ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
JENDELA HATI

Suka dan Duka, Jangan Picu Ain

09 July 2019 14:06:36
Suka dan Duka, Jangan Picu Ain
Foto: Fifi. P. Jubilea

ChanelMuslim.com – Alhamdulillah, minggu ini saya banyak dapat rezeki.

1. Tiba-tiba anak saya yang berusia 6 tahun mendapatkan sekolah dan pembiayaan murah di Australia karena dia hafal surah Annaba, surat favoritnya. Ada lagi surat yang dia nggak sanggup meneruskan bahkan nggak tahan ketika baca surat Al Bayyinah. Saya juga nggak tahu kenapa. Katanya, "Sudah Mii, Ben nggak mau meneruskan. Ben sedih." Ya sudah akhirnya ditest dengan surat Annaba sampai surah Al Qoriah, dia bisa. Lalu dikasih pembiayaan murah.

2. Aku mendapat award dari siapa tahu aku juga nggak kenal. Katanya karena aku dan sekolahku menarik. Kami mengikuti perkembangan zaman, jujur dan inovatif. Alhamdulillah saja. Rizqiminallah. Hiburan dari Allah ketika aku merasa sedih visi misi sekolahku kok kayak nggak mantap gitu banyak kekurangan. Banyak yang harus diperbaiki. Banyak yang harus ditraining. Banyak yang harus diubah dan dipikirkan. Tiba-tiba mendapat award dari sisi lain yang tidak terpikir. “Kejujuran,” katanya.

3. Rezeki lain. Tiba-tiba kakiku kayak sembuh gitu yang dulu pernah accident car ada masalah karena aku malas berobat. Eh tiba-tiba bisa jalan jauh dan tahu-tahu sudah sampai tujuan.

4. Lalu ada yang datang bantu beresin rumah. Bersih deh jadi aku nggak terlalu capek dan bisa tilawah banyak.

Semua rezeki. Tapi di balik itu tentu saja ada duka. Ada galau, ada hati yang nggak enak, ada cobaan yang tampak tak kunjung berhenti, ada resah yang tidak berakhir, ada doa yang terus menerus diucapkan dan ada hati yang merintih.

Tapi kepandaian kami para wanita adalah tertawa dan tersenyum sehingga tampak bahagia, kepandaian kami wanita Indonesia adalah menyimpan duka dan banyak tertawa. Kami pandai mengolah rasa.

Jadi mohon jangan ada 'ain pada saya.  Saya suka cerita keberhasilan dan kebaikan yang saya dapatkan bukan untuk menyombongkan diri atau untuk dipuji. Bukan juga untuk memanas-manasi. Ah, saya sudah terlalu tua untuk itu. Sudah mau setengah abad.

Saya bercerita agar ada motivasi, agar ada inspirasi dan agar ada semangat entah dari kalimat yang mana baik untuk orang lain maupun untuk diri sendiri. Agar saya pun termotivasi bahwa ada bahagia di kala banyak duka.

Tentang duka saya? Saya nggak mungkin cerita. Untuk apa? Menambah masalah bagi yang membaca. So, jangan tambah duka saya dengan 'ain. Jangan iri. Tak ada manusia tanpa duka. Bahkan orang yang tampak sangat zalim sekalipun dia juga tengah sakit dengan kezalimannya. Surat Annisa yang aku lupa ayat berapa.

Jangan ada ‘ain dari kita pada saudara kita. Selalu ada duka dalam tawa seseorang karena dunia ini memang tempat tangis dan susah. Hanya surgalah tempat bahagia selamanya.

Jadi percayalah bahwa semua orang sama. Ada suka ada juga dukanya. Bila dia banyak cerita suka, mestilah dia juga punya banyak duka. Namun mungkin dia simpan baik-baik dukanya. So, jangan tambah dukanya dengan iri yang berakhir dengan 'ain.

Demikian. Semoga paham. 

Allah berfirman, “Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Fath: 4)

Website:

 https://ChanelMuslim.com/jendelahati

https://www.jakartaislamicschool.com/category/principal-article/

Facebook Fanpage:

https://www.facebook.com/jakartaislamicschoolcom

https://www.facebook.com/Jakarta.Islamic.Boys.Boarding.School

Instagram:

www.instagram.com/fifi.jubilea

Twitter:

https://twitter.com/JIScnJIBB

User profile picture

Mam Fifi

Pengasuh Rubrik Jendela Hati

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
JENDELA HATI
13 February 2019 09:10:01

Bicara Tanpa Teks

 
JENDELA HATI
24 October 2018 10:49:18

Cinta dalam Panada

 
JENDELA HATI
30 November 2018 12:00:03

Tidak Berinisiatif

 
JENDELA HATI
12 October 2018 15:37:50

Anak Muda Pembela Agama

 
JENDELA HATI
31 August 2018 11:00:02

Jakarta Cantik Sekarang

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284