ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Jumat, 10 Juli 2020 | 20 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Peneliti ITB Ini Jelaskan Kenapa Lombok Disebut Pulau Seribu Masjid

21 February 2018 13:40:44
Forjim, tgb zainul majdi

ChanelMuslim.com- Lombok tengah mengembangkan wisata halal dengan tagline Pulau Seribu Masjid. Namun, tahukah Anda mengapa Lombok disebut sebagai Pulau Seribu Masjid?

Lalu Taufan Hijadz, Peneliti dan Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) memaparkan beberapa data mengapa Lombok disebut pulau seribu masjid, salah satunya adalah transformasi kepercayaan masyarakat setempat mengenai pusat spiritual. 

"Dahulu, masyarakat mempercayai yang disebut Inen tetau, yaitu induk ruang yang memperantarai permukiman dengan Gunung Rinjani.  Bentuknya berupa pohon besar, dan sebagainya, yang ada di setiap kampung. Kini, inen tetau digantikan oleh masjid. Makanya ada masjid di setiap kampung," ujar Taufan dalam Seminar Pariwisata Halal di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (21/2).

Lombok artinya lurus, Sasak dari kata Shak-sa artinya "yang satu", maknanya masyarakat Lombok meyakini  adanya Yang Maha Esa.

Masuknya Islam ke Lombok menjadikan masjid  sebagai pusat spiritual masyarakat. Fungsi masjid di setiap kampung yang tersebar di Lombok sangat erat kaitannya dengan aktivitas masyarakat Lombok, misalnya kematian, pernikahan, dan lain-lain. 

"Padahal Lombok termasuk belakangan yang menjadi Islam. Ada 518 desa di Lombok, ada 3600 masjid besar dan  5000 masjid kecil, jadi total ada  9.000 lebih masjid di Lombok,"  tambahnya.

Kegiatan Seminar ini merupakan rangkaian Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Forum Jurnalis Muslim yang diselenggarakan di Islamic Center Nusa Tenggara Barat, Mataram, Lombok, Selasa-Rabu (20-22/2). Selain Lalu Taufan, hadir pula sebagai pembicara, yaitu: Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) NTB Lalu Abdul Hadi Faesal dan Rektor Universitas Hamzanwadi Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang juga Calon Wakil Gubernur NTB.(Mh/Ind)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
forjim
tgb zainul majdi
 
BERITA LAINNYA
 
 
BERITA
11 October 2019 10:20:11

Giliran UGM Tolak Ceramah Ustaz Somad

 
ADVERTORIAL
10 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga