ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 17 November 2019 | 20 Rabiul Awwal 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

Wakala

31 August 2017 18:35:41
oase, wakala
Oleh: Ummidifa’

ChanelMuslim.com- Bayangkan jika kita memiliki sahabat yang paling setia, yang tiap kali kita sedang menemui kesulitan, maka ia tak segan untuk menyelesaikan masalah kita, segaligus memberikan pelajaran yang berharga yang dapat kita ambil dari setiap kejadian yang kita lalui bersamanya. Bayangkan, ia akan selalu ada, siap mendengar, bersabar ketika kita menggerutu, dan senantiasa menemani kita, mewakili banyak urusan kita, tanpa kita sadari…

Kata tawakkal berasal dari kata wakkala, yang artinya mewakilkan. Jujur, ketika saya mendengar penjelasan ini, dunia bagai berhenti sejanak di benak saya. Mewakilkan? Jadi ketika kita tawakkal, apakah itu sama artinya dengan mewakilkan urusan kita untuk diselesaikan oleh Allah? Dan kita tak perlu lagi berbuat banyak?

Siapa kita? Apakah kita layak menjadi makhluk yang dapat mewakilkan urusan kita dengan Allah, Tuhan yang menciptakan memelihara, zat yang kepadanya kita rubuhkan tubuh kita untuk brrsujud kepadanya, zat yang kita takutkan kekecewaannya? Mengapa Allah begitu sudi untuk menjadi wakil kita, dan istilahnya “bersibuk-sibuk” menyelesaikan urusan kita sehingga cita-cita kita tercapai?

Baik, anggap saja kita adalah perencana yang terbaik di dunia ini. Semua persiapan untuk urusan kita telah kita atur dengan sempurna. Dapatkah kita mengatur lalu lintas sehingga tak ada kecelakaan atau kemacetan yang tak terkira, dapatkah kita yakin bahwa kita akan sehat wal afiat hari itu sehingga kita dapat melakukan semua aktivitas kita, atau mungkin anggota keluarga yang lain, dapatkah kita mengatur sedemikian rupa agar tak terjadi apapun dengan mereka? Atau rekan kerja kita, dapatkah kita yakin bahwa masalah yang sama tidak akan terjadi pada mereka? Semua urusan, semua urusan yang terlalu besar untuk berada di luar kendali kita, dikendalikan Allah, untuk setiap dari kita, makhluk yang apalah artinya bagiNya, kalau bukan hanya karena sifatNya yang Rahman dan Rahim, maka pasti kita tolak akan dipedulikan olehnya.

Tawakkal adalah kasih sayang Allah yang luar biasa, yang dengannya, Allah akan mengendalikan seluruh jagad raya dengan semua isinya, agar urusan kita terselesaikan, atau digagalkan dengan berjuta hikmah di belakangnya, demi kita, manusia yang sama sekali tak dibutuhkan olehNya. (Mh/foto ilustrasi: bbc)



Penulis : Yayan Supardjo
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 01 January 2015

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
Bantu Pengungsi Gempa Maluku bersama Chanel Muslim
 
TOPIK :
oase
wakala
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
OASE
09 February 2018 12:13:41

Apakah dengan Uang Receh itu Anakku Berbagi?

 
indonesia dermawan, act, aksi cepat tanggap, cmm peduli
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF)
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284