ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 24 November 2020 | 9 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
LIFESTYLE

Agar Barang Decluttering Tepat Sasaran, Komunitas Gemar Rapi Inisiasi Gerakan Saling Beri

07 February 2020 09:00:01
Gemar rapi, komunitas gemar rapi, tempat penyaluran barang layak pakai, barang bagus masih bisa digunakan, gerakan Saling Beri by Gemar Rapi
Salah satu kegiatan Komunitas Gemar Rapi (Foto: Gemar Rapi Facebook)

ChanelMuslim.com - Komunitas Gemar Rapi inisiasi gerakan yang diberi nama saling beri sebagai solusi atas penyaluran barang-barang layak pakai yang masih bisa dimanfaatkan.

Putriana Indah Lestari sebagai salah satu Founder dari Komunitas Gemar Rapi di akun instagramnya menuliskan bagaimana akhirnya Gerakan Saling Beri ini diluncurkan.

"Ceritanya, Ibutata dan teman-teman di Gemar Rapi saat ini sedang menginisiasi sebuah gerakan yang terinspirasi dari Buy Nothing Project. Selain itu karena di kelas online Gemar Rapi dan netizen sering menanyakan kemana harus mendonasikan barang-barang layak pakai hasil decluttering saat berbenah," tulis Ibu Tata di akun Facebooknya.

Agar Barang Decluttering Tepat Sasaran, Komunitas Gemar Rapi Inisiasi Gerakan Saling Beri

Ibu Tata melanjutkan bahwa setiap orang ingin menyalurkan sesuatu tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan lagi.

"Saat memberikan sesuatu, tentu kita ingin pemberian kita tepat sasaran dan termanfaatkan. Memang banyak yayasan yang mau menerima, namun seringkali karena tidak dapat dimanfaatkan seluruhnya, donasi kita akan dijual (diloakkan) dan tidak sedikit yang ujung-ujungnya malah terbuang menjadi beban landfill," ungkapnya.

Bahkan bisa jadi tetangganya dekat rumah membutuhkan barang yang kita discard tersebut.

"Padahal, bisa jadi tetangga sebelah rumah kita mungkin ada yang butuh barang yang akan kita discard itu, tapi kadang kita sungkan juga menawarkan dan tetangga kita itu rikuh juga mau tanya. Jadi saling diam dipendam dalam kalbu," sambungnya.

Komunitas gemar rapi memang sangat aktif memotivasi masyarakat untuk hidup tapi dan minin sampah dan pengalaman Ibu Tata bahwa dengan komunitas hal tersebut bisa terwujud.

"Kalau pengalaman Ibutata selama merantau. Komunitas lokal yang bisa saling bantu seperti itu penting adanya. Perantau yang baru datang kan mulai dari enol. Giveaway perabotan dan printilan rumah itu bermanfaat banget untuk pendatang baru. Nah untuk perantau yang mau balik lagi ke kampung halamannya juga terbantu untuk menyalurkan benda-benda yang tidak mungkin dibawa pulang. Jangan sampai mulai dari enol, pulang dengan ratusan kilo kargo," jelasnya detail.

Dan terkait gerakan Saling Beri tersebut, untuk pilot project baru akan dimulai dari daerah Bogor terlebih dahulu.

"Nah sebagai pilot project kami mau coba di Bogor dulu karena personilnya sudah siap. Khususnya area Tonjong, Kemang, Jampang Kab.Bogor. Dibuka juga untuk Kota Bogor.

Buat teman-teman yang domisili Bogor kalo mau ikutan jadi member dan berpartisipasi dalam pilot project Saling Beri cuss klik link berikut: http://bit.ly/DaftarSalingBeriBogor," terang Putri.

Sementara untuk daerah lain bisa mengajukan diri kepada tim Saling Beri.

"Adapun untuk area lain, jika ada yang ingin membuka slot di komplek/kecamatan/desa/kelurahannya, bisa mengajukan diri menjadi Admin. Bisa DM ke IG @salingberi namun akan kami jelaskan dulu (training) karena ini sifatnya social movement," tutup Putri menginformasikan gerakan Saling Beri ini.

Semoga informasinya bermanfaat ya sahabat muslim.

Sumber: Status Facebook Putriana Indah Lestari [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
gemar rapi
komunitas gemar rapi
tempat penyaluran barang layak pakai
barang bagus masih bisa digunakan
gerakan saling beri by gemar rapi
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
LIFESTYLE
06 March 2019 10:00:02

Jalani Diet, Nycta Gina Tetap Berikan ASI

 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284