DOA yang mengumpulkan seluruh kebaikan. Tentunya, kita ingin apabila berdoa, doa itu mencakup seluruh kebaikan yang kita mohonkan. Oleh sebab itu, cobalah membaca doa ini.
Baca Juga: Berdoa Dikala Lapang dan Sempit
Doa yang Mengumpulkan Seluruh Kebaikan
Dikutip dari forumsalafy.net, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah menjelaskan,
ومن دعاء النبي صلى الله عليه وسلم: “اللهم إني أسألك الهدى والتقى، والعفاف والغنى” فجمع الخير كله في هذا الدعاء.
فالهدى: هو العلم النافع. والتقى: العمل الصالح، وترك المحرمات كلها. وهذا صلاح الدين.
وتمام ذلك بصلاح القلب، وطمأنينته بالعفاف عن الخلق، والغنى بالله. ومن كان غنيا بالله فهو الغني حقا، وإن قلت حواصله. فليس الغني عن كثرة العرض، إنما الغنى غنى القلب. وبالعفاف والغنى يتم للعبد الحياة الطيبة، والنعيم الدنيوي، والقناعة بما آتاه الله.
Di antara doa yang Nabi shalallahu alaihi wasallam panjatkan adalah,
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى
ALLAAHUMMA INNII AS ALUKALHUDAA WATTUQAA WAL ‘AFAAFA WALGHINAA
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu al-Hudaa (petunjuk), at-Tuqaa (ketakwaan), al-‘Afaaf (terjaganya kehormatan), dan al-Ghinaa (rasa cukup).”
Sungguh, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam telah menghimpun seluruh perkara kebaikan dalam doa ini:
-Al-Hudaa adalah ilmu yang bermanfaat.
-At-Tuqaa adalah beramal saleh dan menginggalkan seluruh perkara yang haram.
Dua hal tersebut adalah kebaikan bagi agama seseorang.
Kebaikan agama akan sempurna jika dilengkapi dengan kebaikan dan ketentraman kalbu yang diraih dengan:
-Al-‘Afaaf (menjaga kehormatan) dari bergantung kepada makhluk), dan
-Al-Ghinaa (merasa cukup dengan pemberian Allah).
Barang siapa merasa cukup dengan pemberian Allah, dia adalah orang kaya secara hakiki, walaupun pemasukannya sedikit.
Tidaklah kekayaan itu dinilai dari banyaknya harta, akan tetapi kekayaan (yang hakiki) adalah rasa cukup dalam kalbu.
Dengan sifat al-‘Afaaf dan al-Ghinaa seorang hamba akan sempurna kebahagiaan hidupnya, kenikmatan duniawinya, dan merasa cukup dengan pemberian Allah.
Bahjah Qulub al-Abrar wa Qurratu ‘Uyun al-Akhyar fi Syarh Jawami’ al-Akhbar hlm. 116
[Cms]