ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 19 Juni 2019 | 15 Syawwal 1440 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Perlukah Sekolah untuk Orangtua?

11 January 2019 06:59:13
sekolah,orangtua
pexels.com

ChanelMuslim – Alkisah di sebuah sekolah tingkat menengah pertama semua siswa berkumpul di tengah lapang. Hari itu Kepala Sekolah akan memberikan pengumuman. Lalu beberapa siswa di panggil ke depan. Sekitar 30 siswa dan siswi berdiri di hadapan ratusan teman-temannya dan para guru. Hari itu mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka terkait perkelahian siswa antar sekolah.

Tidak hanya itu, siswa-siswa yang satu pertemanan ini bergabung dalam grup obrolan via whatsaap. Di dalam grup ini, mereka saling berbagi keresahan dan kegembiraan. Mereka bebas mengungkapkan kekesalan mereka terhadap teman, guru bahkan orangtua. Tidak jarang perkataan kasar terlontar dari mereka. Mereka juga saling bertukar video porno. Padahal rata-rata usia mereka baru 13 tahun.

Setelah itu orangtua mereka dipanggil untuk bertemu pihak sekolah. Beragam reaksi, ada yang menampakan wajah datar, cemas, kecewa bahkan ada yang menangis. “Anak saya kalau di rumah tidak nakal, Bu. Malah cenderung pendiam,” ujar salah seorang dari mereka.

Rata-rata orangtua tidak tahu perihal pergaulan anak-anaknya di luar rumah. Prilaku anak-anak bisa saja berbeda antara di rumah dengan di sekolah. Banyak hal yang menyebabkan anak berprilaku di luar kewajaran. Yang paling berpengaruh adalah pola pengasuhan orangtua terhadap anak. Pola pengasuhan yang otoriter bisa mengekang jiwa anak. Pola pengasuhan terlalu dimanja membuat anak tidak mandiri dan tidak bertanggung jawab. Pola pengasuhan serba cuek juga mengakibatkan anak merasa terabaikan.

Mengapa pola pengasuhan orangtua yang seperti itu terjadi? Itu juga akibat pola pengasuhan sebelumnya. Ini seperti lingkaran setan. Sesuatu yang tidak tuntas terjadi pada orangtua terkait pola pengasuhan yang diterimanya akan mengakibatkan hal yang sama atau bahkan lebih buruk pada anak-anaknya.

Lalu bagaimana dengan nilai-nilai kearifan lokal. Setiap budaya mempunyai falsafah hidupnya sendiri. Nilai-nilai hidup seperti kerukunan, saling asah, asuh dan asih, saling bantu, saling menghormati dan lainnya tergerus oleh perkembangan dunia. Dampak yang paling signifikan adalah akibat berkembangnya dunia digital yang menghasilkan manusia-manusia yang materialis dan individualis. Sendi-sendi kehidupan yang biasanya berbasis pada keluarga perlahan hilang. Yang muncul adalah manusia-manusia yang hanya fokus pada kenyamanan kehidupannya sendiri.

Kembali kepada keluarga merupakan hal penting untuk memulai semua perbaikan. Untuk itu perlu ada sekolah untuk orangtua. Sekolah ini yang nantinya memberikan kelas-kelas bimbingan kepada orangtua yanga akan memotivasi dan membantu orangtua untuk menentukan tujuan keluarganya dan mengatasi masalah dalam keluarga. Sekolah orangtua sudah digagas oleh berbagai pihak seperti Sekolah orangtua Kuttab al faith, Sekolah ayah Edi, atau Program Sekolah Pengasuhan Anak (PSPA) oleh Abah Ihsan. Sayangnya program-program ini masih sangat terbatas pada kalangan menengah ke atas karena biayanya yang tidak murah.

Untuk skala nasional memang sudah ada kelas-kelas penyuluhan keluarga yang digagas pemerintah dan lembaga-lembaga sosial. Namun memang belum terasa kehadirannya karena keterbatasan sumber daya dan dana. Namun jika sekolah orangtua ini menjadi program pemerintah maka akan menjadi mudah dijalankan dengan melibatkan perangkat-perangkat dan pihak-pihak terkecil dalam masyarakat seperti RT, RW, PKK dan Karang Taruna. Sudah saatnya kita kembali menghidupkan perangkat-perangkat dalam masyarakat ini untuk meningkatkan kesejahteraan dalam berkeluarga dan menyelamatkan generasi muda. (MAY)

Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
sekolah
orangtua
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
22 February 2018 07:38:34

Doa Orangtua Pelita bagi Anak

 
PARENTING
25 August 2018 17:40:30

Jika Anak tidak Sesuai Harapan Orangtua

 
PARENTING
29 December 2018 21:55:47

Mendidik Anak Tangguh ala Nabi Yaqub as

 
PARENTING
07 January 2019 11:05:18

Kisah Juraij dan Doa Ibunya


 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284