ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 13 Juli 2020 | 23 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SYARIAH

Mengganti Puasa Orang tua yang Sudah Wafat

14 May 2020 00:17:04
Mengganti Puasa Orang tua yang Sudah Wafat
Foto: Freepik

oleh: Ustaz Farid Nu'man Hasan

ChanelMuslim.com - Pertanyaan: 1. Apakah dalil tentang membolehkan anak mengganti puasa orang tua yang sudah meninggal dengan meng-qodho-nya dengan puasa?; 2. Jika ada dalilnya ustadz, apakah anak meng-qodho jumlah puasa tahun terakhir di masa hidupnya atau seluruhnya seingat anaknya yang tahu berapa hari orang tuanya meninggalkan puasa?

Jawaban.

Bismillahirrahmanirrahim ..

Meng-qadha puasa orang yang sudah wafat terjadi perbedaan pendapat. Mayoritas ulama mengatakan tidak boleh, baik Hanafiyah, Malikiyah, dan Hambaliyah, tetapi yang mesti dilakukannya adalah fidyah.

Ada pun Syafi'iyah membolehkan itu, berdasarkan hadits Shahih Muslim.

Kami ambil keterangan yang cukup komprehensif dari Fiqhus Sunnah-nya Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berikut ini:

فذهب جمهور العلماء، منهم أبو حنيفة، ومالك، والمشهور عن الشافعي إلى أن وليه لا يصوم عنه ويطعم عنه مدا، عن كل يوم .

والمذهب المختار عند الشافعية: أنه يستحب لوليه أن يصوم عنه، ويبرأ به الميت، ولا يحتاج إلى طعام عنه.

والمراد بالولي، القريب، سواء كان عصبة، أو وارثا، أو غيرهما.

ولو صام أجنبي عنه، صح، إن كان بإذن الولي، وإلا فإنه لا يصح.

واستدلوا بما رواه أحمد، والشيخان، عن عائشة: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " من مات وعليه صيام صام عنه وليه " زاد البزار لفظ: إن شاء

وروى أحمد وأصحاب السنن: عن ابن عباس رضى الله عنهما أن رجلا جاء إلى النبي صلى الله عليه وسلم: فقال: يا رسول الله، إن أمي ماتت وعليها صيام شهر أفأقضيه عنها؟ فقال: " لو كان على أمك دين أكنت قاضيه؟ " قال: نعم. قال: " فدين الله أحق أن يقضى " قال النووي: وهذا القول هو الصحيح المختار الذي نعتقده وهو الذي صححه محققو أصحابنا الجامعون بين الفقه والحديث لهذه الاحاديث الصحيحة الصريحة.

Menurut mayoritas ulama seperti Abu Hanifah, Malik, dan yang masyhur dari Asy Syafi’i, bahwa walinya tidaklah berpuasa qadha untuknya, tetapi memberikan makan sebanyak satu mud untuk setiap harinya.

Tapi, madzhab yang DIPILIH oleh Syafi’iyyah adalah dianjurkan bagi walinya untuk berpuasa qadha baginya, yang dengan itu mayit sudah bebas, dan tidak perlu lagi memberikan makanan (fidyah). Yang dimaksud dengan WALI adalah kerabatnya, sama saja baik dia ‘ashabah, atau ahli warisnya, atau selain mereka. Bahkan seandainya orang lain pun tetap sah, jika izin ke walinya, jika tidak maka tidak sah.

Mereka berdalil seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Syaikhan (Al Bukhari dan Muslim), dari Aisyah, bahwa Nabi ﷺ bersabda:

“Barang siapa yang wafat dan dia ada kewajiban puasa maka hendaknya walinya berpuasa untuknya.” Dalam riwayat Al Bazzar ada tambahan: “Jika dia mau.”

Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ashabus Sunan, dari Ibnu Abbas Radhiallahu ‘Anhuma bahwa ada seorang laki-laki yang berkata kepada Rasulullah ﷺ:

“Wahai Rasulullah, ibuku telah wafat dan dia ada kewajiban puasa, bolehkah saya yang mengqadha-nya?” Nabi ﷺ menjawab: “Apa pendapatmu jika ibumu memiliki utang, apakah kamu akan membayarkannya?” Laki-laki itu menjawab: “Ya.” Lalu Nabi ﷺ bersabda: “Maka, utang kepada Allah lebih layak kamu bayar.”

Imam An Nawawi berkata: “Pendapat ini adalah pendapat yang benar lagi terpilih, dan kami meyakininya dan telah dishahihkan para peneliti dari para sahabat kami (Syafi’iyah) yang telah menggabungkan antara hadits dan fiqih, karena hadits-hadits ini adalah shahih dan begitu jelas.

(Fiqhus Sunnah, 1/471. Darul Kitab Al 'Arabi)

Jika, kita memilih pendapat yang mewajibkan qadha, sebagaimana yang dikuatkan oleh Syafi'iyah, maka lakukanlah sejauh yang bisa diingat atau diketahui oleh anak-anaknya. Fattaqullaha mastatha'tum (Bertaqwalah kepada Allah semampu kamu).

Demikian. Wallahu a'lam.

Wa Shalallahu'Ala Nabiyyina Muhammadin wa 'ala Aalihi wa Shahbihi wa Sallam.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
mengganti puasa orang tua yang sudah wafat
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
13 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
SYARIAH
12 June 2019 11:43:47

Puasa Enam Hari di Bulan Syawal

 
SYARIAH
21 June 2019 22:06:00

Beramal Karena Berharap Surga dan Takut Neraka

 
 
SYARIAH
14 June 2020 20:27:28

Fiqih Islam Bukanlah Produk Perang Salib

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga