ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 28 Oktober 2020 | 12 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
EKONOMI

Tabungan Mabrur BCA Syariah Mudahkan Nasabah Berangkat Haji

15 October 2020 14:11:18
Tabungan Mabrur BCA Syariah Mudahkan Nasabah Berangkat Haji
Tabungan Mabrur BCA Syariah Mudahkan Nasabah Berangkat Haji (foto: bisnis.com)

ChanelMuslim.com - BCA Syariah menjadi salah satu pilihan para nasabah yang mendambakan layanan perbankan syariah. Ada berbagai jenis dan tahapan iB BCA Syariah yang hadir guna memenuhi kebutuhan perbankan para nasabah, salah satunya adalah Tabungan Mabrur yang dapat digunakan untuk merencanakan perjalanan ibadah haji.

Amalia Sekarsari pimpinan perusahaan PT Bank Syariah menjelaskan mengenai jenis dan fungsi tabungan iB BCA Syariah yang bisa digunakan untuk perjalanan ibadah haji, hal ini diungkapkan dalam acara dalam acara Talk Show Sharia Banking Online Festival pada Rabu (14/10/202) melalui Zoom meeting.

"Pada prinsipnya, semua rekening tabungan itu baik, artinya tergantung kita mau memposisikan tabungan ini untuk apa, kalau di BCA Syariah sendiri ada tabungan dengan beberapa tahapan yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah untuk mempermudah dalam menabung untuk perjalanan ibadah," ungkap Amalia.

Pertama, Tahapan iB adalah rekening tabungan yang menyediakan berbagai manfaat yang memudahkan dalam transaksi perbankan berdasarkan prinsip Wadiah (titipan) atau Mudharabah (bagi hasil). Fungsi Tahapan iB selain sebagai bukti tabungan, juga sekaligus sebagai catatan transaksi rekening.

Kedua, tahapan mabrur iB untuk aktivitas persiapan ibadah, setiap fitur untuk transaksi sudah lengkap sesuai kebutuhan nasabah tetapi dalam tahapan mabrur iB tidak dilengkapi dengan kartu ATM tetapi hanya bisa mengecek saldo melalui internet banking dan mobile banking dan tidak bisa digunakan untuk transfer.

Amalia menambahkan bahwa Tahapan Mabrur iB ini memang dipersiapkan untuk ibadah, dan tidak dilengkapi dengan kartu ATM.

"Gunanya agar nasabah disiplin dan memanfaatkan fitur auto debet dari tabungan yang memang dipakai untuk transaksional tiap bulan dipindahkan ke rekening mabrur haji," katanya.

Kemudian yang ketiga, ada Tahapan Rencana iB yang sudah disiapkan untuk jangka waktu tertentu dan untuk nominal setoranya pun tertentu, tidak bisa berubah-ubah.

Dalam praktiknya, pada Tahapan iB, tahapan rencana iB, ataupun tahapan mabrur iB tentunya berdasarkan prinsip syariah. Semua bisa saja digunakan untuk ibadah atau apapun tergantung dari masing masing nasabah memposisikan tabungannya untuk apa.

"Untuk haji bisa menggunakan tahapan iB mabrur, kalau untuk bertransaksi menggunakan tahapan iB, karena fiturnya sudah disiapkan," jelasnya.

Amalia mengungkapkan bahwa ketika nasabah membutuhkan dana yang sudah tersimpan di rekening iB BCA Syariah, kapan saja bisa mengambilnya. Akan tetapi, nasabah harus mengunjungi cabang kantor BCA Syariah jika ingin melakukan penarikan karena tabungan tidak dilengkapi dengan kartu ATM.

"Bank itu hanya membantu nasabah untuk menyimpan, jadi kalau nasabah ada kebutuhan yang urgent, kemudian mau mengambil, bisa datang ke cabang BCA Syariah untuk penarikan dananya," tutupnya.

Syarat yang dibutuhkan untuk pembuatan rekening BCA Syariah cukup mudah. Cara menabung mabrur di iB BCA Syariah: saat pembukaan rekening, nasabah bisa datang langsung ke cabang BCA Syariah dengan membawa kartu identitas diri berupa KTP/ SIM/ Passpor yang masih berlaku atau aktif serta melakukan setoran minimal awal pembuatan rekening sebesar Rp100.000.[ind/Walidah]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tabungan mabrur bca syariah mudahkan nasabah berangkat haji
 
BERITA LAINNYA
 
 
EKONOMI
08 July 2020 21:24:00

Anis Soroti Beban BI dalam Skema Burden Sharing

 
EKONOMI
21 October 2020 21:03:37

Memilih Investasi yang Tepat untuk Millenial

 
Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284