ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 20 Oktober 2019 | 21 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
SEKOLAH

Belajar Kreatif dan Menyenangkan di SD Islam Permata Hati

08 December 2018 21:25:23
Belajar Kreatif dan Menyenangkan di SD Islam Permata Hati
Belajar Kreatif dan Menyenangkan di SD Islam Permata Hati

Oleh: Uswatun Hasanah, S.Pd.I (Kepala SD Islam Permata Hati)

ChanelMuslim.com--Kurikulum SD Islam Permata Hati (PH) Karawaci, Tangerang mengacu pada Kurtilas (Kurikulum 2013), dan dikembangkan sesuai dengan tujuan PH yaitu “MEMBANGUN GENERASI UNGGUL INDONESIA”. Proses belajarnya aktif, kreatif, menyenangkan, gembira dan berbobot (PAIKEM GEMBROT).

PH adalah satu dari 500 sekolah percontohan nasional saat Kurtilas diterapkan pertama kali. Akreditasi PH adalah “A”. Pengembangan kurikulum PH dilaksanakan dengan mengasah lima kategori kecakapan, yaitu:

1. Religius dan Akhlakul Karimah.

Pondasi agama sangat diutamakan. Membaca juz 'amma setiap hari sebelum belajar. Pendidikan sholat berjamaah. Tahsin untuk lancar membaca Alquran. Pendidikan akhlaq terintegrasi dengan mata pelajaran dan perilaku di sekolah. Mulai tahun ini, murid PH diupayakan bisa hafal juz 29, di samping juz amma. PH juga mewajibkan murid-muridnya mengikuti TPQ di rumah.

2. Sehat - Berani - Mandiri.

Selain melalui pendidikan jasmani dan olahraga, PH kembangkan melalui outbond, Pramuka serta UKS. Dibangun mental berani untuk tampil, dan aktif dalam kegiatan-kegiatan belajar atau pada aneka kegiatan dan ekstrakurikuler bagi murid.

Belajar Kreatif dan Menyenangkan di SD Islam Permata Hati

3. Cerdas dan Senang Belajar.

Eksploratif yang menyenangkan dikemas dengan metode dan alat peraga yang dirancang guru masing-masing. Tujuannya menumbuhkan kesenangan belajar. Perpustakaan termasuk salah satu pelajaran. Upaya nilai UN terbaik bagi kelas 6 dicapai melalui pengayaan oleh guru. Beberapa kali murid PH mendapat nilai UN 10 untuk pelajaran tertentu.

4. Cinta Seni dan Budaya Indonesia.

Cinta Indonesia, cinta bhineka tunggal ika ditanamkan PH berpuncak pada Cultures Day. Kegiatan puncak tema, yaitu semua siswa dapat mengeksplorasi budaya nasional dari berbagai provinsi yang ada di Nusantara, seperti rumah adat serta ornamennya, kuliner, baju adat, tari dan aksesories pelengkapnya. Kelas dihias mengacu budaya dan murid-murid melakukan penampilan budaya daerah.

Belajar Kreatif dan Menyenangkan di SD Islam Permata Hati

5. Berprestasi - Wawasan Luas –Entrepreuner.

PH memiliki banyak kegiatan kunjungan ke museum atau tempat-tempat yang punya nilai edukasi, adalah kegiatan rutin. Murid-murid juga dibina untuk dapat mengikuti lomba tingkat gugus, kecamatan atau kabupaten, sesuai dengan minatnya. Market Day, menjadi ajang bagi murid untuk berjualan dan menghitung uang hasil penjualan dibanding biaya produksi.

Di samping lima kecakapan di atas, PH ingin menjadi DIMENSI LENGKAP PENDIDIKAN ANAK, dengan cara menyediakan banyak pengalaman eksplorasi diri terkait seni, keterampilan, kecerdasan sosial, dan kesiapan lomba.

Belajar Kreatif dan Menyenangkan di SD Islam Permata Hati

ANEKA KEGIATAN MURID PH

Persami/Perjumsa: melatih keberanian dan kemandirian serta cinta tanah air.

Pramuka dan UKS: melatih mandiri, kerjasama dan cinta sesama.

Gebyar Permata Hati: membimbing siswa untuk berani berekspresi sesuai bakat mereka, dan berlatih percaya diri, bekerja sama, bergaul dengan sekolah lain.

Kurasaki (Kurangi sampah kita): mengajak siswa cinta lingkungan hijau serta membuat biopori, menanam di halaman sekolah, membawa sampah pribadi untuk dibuang di rumah.

Fieldtrip dan Outbond: bertujuan belajar langsung di luar sekolah dan menambah wawasan, dengan berkunjung, di antaranya ke Museum, Istana Presiden, Gedung DPR MPR, Stasiun TV, Planetarium, dll yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Literasi: perpustakaan merupakan mata pelajaran wajib yang diikuti siswa. Siswa membaca di perpustakaan dan belajar berekspresi melalui tulisan.

EKSTRAKURIKULER

Seni Musik : Pianika, Angklung, Marawis, Menggambar, Mewarnai, Membatik, Kriya anyam,dan Prakarya.

Olahraga : Taekwondo, Pencak silat, Wushu, Berenang, Catur , Voli, Tenis meja.

Selain pembinaan olahraga, kami juga melakukan pembinaan siswa teladan, MIPA, Qiroatil Qur’an, yang sudah dimulai pada bulan ketiga semester ganjil berakhir hingga lomba dilaksanakan.

Akhirnya, semoga menjadi amal ibadah bagi para guru, dan SD Islam Permata Hati ikut menjadikan Indonesia dan dunia lebih baik melalui generasi muda yang berkualitas.[ind/whn]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
belajar kreatif dan menyenangkan di sd islam permata hati
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
SEKOLAH
16 September 2017 20:47:39

Outing Class SD Juara Cimahi Eksplor Dunia Sains

 
SEKOLAH
08 September 2017 13:03:46

MI Jamiat Kheir Gelar Sosialisasi Vaksin MR

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284