ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Melawan Arus

08 December 2018 21:15:58
Melawan Arus
Pexels

Oleh: Edgarhamas

ChanelMuslim.com--Seringkah kita merasa lelah justru ketika mendengar apa kata manusia?

Seperti dikisahkan Luqman dan putranya, yang suatu hari ketika anaknya menaiki keledai dan melewati sebuah perkampungan. Penduduk kampung berseloroh, “Dasar anak tak tahu diri, enak-enak naik keledai tapi ayahnya jalan kaki!”

Ketika ayahnya yang menaiki keledai, tetap saja orang-orang berkomentar, “Bapak tak sayang anak! Kasihan anaknya jalan kaki, kok bapaknya enak-enak naik keledai.”

Ketika keduanya naik keledai, masih lagi mereka berkomentar sinis, “Kasihan keledainya! Dasar bapak dan anak tidak sayang binatang…”

Ketika bapak dan anak ini berjalan kaki menuntun keledai, lagi-lagi mereka pedas berseloroh, “Ada keledai kok tidak dinaiki, bagaimana sih bapak dan anak ini?!”

***

Kata-kata manusia seringkali bermaksud ingin berkomentar, tapi jatuhnya malah membuat kita kesal. Melaju fokus dalam jenjang pendidikan, ditanya, “Kapan nikah?” Ketika sudah menikah malah dikomentari, “Lho, kok, nikah cepat? Nanti studi bagaimana?”

Menikah muda dibilang korban media akun dakwah, menikah tua dibilang tidak laku-laku, makanya cari seadanya. Punya anak banyak diprotes tidak taat negara, punya anak sedikit dituduh tak paham ajaran agama. Astaghfirullah, kata-kata manusia memenuhi jagat memori kita dengan keduniaan yang sungguh melelahkan.

Kita perlu melawan arus. Kata-kata dan komentar itu tercipta karena kita sendiri pun memang memasang telinga untuk mendengarnya. Akhirnya kita malah didikte oleh apa kata orang, dan lupa pada tujuan mulia yang sejatinya telah kita komitmen sejak permulaan. Ingat ini: kita memiliki buku sejarah sendiri, jangan biarkan orang lain yang mendiktenya.

Tak usah buang waktu untuk menjawab secara diplomatis apa-apa yang mereka komentari, sebab memang itulah tabiat manusia suka mencari-cari titik hitam di kertas putih. “Just remember, they’ll criticize the process but praise the results.”

Pada akhirnya yang benar-benar menang di akhir kisah adalah yang teguh pada pendiriannya, namun tetap mendengarkan nasihat orang-orang berilmu lagi saleh akhlaknya. Jangan benar-benar menutup telinga. Tapi, jangan juga buka selebar-lebarnya.

27 September 2018

[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
melawan arus
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
03 April 2019 21:47:49

Hikmah Isra’ Mi’raj yang Patut Kita Renungi

 
KHAZANAH
17 January 2019 19:09:36

Ingin Menjadi Hamba Allah Nan Pemaaf? Ini Tipsnya!

 
KHAZANAH
26 June 2019 23:41:43

Napak Tilas Perjalanan Dakwah Nabi di Thaif

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284