ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 15 Oktober 2019 | 16 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

SPIRITUALITAS KERJA

18 January 2018 10:13:22
SPIRITUALITAS KERJA

sedang membuka file lama yang masih tertata rapi dalam pikiran. Saya ingat sesuatu. Saat itu adalah sesi pelatihan keorganisasian. Seorang pembicara menyampaikan kurang lebihnya sebagai berikut. Dia menceritakan perbandingan dalam sebuah kepanitiaan, antara seorang panitia yang bertugas mencuci piring peserta pelatihan dengan seorang ketua panitia. Ketika seorang pencuci piring, bekerja dengan niat yang ikhlas dan berorientasi hanya untuk mencari ridho Allah, maka dia akan mendapatkan pahala yang lebih besar daripada ketua panitia tetapi dalam hatinya ada niat agar dipuji orang lain. Apa yang dapat disimpulkan? Berarti Allah itu mengukur apa yang menjadi niat seseorang, apakah niat itu ikhlas hanya untuk Allah atau tidak. Pembedanya adalah niat. Itu kuncinya, sekali lagi pembedanya adalah niat.

Dalam dunia kerja juga sama. Kuncinya ada pada niat. Semua berawal dari niat. Ketika niatnya sudah benar maka in sha Allah pekerjaan yang dilakukan itu akan bernilai di hadapan Allah dan akan mendapatkan pahala ibadah. Jadi dalam menghadirkan spiritualitas kerja di dalam pekerjaan, yang pertama adalah niat yang benar. Jika niat belum benar maka perbaiki niat supaya benar. Terkadang niat itu juga bisa berubah di tengah-tengah jalan. Maka harus sering-sering memperbaiki dan meluruskan niat supaya selalu benar dan ikhlas. Terkadang niat yang menyimpang itu muncul di tengah-tengah maka ketika sadar banyak terjadi penyimpangan niat maka secepatnya memperbaiki niat tersebut. Kesimpulannya adalah sebelum bekerja atau sebelum melakukan aktivitas apapun mari niatkan bahwa semua itu untuk meraih ridho Allah, in sha Allah apa yang dikerjakan itu akan mendapat pahala di sisi Allah. Namun jika kita tidak meniatkan untuk meraih ridho Allah maka pekerjaan itu hanya bernilai mubah.  

Setelah niat, maka perlu disempurnakan dengan aktivitas-aktivitas rutin. Engkau bisa meluangkan waktu untuk aktivitas yang meningkatkan hubungan vertikal dengan Tuhan Yang Maha Pencipta. Hadirkanlah bentuk-bentuk ibadah dalam rentang waktu kerja! Sempatkan untuk sholat wajib berjamaah di masjid, luangkan waktu untuk sholat dhuha, gunakan waktu istirahat untuk membaca kitab suci dan engkau dapat berdzikir di dalam hati di kala sedang bekerja. In sha Allah dengan menghadirkan spiritualitas di tempat kerja, hidup akan lebih mudah, lebih lapang, dan lebih berkah. Ujung semuanya adalah keridhoan Ilahi dan surga sebagai balasannya, aamiin. 



Penulis : Randy A. Wibowo
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 30 November -0001

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
17 April 2018 12:03:18

Sensasi Pedas Tahu Gejrot Kang Banyu

 
 
OASE
05 August 2018 11:36:59

Saat Ibu Kembali ke Titik Nol

 
OASE
29 November 2017 16:47:43

Yang Lembut Hatinya

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284