USTAZ, bagaimana hukum tambahan bacaan “innaka laa tukhliful mii’ad” dalam doa setelah azan, apakah termasuk bid’ah?
Oleh: Ustaz Farid Nu’man Hasan
Tidak benar tambahan tersebut dikatakan bid’ah, pembid’ahan tersebut adalah hal yang berlebihan.
Tambahan tersebut ada dalam hadits Imam Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra-nya:
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءُ: اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ الْمَحْمُودَ الَّذِي وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي “
Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
Siapa yang ketika mendengar azan dia membaca: “Allahumma rabba hadzihid da’watit taammah, wash shalatil qaaimah aati Muhammadanil wasiilah wal fadhiilah wab’atshu maqaaman mahmuuda alladzi wa ‘adtah innaka laa tukhliful mii’ad”, maka baginya syafaatku pada hari kiamat nanti.
(HR. Al Baihaqi, dalam As Sunan Al Kubra no. 1933, dan Ad Da’awat Al Kabir no. 49)
Baca Juga: Di antara Doa-Doa Nabi Setelah Selesai Shalat
Hukum Tambahan Bacaan saat Doa setelah Azan
Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baaz Rahimahullah mengatakan hadits ini hasan, Beliau sendiri menegaskannya sebagai doa setelah azan yang disyariatkan:
وإذا ختم الأذان يصلي على النبي صلى الله عليه وسلم، ثم يقول: اللهم رب هذه الدعوة التامة، والصلاة القائمة، آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه المقام المحمود الذي وعدته إنك لا تخلف الميعاد.
رواه البخاري في الصحيح لكن بغير زيادة: إنك لا تخلف الميعاد.
أما هذه الزيادة فرواها البيهقي بإسناد حسن.
Jika azan sudah selesai, hendaknya bershalawat kepada nabi, lalu berdoa: Allahumma rabba hadzihid da’watit taammah, wash shalatil qaaimah aati Muhammadanil wasiilah wal fadhiilah wab’atshu maqaaman mahmuuda alladzi wa ‘adtah innaka laa tukhliful mii’ad”.
Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahihnya, tapi tanpa tambahan innaka laa tukhliful mii’ad. Tambahan tersebut diriwayatkan oleh Al Baihaqi dengan sanad hasan. (Fatawa Nuur ‘Alad Darb, 6/357)
Ini pun dikatakan oleh para fukaha empat mazhab Ahlus Sunnah wal Jamaah:
1. Hanafiyah (Lihat Majma’ Al Anhar, 1/76)
2. Malikiyah (Fiqhul ‘Ibadat ‘alal Madzhab Al Malikiy, 1/127)
3. Syafi’iyah (Nihayatuz Zain, 1/98)
4. Hambaliyah ( Ar Raudhul Murbi’, 1/55)
Demikian. Wallahu a’lam. Wa Shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa’ ala Aalihi wa Shahbihi wa Sallam.[ind]