• Tentang Kami
  • Iklan
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Kamis, 13 Agustus, 2026
No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah
Chanelmuslim.com
No Result
View All Result
Home Berita

Penelitian Terbaru Sebut Kedelai Bisa Jadi Antibiotik

01/05/2016
in Berita
71
SHARES
545
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsappTelegram
ADVERTISEMENT

kedeChanelMuslim.com – Penelitian terbaru yang dilakukan University of Guelph menyebutkan bahwa kedelai memiliki prospek yang memungkinkan menjadi bahan alami pembunuh bakteri.

Dilansir CNN, penelitian yang diterbitkan di Journal Biochemistry and Biophysics itu menyebutkan bahwa kandungan isoflavon pada kedelai memungkinkan menghambat pertumbuhan mikroba patogen yang dapat menyebabkan penyakit.

Selama ini kedelai sudah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bentuk makanan, mulai dari dimakan dalam bentuk utuh, olahan seperti tahu atau tempe, bahkan es krim, kue, hingga minuman seperti susu kedelai.

Tanaman kacang-kacangan ini juga menjadi andalan para vegetarian untuk mendapatkan protein guna memenuhi kebutuhan tubuh. Kedelai diketahui menjadi salah satu bahan nabati yang memiliki kandungan protein tinggi.

Namun protein pada kedelai dalam bentuk peptida ternyata bukan hanya berguna memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh, tapi punya kemampuan mengurangi kontaminasi lebih efektif dibandingkan bahan kimia sintetik.

“Penggunaan antimikroba kimia yang berat telah menyebabkan beberapa strain bakteri jadi sangat resisten dan menjadikan penggunaan antimikroba tidak efektif,” kata Suresh Neethirajan, Direktur Laboratorium BioNano University of Guelph.

Peptida merupakan bagian dari protein yang bertindak sebagai hormon, pembuat hormon, serta neurotransmitter. Sedangkan isofalvon bertindak sebagai hormon dan mengendalikan sebagian besar aktivitas pada tingkat sel.

Neethirajan dan timnya menemukan bahwa peptida atau protein kedelai serta kandungan isoflavon bisa menghambat pertumbuhan beberapa bakteri seperti Listeria dan Pseudomonas.

“Hal yang benar-benar menarik dari penelitian ini adalah dapat menunjukkan harapan dalam mengatasi isu antibiotik yang membunuh bakteri tanpa pandang bulu, entah patogen atau probiotik.” katanya.

Dia menambahkan kekhawatiran banyak orang akan dampak negatif jangka panjang dari penggunaan antibiotik sintetik dapat saja terjawab dengan pengembangan antibiotik dari kedelai ini. Untuk itu, ia mengatakan para peneliti perlu melakukan pengujian lebih lanjut.[af/cnn]

Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM
Previous Post

BNN Lubuklinggau Endus Rokok Diduga Mengandung Narkoba

Next Post

Larang Jilbab di Kampus, PM Prancis Tuai Kecaman

Next Post

Larang Jilbab di Kampus, PM Prancis Tuai Kecaman

May Day : Pemerintah Harus Segera Cabut PP 78 Tahun 2015

Kemenag dan Komisi VIII Sepakati BPIH 2016 Turun 132 USD

  • HOKA Ungkap Keunggulan Sepatu dengan Maksimum Cushioning dan Pilihan untuk Beragam Aktivitas

    HOKA Ungkap Keunggulan Sepatu dengan Maksimum Cushioning dan Pilihan untuk Beragam Aktivitas

    78 shares
    Share 31 Tweet 20
  • 124 Nama Sahabiyat untuk Bayi Perempuan

    9088 shares
    Share 3635 Tweet 2272
  • Pagelaran Fashion Muslim Modest Wear Ramadan in Style

    661 shares
    Share 264 Tweet 165
  • Doa Tolak Bala di Akhir Bulan Safar dan Keutamaannya

    204 shares
    Share 82 Tweet 51
  • Ayat Al-Qur’an tentang Traveling

    1185 shares
    Share 474 Tweet 296
  • Bukan Hanya untuk Diet, Ini Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan Kulit

    67 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Mandi Junub Menggunakan Shower

    5226 shares
    Share 2090 Tweet 1307
  • Ashanty, Anang dan Azriel Rayakan Wisuda Bersama di Universitas Airlangga

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Bukan Sekadar Penambah Gizi, Ini Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui

    68 shares
    Share 27 Tweet 17
  • Yang Berhak Memandikan Jenazah Ibu

    3106 shares
    Share 1242 Tweet 777
Chanelmuslim.com

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga

Navigate Site

  • IKLAN
  • TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
  • REDAKSI
  • LOWONGAN KERJA

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga