan wawasan dalam bidang penganiayaan anak, serta memiliki keahlian khusus terkait pemukulan di bagian pantat melakukan penelitian akan hal tersebut. Kedua orang tersebut adalahTracie O. Afifi dari Universitas Manitoba dan Elisa Romano dari Universitas Ottawa.

Dalam penelitian tersebut secara jelas digambarkan bahwa pendisiplinan dengan memukul pantat memiliki keterkaitan dengan peningkatan kemungkinan kesehatan, kehidupan sosial, dan perkembangan yang buruk. Hal buruk tersebut mencakup pula permasalahan kesehatan mental, penggunaan zat berbahaya, keinginan untuk bunuh diri, dan kondisi kesehatan fisik yang berhubungan dengan perkembangan, perilaku, sosial,dan kognitif. Tidak ada hasil penelitian yang menunjukkan pukulan pantat bermanfaat bagi anak-anak.

Penelitian lainnya ditunjukkan oleh Dr. Elizabeth Gershoff dalam dua meta-analisis penting. Hasil penelitian pertama yang terbit tahun 2002 menganalisis 88 studi yang terjadi di 62 tahun sebelumnya. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa hukuman fisik berkaitan dengan penganiayaan fisik, kenakalan, dan perilaku antisosial.

Lalu, dalam penelitian terbaru pada tahun 2016 yang menganalisis 14 studi sebelumnya yang terjadi 13 tahun terakhir ditemukan bahwa tidak ada bukti perbaikan perilaku anak-anak dari hukuman fisik tersebut. Dalam hasil penelitian tersebut malah ditemukan bahwa terjadi peningkatan 13 perilaku yang merugikan. Di antaranya agresi, perilaku antisosial, masalah kesehatan mental, dan hubungan negatif dengan orang tua.

Selama 20 tahun telah banyak bukti dari penelitian yang menunjukkan bahaya dari pukulan pantat tersebut. Secara menyeluruh hasil penelitian di atas menyatakan bahwa pukulan pantat tidak layak dilakukan baik untuk anak-anak ataupun remaja di segala usia. (ind)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
memukul anak
pukulan di pantat
keluarga
ayah bunda
 
BERITA LAINNYA
 
 
KELUARGA
20 April 2018 21:22:04

Inilah Pekerjaan Tersulit di Muka Bumi

 
 
KELUARGA
13 April 2018 21:50:21

Yuk, Manjakan Orang Tua di Usianya yang Lanjut

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284