ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Sahkah Talak Tiga dalam Sekali Ucap?

15 February 2019 08:56:59
talak,tiga,sekali,ucap
pexels.com

ChanelMuslim.com - Pada akhir Agustus 2017, Mahkamah Agung India menganggap hukum talak tiga tidak konstitusional. Merujuk pada kesetaraan gender dan hak perempuan, praktik ini dipandang sebagai pelanggaran terhadap hak perempuan Muslim, karena perceraian hanya terjadi secara sepihak - melalui tindakan suami, tanpa persetujuan bersama atau cara pengambilan keputusan yang setara.

Dewan Menteri, atau Pemerintah Modi, memperkenalkan RUU baru yang disebut 'RUU Wanita Muslim', pada akhir Desember tahun yang sama. Dalam RUU ini, talak tiga dianggap ilegal dan pria Muslim yang masih menceraikan pasangannya dengan cara ini, dapat menerima hukuman penjara tiga tahun karena melanggar hukum India dan konstitusi sekulernya.

Talak tiga yaitu ada seorang suami yang langsung mentalak istrinya dengan ucapan, “Saya talak kamu tiga kali.” Atau ia berkata, “Saya talak kamu, saya talak kamu, saya talak kamu.” Ketika jatuh talak tiga maka suami tidak bisa rujuk dengan istri sebelum istrinya menikah dengan orang lain.

“Talak (yang dapat dirujuki) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma’ruf atau menceraikan dengan cara yang baik. Kemudian jika si suami mentalaknya (sesudah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak lagi halal baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain.” (QS. Al Baqarah: 229-230).

Feminis dengan isu kesetaraan gender seringkali menyerang hukum Islam dan menuduh sebagai hukum yang melanggar hak perempuan. Dalam kasus talak tiga ini bisa kita pelajari untuk kebaikan muslimah dari kesewenang-wenangan suami. Masih terbuka ruang ijtihad karena ada beberapa beda pendapat antar ulama.

Imam Syafi’i berpendapat bahwa talak seperti ini hukumnya mubah dan dianggap talak tiga. Imam Malik,  Imam Abu Hanifah dan pendapat terakhir dari Imam Ahmad menyatakan bahwa talak ini dihukumi haram dan tetap dianggap talak tiga.

Sedangkan ulama Zhohiri, Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnul Qayyim berpendapat bahwa talak tiga dalam sekali ucap dihukumi haram dan dianggap hanya satu talak (bukan tiga kali talak). Pendapat ini juga menjadi pendapat kebanyakan tabi’in. Pendapat terakhir inilah yang lebih kuat dengan alasan sebagai berikut:

1. Kita dapat berdalil dengan firman Allah Ta’ala,

“Talak (yang dapat kembali rujuk) dua kali” (QS. Al Baqarah: 229). Yang dimaksud di sini adalah talak itu ada dua, artinya talak itu tidak sekali ucap. Jika jatuh talak, lalu dirujuk, setelah itu ditalak lagi, ini baru disebut dua kali. Artinya ada kesempatan untuk rujuk. Sedangkan talak tiga dalam sekali ucap tidak berlaku demikian dan berseberangan dengan aturan yang telah  Allah tetapkan.

2. Ada riwayat yang mendukung bahwa talak tiga sekali ucap dianggap satu. Dari Thowus, dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata,

“Di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Bakr, lalu dua tahun di masa khilafah ‘Umar muncul ucapan talak tiga dalam sekali ucap. ‘Umar pun berkata, “Manusia sekarang ini sungguh tergesa-gesa dalam mengucapkan talak tidak sesuai dengan aturan Islam yang dulu pernah berlaku, yaitu talak itu masih ada kesempatan untuk rujuk. Karena ketergesa-gesaan ini, aku berharap bisa mensahkan talak tiga sekali ucap.” Akhirnya ‘Umar pun mensahkan talak tiga sekali ucap dianggap telah jatuh tiga kali talak. (HR. Muslim no. 1472.)

Hadits ini menunjukkan bahwa talak itu masih ada kesempatan untuk rujuk, tidak bisa langsung menjatuhkan tiga kali talak dan tidak ada rujuk sama sekali. Dan karena merajalelanya kebiasaan mentalak tiga sekaligus dalam sekali ucap, maka ‘Umar memutuskan dianggap tiga kali talak. Hal ini dilakukan ‘Umar agar orang tidak bermudah-mudahan dalam menjatuhkan talak tiga sekaligus. Namun sekali lagi, talak tetap masih ada kesempatan untuk rujuk.

Sekali lagi masalah ini adalah masalah ijtihadiyah (masih ada ruang ijtihad). Dari hadits Ibnu ‘Abbas di atas menunjukkan bahwa talak tiga dalam sekali ucap dianggap hanya jatuh satu dan dianggap talak roj’iy. Kita katakan, asalnya demikian. Namun seandainya hakim melihat maslahat yaitu agar orang tidak mudah menjatuhkan talak tiga sekaligus dalam sekali ucap, maka bisa dianggap talak tersebut talak tiga sebagaimana yang terjadi di masa khalifah ‘Umar. (Bahasan talak ba-in kubro disarikan dari Shahih Fiqh Sunnah, 2: 278-290). (Maya)

Sumber: mvslim.com dan tulisan @ Ummul Hamam di rumayso.com

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
talak
tiga
sekali
ucap
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
02 April 2019 19:48:51

Pentingnya Komunikasi dalam Pernikahan

 
SUAMI ISTRI
06 May 2018 21:32:58

Apa Perlunya Menikah?

 
SUAMI ISTRI
27 July 2018 08:05:09

Mengapa Allah Menciptakan Nifas bagi Ibu Melahirkan?

 
SUAMI ISTRI
27 March 2018 09:00:02

Suamiku, Sayangilah Aku

 
SUAMI ISTRI
29 July 2018 07:42:24

Being Smart Women and Be Happy

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284