ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 07 Juni 2020 | 16 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Ternyata Saus Mayonaise dan Mustard Berbeda Jauh, Baca Selengkapnya

31 January 2019 09:00:01
Beda Mustard dan Mayonaise, Mustard , tips dapur,
Mustard dan Mayonaise

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, era globalisasi telah membawa banyak perubahan tidak saja soalnl gaya hidup dan pemikiran tetapi juga kita makin kenal aneka makanan dari seluruh dunia termasuk berbagai bahan makanan termasuk mayonaise dan Mustard.

Sekilas mayonaise dan saos Mustard tidak terlihat perbedaannya. Tetapi tahukah, bahan cocolan aneka makanan ini ternyata memiliki banyak perbedaan terutama dari segi bahan bakunya.

Dilansir laman howstuffcompares menuliskan informasi lengkap mengenai perbedaan antara mayonaise dan mustard mulai dari bahan baku, penggunaan, masa simpan, dan manfaat kesehatan.

Berikut perbedaan antara Mayonaise dan Mustard:

1. Bahan Baku

Mayonaise

Ternyata  Saus Mayonaise dan Mustard  Berbeda Jauh, Baca Selengkapnya

Mayonaise adalah saus krim putih yang dibuat dengan menggabungkan kuning telur, minyak, jus lemon atau cuka, dan bumbu.

Secara teknis, mayones adalah emulsi - campuran cairan yang biasanya tidak bergabung (seperti air dan minyak). Lesitin dalam kuning telur adalah pengemulsi yang mengikat bahan-bahannya sehingga mayones tetap menjadi saus kental.

Meskipun ada beberapa ketidakpastian tentang asal mula mayones yang tepat, umumnya diyakini berasal di Perancis pada pertengahan 1700-an.

Saat ini, mayonaise adalah salah satu bumbu dan saus paling populer di seluruh dunia. Perhatikan bahwa ada perbedaan regional dalam bagaimana mayones dibuat.

Sebagai contoh, di Rusia, mayones biasanya dibuat menggunakan minyak bunga matahari yang memberikan rasa yang sangat khas.

Selain menjadi bumbu sandwich, mayones juga digunakan sebagai saus dasar untuk saus lainnya seperti saus hollandaise, saus tartar, saus peternakan, dan saus salad ribuan pulau.

Ini juga digunakan untuk membuat saus sayuran, salad kentang, dan berbagai makanan lainnya. Mayones sangat "penting" untuk jenis makanan tertentu seperti sandwich tuna dan aneka makanan lainnya.

Mustard

Ternyata  Saus Mayonaise dan Mustard  Berbeda Jauh, Baca Selengkapnya

Mustard adalah bumbu yang terbuat dari biji mustard hancur dikombinasikan dengan cuka, anggur, air, atau cairan lain ditambah bumbu seperti garam, kunyit, dan lobak. Ini memiliki konsistensi seperti pasta dan berkisar dalam warna dari kuning terang ke kuning-coklat.

Mustard telah ada selama ribuan tahun dan telah digunakan sebagai obat serta bumbu. Orang-orang Yunani kuno menggunakan mustard sebagai obat untuk sengatan kalajengking dan sebagai pengobatan untuk sakit gigi.

Bangsa Romawi adalah yang pertama kali mengembangkan mustard siap dengan menggabungkan biji mustard bubuk dengan anggur.

Mustard kuning adalah mustard yang paling umum digunakan di AS dan Kanada. Mustard yang relatif ringan ini, yang diperkenalkan pada tahun 1904, merupakan bumbu pokok untuk hot dog, hamburger, pretzel, dan sandwich. Ini juga digunakan dalam salad kentang, saus salad, saus barbekyu, dan berbagai saus lainnya.

2. Kalori dan Lemak

Mayones memiliki kandungan lemak dan kalori yang jauh lebih tinggi daripada mustard. Mayones komersial biasanya mengandung 70-80% lemak, termasuk banyak lemak jenuh yang menyumbat arteri. Satu sendok makan mayo bungkus sekitar 90 kalori dan 10 gram lemak versus 5 hingga 10 kalori dan kurang dari satu gram lemak untuk satu sendok makan mustard kuning.

Produk mayones yang disebut "rendah lemak" mengandung gel selulosa, tepung jagung, kalium sorbat, atau bahan-bahan lain untuk mensimulasikan tekstur mayones asli. Banyak dari produk ini tidak terasa sebagus mayo asli tetapi lebih sehat untuk Anda. Sebagai contoh, Hellman's Light "hanya" memiliki 50 kalori dan 5 gram lemak per sendok makan.

3. Pertimbangan Kesehatan

Bagi mereka yang memiliki masalah jantung atau mereka yang hanya peduli tentang mempertahankan diet sehat, mustard adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada mayones.

Rendah gula, hampir tidak mengandung lemak, dan hanya 5 hingga 10 kalori per sendok makan tergantung pada jenis mustard.

Mustard dikabarkan memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Ini merangsang nafsu makan dengan meningkatkan air liur. Ini juga memiliki sifat stimulan anti inflamasi, antiseptik, pencernaan, pencahar, dan sirkulasi.

4. Umur simpan

Mayones memiliki masa simpan yang relatif singkat. Menurut USDA, mayones yang diproduksi secara komersial dapat disimpan di lemari es selama dua bulan. Namun, banyak orang tetap menggunakan mayones selama lebih dari dua bulan tanpa efek buruk.

Home-made mayo adalah cerita yang berbeda. Umur simpannya tidak lebih dari satu hingga dua minggu.

Mustard akan bertahan tanpa batas waktu tanpa merusak atau menumbuhkan bakteri berbahaya, meskipun pada akhirnya akan mengering, kehilangan rasa, dan berubah menjadi coklat.

Mustard tidak membutuhkan pendinginan tetapi akan mempertahankan kepedasan khasnya lebih lama jika disimpan dalam wadah tertutup rapat.

Di Indonesia sendiri, dua jenis saus ini sering dikombinasikan untuk memperoleh cita rasa berbeda. Biasa disajikan untuk menu western atau juga menu Indonesia seperti Selat Solo dan lainnya.

Semoga bermanfaat. (jwt)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
beda mustard dan mayonaise
mustard
tips dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
TIPS
25 July 2018 07:15:05

Tips Kupas Bawang Putih Tanpa Pisau

 
TIPS
11 December 2018 16:22:07

Tips Mengajak Keluarga Cinta Alquran

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284