ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 05 Juni 2020 | 14 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

April Mop dalam Pandangan Islam

02 April 2020 06:59:28
April,mob,pandangan,islam
Andrea Piacquadio @pexels.com

ChanelMuslim.com - Menurut kamus, April Mop adalah hari untuk melakukan lelucon, tetapi di banyak tempat lelucon itu berbentuk kebohongan.

Islam melarang kebohongan. Orang baik, secara umum, menganggapnya sebagai sifat buruk.

Jika berbohong hukum asalnya dilarang, maka April Mop 'akibatnya akan dilarang.

Bermain dengan kepercayaan orang, dan merupakan bentuk murni dari sifat buruk. Selain itu, berbohong adalah perilaku buruk. Prilaku ini tidak pantas dilakukan oleh orang yang jujur dan orang yang beriman.

Kebohongan juga merpakan salah satu tanda kemunafikan, karena Nabi saw berkata, "Orang munafik memiliki tiga karakteristik: ia berbohong, mengingkari janjinya, dan melanggar kepercayaan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Nabi saw memperingatkan agar tidak berbohong meski tujuannya untuk menghibur orang. Dia berkata, “Celakalah siapa saja yang berbicara untuk menghibur orang-orang dengan berbohong, celakalah dia, celakalah dia ...” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasa'i)

Beberapa hadis Nabi memperingatkan umat Islam agar tidak menakut-nakuti orang lain dengan serius atau bercanda. Nabi saw pernah mengatakan, "Tidak diperbolehkan bagi siapa pun untuk menakuti seorang Muslim." (HR. Abu Dawud)

Berdasarkan alasan di atas, berbohong dilarang dalam bentuk apa pun, dan pada kesempatan ini (April Mop) dilarang karena empat alasan:

1- Larangan berbohong ada di dalam Al-Quran dan Sunnah.

2- Kesedihan atau ketakutan yang tidak beralasan yang mungkin ditimbulkan pada seseorang atau seluruh keluarganya, meskipun hanya untuk satu jam.

3- Pengkhianatan terhadap kepercayaan yang ditimbulkannya

4 - Persaingan dari kebiasaan konyol yang bukan milik kita, yaitu kebohongan.

Terkadang ide berbohong pada hari ini mungkin menjengkelkan bagi seluruh masyarakat, tidak hanya bagi seseorang.

Selain itu, Sheikh Atiyyah Saqr, almarhum ketua Komite Fatwa Al-Azhar, menambahkan,

Disetujui oleh semua agama dan akal sehat bahwa kebenaran adalah kebajikan dan kebohongan adalah sifat buruk. Sejujurnya, kata-kata Anda harus mencerminkan kenyataan; berbohong adalah bertentangan dengan apa yang sebenarnya Anda katakan atau lakukan. Jenis terburuk dalam ucapan adalah sumpah palsu dan dalam perbuatan adalah kemunafikan.

Berbohong dilarang kecuali untuk keperluan. Dalam hal itu, prinsip "keharusan membuatnya melanggar hukum diijinkan" berlaku. Kebutuhan harus dievaluasi dan digunakan ketika tidak ada pilihan lain yang ada.

Beberapa kebohongan yang dapat diterima itu adalah apa yang kita sebut konotasi, sebuah kata yang memiliki makna ganda. Muslim dapat menggunakan interpretasi positif, bukan interpretasi negatif dari kata komotasi tersebut.

Dilaporkan bahwa kebohongan dilegitimasi untuk menguntungkan (seseorang atau sesuatu), bukan untuk merusak (sesama). Nabi saw berkata, "Seseorang yang berdamai antara dua orang dan mengatakan hal-hal yang baik, bahkan jika itu tidak benar, bukanlah pembohong." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ummu Kulthum binti Uqbah juga mengatakan, "Saya tidak pernah mendengar Nabi mengizinkan berbohong kecuali dalam tiga kasus: selama perang, untuk berdamai antara dua pihak yang bertikai, pembicaraan biasa antara pasangan." Yang dimaksud dengan pembicaraan ini adalah pembicaraan cinta untuk mengurangi penderitaan hidup.

Wallahu'alam bishowwab.[My/aboutislam.com]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
april
mob
pandangan
islam
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
07 June 2018 22:13:45

Generasi Qurrata'ayun

 
PARENTING
12 March 2018 16:07:17

Kesalahan Finansial untuk Kebutuhan Anak

 
PARENTING
03 April 2018 09:53:44

Ibu, Aku Ingin Hijrah

 
PARENTING
14 September 2018 10:35:06

Great Mother Great Family

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284