ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
AYAH BUNDA

Era Gadget Anak, Kenali dan Pagari

13 September 2019 14:45:17
anak era digital
Ilustrasi, foto: Viva.co.id

ChanelMuslim.com- Di zaman kecanggihan media informasi saat ini, perlu kepiawaian orang tua mengelola pendidikan anak. Kepiawaian itu sangat diperlukan karena jika salah langkah, anak akan mengalami salah asuh tentang gadget. Dan tidak tertutup kemungkinan akan terjebak dengan nilai negatif media internet dari gadget.

Beberapa langkah berikut ini mungkin menjadi pengayaan para orang tua menghadapi perkembangan teknologi informasi yang pesat itu. Terutama, untuk pendidikan anak-anak.

Pertama, buka satu pintu informasi.

Sesuatu yang baru akan merangsang keingintahuan anak, termasuk soal gadget. Karena itu, orang tua harus membuat satu pintu informasi. Yaitu, informasi yang bersumber dari orang tua atau yang ditunjuk orang tua, bisa seseorang atau guru.

Jadikan posisi orang tua sebagai tempat bertanya anak tentang teknologi informasi ini. Kesan yang harus muncul dari orang tua dalam pandangan anak adalah bijak, cerdas, dan ramah. Dengan begitu, anak tidak akan sungkan bertanya atau bahkan mengungkapkan pengalaman yang ia dapat saat menggunakan gadget.

Jika hal itu tidak didapat anak dari posisi orang tua, maka anak akan mencari-cari pintu lain. Dan jika salah pintu, anak akan terjebak dalam arus budaya gadget yang menyimpang. Seperti, kecanduan game online, salah mencari teman dunia maya, dan lainnya.

Kedua, kenali dan jangan isolasi.

Segala sesuatu termasuk tenologi informasi akan bermuatan dua: positif dan negatif. Yang dibutuhkan anak adalah memahami apa yang positif dan mana yang negatif. Dan pemahaman ini merupakan pemahaman yang tumbuh dari dalam diri anak melalui rangsangan yang diberikan orang tua.

Dengan kata lain, dengan memberikan pengenalan yang semestinya, orang tua memberikan imunitas kepada anak terhadap gadget dan isinya. Bukan menakut-nakuti anak, apalagi memberikan semacam pengharaman.

Hal tersebut karena anak tidak mungkin bisa luput dengan penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, saat ini tidak sedikit media pendidikan menjadikan gadget sebagai alat utama.

Dengan gadget, semua informasi termasuk dunia pendidikan menjadi lebih mudah. Contoh, mencari referensi buku, yang jauh lebih murah dan mudah dengan gadget daripada mengejar fisik bukunya.

Dengan gadget pula, bahan-bahan pendidikan bisa lebih mudah dicerna. Seperti, foto, video, diagram, dan lain-lain. Contoh, bahan untuk memahami sejarah para nabi. Dengan media gadget, bisa diperoleh informasi yang menyeluruh, mulai dari bahasan, foto, peta, dan mungkin video ilustrasi.

Mengisolasi anak dari perkembangan teknologi informasi seperti gadget akan menghambat anak melakukan percepatan dalam dunia pendidikan. Dengan catatan, harus dalam satu pintu dari orang tua. Bukan dengan membiarkan anak melakukan penjelajahan sendiri.

Ketiga, kondisikan media teknologi untuk belajar, bukan bermain.

Dunia anak memang dunia bermain. Dengan bermain, anak-anak akan lebih mudah mencerna nilai, informasi, arahan, dan lainnya. Tapi, jangan salah, dengan bermain pula, anak akan cepat terjebak pada pemahaman, budaya, dan cara berpikir yang salah tentang segala hal. Termasuk, tentang akidah, ibadah, dan kehidupan.

Karena itu, sensor untuk jenis-jenis permainan anak harus lebih diutamakan. Silakan anak-anak memperoleh permainan dalam gadget, tapi terbatas dan punya bobot yang memadai dalam pendidikan. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
anak era digital
 
BERITA LAINNYA
 
 
AYAH BUNDA
06 June 2019 23:31:37

Adab Membawa Anak Bertamu

 
AYAH BUNDA
27 August 2018 22:05:25

Konsep Pendidikan Anak Zero Mistake and Zero Tolerance

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284