ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 16 Desember 2019 | 19 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
OASE

Menikah Muda, Siapa Takut!

14 October 2017 22:34:09
Menikah muda,  pacaran
Foto: febridwicahya

Oleh: M. Fibra Wijaya (Mahasiswa STIT Hidayatullah Batam)

ChanelMuslim.com-Mengapa pada zaman sekarang ini zina terjadi di mana-mana? Ini sebuah pertanyaan besar yang harus dijawab. Karena banyak orang beranggapan bahwa sebelum pernikahan diawali dulu dengan pacaran, mereka bilang pacaran adalah tahap awal perkenalan sebelum menuju ke jenjang pernikahan.

Pandangan ini sangatlah keliru, dalam Islam tidak ada yang namanya berpacaran Islami, Allah telah mengingatkan kita dalam firman-Nya “dan janganlah kamu mendekati zina karena sesungguhnya ia adalah perbuatan yang keji dan seburuk-buruk perbuatan” (QS. Al-Isra: 32)

Mendekati saja kita sudah dilarang oleh Allah SWT apalagi kalau melakukanya, sedangkan berpacaran adalah gerbang pertama untuk menuju ke perbuatan keji tersebut. Mulanya PDKT, chatingan, berkhalwat, berdua dan sampai akhirnya terjadilah perzinaan.

Sebab Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang laki-laki pernah berdua-duaan dengan seorang perempuan kecuali pihak yang ketiga adalah syaitan” (HR. Ahmad No.15734) . dan ketika syaitan menjadi pihak ketiganya, maka syaitan tidak akan menjadi penonton saja akan tetapi ia akan mengobarkan api-api maksiat yang diharamkan oleh Allah SWT.

Lalu apa solusi agar tidak terjadi perbuatan keji ini? Maka tidak lain dan tidak bukan, yaitu dengan menikah muda. Ternyata selain menjauhkan diri dari perbuatan maksiat, menikah muda juga memiliki hikmah tersendiri, apa hikmahnya?

Pertama, Romantis, menikah adalah bukti cinta sejati dan hanya dengan menikah maka ia akan mendapatkan cinta yang sejati yang bisa membahagiakannya di dunia dan di akhirat. Berbeda dengan pacaran, ia hanya modus belaka, bahkan pacaran bisa merusak hidup kita dan membuat orang tersebut menyesal seumur hidup.

Rasulullah SAW bersabda ”tidak ada romantisme yang lebih indah bagi dua orang yang saling mencintai selain menikah.” (Ibnu Majah, Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi dan dishahihkan oleh Albani).

Baca Juga :
»
»
»

Kedua, membangun keseimbangan awal, usia muda adalah usia yang penuh dengan tantangan jiwa, dan merupakan masa seseorang untuk belajar mulai dari nol sehingga hidupnya terarah dan teratur. Dengan menikah, maka ia akan sama-sama belajar memahami kehidupan yang nyata dan berusaha untuk mencari jalan keluar dari problematika secara bersama.

Ketiga, menjauhkan diri dari zina, perlu kita ketahui bahwa dorongan seksual adalah fitrah manusia, Islam tidak memerintahkan untuk membunuh nafsu akan tetapi, Islam hanya mengatur nafsu itu agar bisa mengendalikannya. Yaitu dengan pernikahan.

Allah SWT berfirman “Itulah (nikah) hikmah yang diwahyukan Tuhan kepadamu. Janganlah kamu mengadakan Tuhan yang lain Selain Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka secara hina lagi dijauhkan dari rahmat Allah SWT. (Al-Isra:39)

Oleh sebab itu, tidak ada cara lain untuk menghapuskan perzinaan yang terjadi kecuali dengan memberi pemahaman kepada remaja-remaja dan orang tua yang beranggapan bahwa pacaran itu adalah langkah awal sebelum pernikahan.

Semoga kita selalu diberi kekuatan oleh Allah untuk selalu sabar dalam menjalani kehidupan ini, dan mulai sekarang tekadkan dalam hati “pacaran NO, nikah muda YES…”

Wallahu a’lam……………



Penulis : Redaksi
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 18 September 2015

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
menikah muda
pacaran
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
27 October 2017 01:39:48

Belajar Memaknai Hidup dari Petani Sawi

 
OASE
08 January 2018 19:54:51

Mengapa Harus Pilih Teman yang Baik?

 
OASE
03 January 2018 17:53:32

Kamu Istri Nabi Luth?

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284