ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 13 Juli 2020 | 23 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Manajemen Waktu Ibnu Malik

19 November 2019 11:39:05
manajemen waktu para ulama, imam malik, ibnu malik,
ilustrasi waktu (source: 123rf)

 

ChanelMuslim.com –  Rutinitas Ibnu Malik adalah shalat, membaca Al-quran, mengarang atau membaca buku. Ia termasuk imam besar yang senantiasa menjaga setiap waktu dan kesempatannya hingga dalam keadaan yang genting dan ketika menghadapi kematian sekalipun. Ia selalu`menggantungkan harapannya dengan ilmu justru di saat kematian itu menghampirinya. Beliau adalah Imam Ibnu Malik.

An-Nahwi pemilik kitab al-alfiyah dan kitab-kitab induk nahwu lainnya. Namanya adalah Muhammad bin Abdullah. Lahir tahun 600 H dan wafat tahun 672 H . Semoga Allah Ta’ala merahmati beliau.

Dalam kitab Nafhuth Thayyib (II :222-229),  Al-Maqqari mengungkapkan tentang biografinya’  ‘’Beliau banyak menelaah dan cepat dalam mengulang  pelajaran. Beliau tidak menulis sesuatu pun dari apa yang telah dihafalnya hingga beliau periksa ulang secara tepat. Dan seperti  inilah ihwal dari para syaikh yang  terpercaya dan ulama yang jujur Beliau tidak pernah terlihat oleh orang lain kecuali sedang menjalani salah satu di antara  empat aktivitas shalat membaca  Al-Quran , mengarang , atau membaca buku,”.

Dikisahkan  bahwa  pada suatu hari beliau dan beberapa rekannya  ingin melihat sebuah pertunjukan yang  ada di Damaskus. Ketika teman –temannya itu sampai di tempat yang ingin dituju mereka  semua  lalai untuk  memperhatikan Ibnu Malik dan mereka  kehilangan  dirinya. Mereka pun mencarinya namun tidak  menemukannya. Kemudian mereka mencari dan memeriksa lagi akhirnya mereka menemukannya yang tengah tumpah ruah di atas tumpukan kertas (sedang membaca).

IBNU MALIK MENGHAFAL DELAPAN BAIT SYAIR SECARA DIKTE SEBELUM KEMATIANNYA

Ini merupakan sesuatu yang langka, yang didorong kesungguhannya kepada ilmu. Beliau menghafal di hari kematiannya. Sejumlah bait syari sebagian mereka membatasinya dengan delapan bait saja dan didiktekan oleh putranya sendiri. Hal itu menguatkan “Sebuah ungkapan sebesar usaha dan jerih payahmu,  sebesar itu pula engkau akan meraih apa yang engkau cita-citakan.”.

Semoga Allah membalas dengan kebaikan atas semangat cita-citanya yang tinggi ini. Beliau meninggal di Damaskus tahu8n 672 H dan dikuburkan di kaki gunung Qasiyun. Disana kuburannya sangat terkenal hingga sekarang. Semoga Allah Taala merahmati beliau.

 

Disalin ulang dari Buku berjudul Manajemen Waktu Para Ulama. Ditulis oleh Syaikh Abdul Fattah. Diterjemahkan oleh Abu Umar Basyir, dkk dengan judul asil Qimatuz Zaman Indal Ulama. Penerbit Zam Zam Mata Air Ilmu

 [jwt/mubarok]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
manajemen waktu para ulama
imam malik
ibnu malik
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KHAZANAH
26 October 2018 21:21:24

Menjadi Muslimah Hebat

 
KHAZANAH
30 May 2020 07:00:01

Istri Shalihah di Masa Pandemi

 
KHAZANAH
11 July 2019 08:18:34

Berziarah Ke Kota Nabi, Madinah

 
KHAZANAH
30 July 2018 22:05:28

Berqurbanlah, Pahala Dunia dan Akhirat Menantimu

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga