• Tentang Kami
  • Iklan
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Kamis, 13 Agustus, 2026
No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah
Chanelmuslim.com
No Result
View All Result
Home Berita

Ibu Hamil Tak Suka Sayur dan Buah, Bayi Berisiko Alzheimer

30/01/2017
in Berita
77
SHARES
595
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsappTelegram
ADVERTISEMENT
Foto: samuitimes

Chanelmuslim.com-Jarang mengonsumsi buah dan sayur saat hamil dapat membuat anak berisiko lebih tinggi terkena Alzheimer nantinya.

Saat hamil, para wanita dianjurkan untuk lebih memerhatikan asupan nutrisinya, terutama dari sumber buah dan sayur. Salah satu manfaat dari konsumsi asupan ini saat hamil adalah mengurangi risiko anak terkena Alzheimer saat dewasa kelak.

Demikian disampaikan oleh Weihong Song, profesor psikiatri dari University of British Columbia. Menurut studinya, jarang mengonsumsi buah dan sayur saat hamil dapat membuat anak berisiko lebih tinggi terkena Alzheimer nantinya.

Faktanya, kekurangan asupan alami vitamin dapat menyebabkan gangguan produksi protein di otak yang berkaitan dengan fungsi neuron, serta mengganggu fungsi otak yang berkaitan dengan daya ingat.

“Jadi, risiko penyakit Alzheimer dapat dimulai bahkan sejak di dalam rahim. Mayoritas dimungkinkan karena sang ibu tidak cukup makan buah dan sayuran saat hamil,” tutur Song, dikutip dari Daily Mail.

Salah satu vitamin yang dikatakan berperan dalam fungsi ini adalah vitamin A. Dalam studi yang melibatkan beberapa ekor tikus, peneliti menemukan bahwa defisit vitamin A meningkatkan produksi amiloid beta dalam otak.

Ini merupakan salah satu jenis protein yang diduga berkaitan dengan risiko demensia, dengan membentuk plak yang menutupi dan menghancurkan neuron. Efeknya, fungsi neuron yang berkaitan dengan daya ingat pun terganggu.

Tikus yang tidak mendapatkan cukup vitamin A semenjak di dalam rahim dan selama masa bayi, memiliki hasil tes memori dan pembelajaran yang lebih buruk, dibandingkan dengan tikus yang mendapatkan cukup asupan vitamin A.

“Penelitian kami jelas menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A, bahkan pada sejak awal kehamilan, memiliki efek negatif bagi perkembangan otak. Dalam jangka panjang, efek ini bahkan dapat berpengaruh terhadap penyakit Alzheimer,” ujar Song.

Ia pun menganjurkan pada ibu hamil untuk memperbanyak asupan bernutrisi seperti ubi jalar, tomat, bayam, kubis, wortel, selada, jeruk, mangga, semangka dan aprikot. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi minyak ikan cod, hati, produk susu, dan telur.(ind/dethealth)

Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM
Previous Post

Kenalilah Keluarga Calon Pemimpinmu

Next Post

Kebijakan Imigrasi Trump Bikin Warga Muslim Asal Indonesia Khawatir

Next Post

Kebijakan Imigrasi Trump Bikin Warga Muslim Asal Indonesia Khawatir

Kecam Trump, Sutradara Iran Peraih Oscar Pilih Tak Hadir Oscar 2017

3 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Agar Wajah Tak Terlihat Kasar

  • Wardah A.M. Club Bawa Energi Baru di Pagi Hari dengan Perlindungan Kulit dari Paparan UV

    Wardah A.M. Club Bawa Energi Baru di Pagi Hari dengan Perlindungan Kulit dari Paparan UV

    99 shares
    Share 40 Tweet 25
  • HOKA Ungkap Keunggulan Sepatu dengan Maksimum Cushioning dan Pilihan untuk Beragam Aktivitas

    100 shares
    Share 40 Tweet 25
  • 124 Nama Sahabiyat untuk Bayi Perempuan

    9093 shares
    Share 3637 Tweet 2273
  • Hari Guru Nasional, Ini Peraih Anugerah Guru Madrasah Berprestasi 2018

    84 shares
    Share 34 Tweet 21
  • Pagelaran Fashion Muslim Modest Wear Ramadan in Style

    665 shares
    Share 266 Tweet 166
  • Wardah AM Club Hadirkan Exclusive Pilates Experience, Dorong Gaya Hidup Sehat dan Kulit Glowing

    68 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Ashanty, Anang dan Azriel Rayakan Wisuda Bersama di Universitas Airlangga

    4395 shares
    Share 1758 Tweet 1099
  • Ayat Al-Qur’an tentang Traveling

    1187 shares
    Share 475 Tweet 297
  • Doa untuk Palestina Lengkap beserta Artinya

    2344 shares
    Share 938 Tweet 586
  • Doa Ibu yang Mengubah Nasib Anak

    4119 shares
    Share 1648 Tweet 1030
Chanelmuslim.com

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga

Navigate Site

  • IKLAN
  • TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
  • REDAKSI
  • LOWONGAN KERJA

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga