ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 05 Juni 2020 | 14 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Muliakanlah Tetanggamu

20 August 2018 11:32:20
#muliakan #tetangga
pexels.com

ChanelMuslim.com – Kedudukan tetangga menjadi begitu penting dalam kehidupan keberagamaan dan intelektual seseorang. Tetangga merupakan amanah dari Allah. hubungan dengan kita bisa dekat, bisa juga jauh. Tergantung dari sikap kita terhadap tetangga.

Dari Aisyah ra., “Aku berkata kepada Rasulullah saw, “Aku mempunyai dua tetangga. Tetangga mana yang harus didahulukan ketika aku ingin memberi hadiah?’ Rasulullah saw menjawab, “Kepada tetangga yang pintu rumahnya paling dekat.” (HR. Bukhari)

Tetangga merupakan cerminan kehiduan kita. Kita akan merasa aman jika hidup dengan tetangga yang baik. Kita akan merasa tidak nyaman dengan tetangga yang tidak baik. Untuk menjaga hubungan, alangkah baiknya jika kita saling memberi hadiah. Tidak perlu yang mahal. Hadiah itu akah Allah hitung sebagai sedekah walau hanya berupa kikil kambing.

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw bersabda, “Wahai kaum perempuan muslim janganlah sekali-kali seorang tetangga itu merasa terhina untuk memberi sedekah kepada tetangganya walaupun hanya berupa kikil kambing.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tetangga adalah keluarga lain sesudah anak, orangtua, dan kerabat. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah saw berkata, “Tak henti-hentinya Jibril berwasiat kepadku tentang tetangga sampai-sampai aku mengira jika tetangga dapat mewarisi.”

Hak tetangga juga tidak mengenal perbedaan agama. Mujahid meriwayatkan bahwa Abdullah Ibnu Amar disembelihkan seekor domba untuk keluarganya. Ketika akanan dihidangkan, dia berkata, “Apakah kalian sudah mengirimi tetangga kita yang Yahudi itu? Sebab aku mendengar Rasulullah saw berkata, “Tak henti-hentinya Jibril berwasiat kepadaku tentang tetangga, sampai-sampai aku mengira bahwa dia dapat mewarisi.’

Dari Anas bahwa Rasulullah saw bersabda, “Demi Zat yang diriku berada dalam kekuasaan-Nya, seseorang hamba belum dikatakan beriman sebelum dia mencintai tetangganya,” atau Nabi mengatakan, “Kepada saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.” (MAY)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
muliakan
tetangga
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
31 January 2019 07:57:42

Melayani Suami bukan Bentuk Perbudakan

 
SUAMI ISTRI
18 February 2019 08:01:53

Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Hubungan

 
SUAMI ISTRI
05 December 2018 08:04:52

Pernikahan 212

 
SUAMI ISTRI
04 April 2018 07:31:44

Kesederhanaan Istri-Istri Nabi

 
SUAMI ISTRI
03 February 2020 19:12:07

Calgary Muslim Group Melawan KDRT dengan Nisa Homes

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284