ChanelMuslim.com – Semenanjung Arab adalah rumah bagi arsitektur yang kaya dan sejarah religius yang mencakup sejumlah besar masjid kuno dari awal era Islam. Merestorasi masjid tua yang ada menjadi kewajiban bagi kerajaan.
Arab Saudi memiliki hak istimewa untuk merawat Dua Masjid Suci, sebuah kehormatan yang telah dibawa dan diwarisi selama beberapa dekade dimulai dengan raja pendiri, mendiang Raja Abdul Aziz.
Baca juga: Masjid Tertua di Rusia Mampu Bertahan Selama 1.300 Tahun
Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan proyek pada tahun 2018 yang bertujuan untuk menghidupkan kembali lebih dari 130 masjid bersejarah di sekitar Kerajaan saat masjid sedang direnovasi di beberapa daerah.
Proyek tersebut bertujuan untuk merestorasi dan merehabilitasi masjid-masjid tersebut, dengan mempertimbangkan pelestarian unsur konstruksi kuno dan komponennya.
Masjid-masjid ini telah membentuk pola arsitektur bersejarah yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi budaya, geografis, dan topografi. Ini termasuk masjid Jomaa ‘dan Masjid Qiblatain, yang dibangun oleh Nabi Muhammad, dan lainnya yang dibangun oleh sahabat dan pengikutnya seperti Masjid Salman Al-Farsi dan Masjid Abu Bakar Al-Siddiq.
Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH) Saudi saat itu menghitung hampir 1.300 masjid bersejarah di berbagai wilayah Kerajaan.
“Masjid bersejarah Arab Saudi berasal dari periode waktu yang berbeda, termasuk periode awal Nabi Muhammad lebih dari 1.400 tahun yang lalu, era awal Islam, dan berbagai negara Islam, termasuk negara Umayyah, Abbasiyah dan Mamluk, hingga era tersebut. negara Saudi, ”Sultan Al-Saleh, konsultan warisan budaya dan direktur Masyarakat Pelestarian Warisan Saudi, mengatakan kepada Arab News.
“Di kawasan Hijaz, masjid bersejarah dibedakan dengan konstruksi batu kapur putihnya, khususnya di kota Jeddah. Di sisi lain, masjid bersejarah kota-kota di wilayah barat lainnya dibangun dari batu dan lumpur. ”
Masjid-masjid di pantai barat dicirikan oleh pola Roshan sebagai gaya arsitektur pantai, yang menampilkan jendela-jendela kayu yang rumit di depan banyak rumah yang masih hidup.
Masjid di daerah Tihama, dari Taif hingga kota Jizan, dipengaruhi oleh gaya Tuhami yang menampilkan batu, jerami, dan cabang pohon. Di Pegunungan Sarawat, bahan bangunan didasarkan pada batu karena sifatnya yang bergunung-gunung, katanya.
Di Asir, masjid terbuat dari lumpur yang dilindungi batu berpotongan horizontal. Wilayah Riyadh, Qassim, dan Hail difokuskan pada tanah liat sebagai bahan bangunan dasar, sedangkan wilayah pesisir Provinsi Timur mengandalkan lumpur dan batu kapur.
Masjid Jawatha di Al-Hofuf berusia 1.435 tahun dan didirikan pada tahun ke-7 Hijriah oleh suku Abd Qais. Disitulah shalat Jumat kedua dalam Islam dilakukan setelah pertama kali dilakukan di masjid Nabi Muhammad SAW di Madinah.
Diketahui juga bahwa sejumlah sahabat nabi telah dimakamkan di daerah yang sama.
Nahid Al-Surani, mantan direktur jenderal pemeliharaan Universitas Raja Fahd untuk Perminyakan dan Mineral, mengatakan bahwa apa yang dikenal sebagai “Masjid Tua” atau “Masjid kamp Saudi” berasal dari tahun 1939 dan terletak di kampus universitas. jauh sebelum universitas didirikan.
“Masjid itu dibangun saat almarhum Raja Arab Saudi Abdul Aziz mengunjungi Dhahran untuk meresmikan pengiriman minyak pertama,” ujarnya. “Masjid tua itu dibangun oleh pekerja Yaman yang membawa batu serpih dari laut Alkhobar untuk digunakan dalam membangun tembok dan dua menara.”
Bangunan aslinya masih dalam bentuk yang sama seperti saat dibangun, namun pemekarannya dilakukan dengan menggunakan bahan bangunan masa kini, tambahnya.
“Masjid ini dirawat dengan baik dan direnovasi berkali-kali, dan telah kehilangan sebagian dari desain aslinya pada renovasi pertama,” kata Al-Surani. “Jendela kayunya yang tinggi diganti dengan yang lebih kecil agar ber-AC, dan masih digunakan sampai sekarang untuk shalat Tarawih, Jumat, dan juga untuk Idul Fitri.” Beberapa masjid tua menampung 5.000 jamaah, seperti Masjid Raja Saud di Jeddah, sementara yang lain lebih kecil seperti Masjid Al-Mald di Al-Baha yang menampung hampir 30 jemaah.
Menurut Al-Saleh, pemugaran beberapa masjid bersejarah termasuk perluasan untuk menambah kapasitas. Demikian halnya dengan Masjid Mansaf di Provinsi Zulfi, yang dulunya terbatas hanya 87 jemaah tetapi sekarang menampung lebih dari 150 orang.
“Proyek Putra Mahkota untuk Mengembangkan Masjid Bersejarah didasarkan pada merestorasi masjid bersejarah dan menghidupkan kembali semua bentuk kehidupan, termasuk menjalankan shalat, serta peran sosial yang dulu mengambil bagian dalam bangunan tersebut,” kata Al-Saleh.
“Penting untuk disebutkan bahwa proses merestorasi berbeda dari satu masjid ke masjid lainnya sesuai dengan lokasi geografisnya dan bahan bangunan yang digunakan dalam pembangunannya.”
Keaslian masjid dan gaya sejarahnya harus dijaga dengan baik sementara menambahkan bahan baru yang tidak sesuai dengan sifat masjid tidak boleh digunakan.
Menurut perkembangan proyek, proses merestorasi 30 masjid bersejarah di berbagai wilayah Kerajaan telah selesai. Masjid Al-Duwaihra di Diriyah dan Masjid Al-Hanafi yang bersejarah di Al-Balad, Jeddah adalah di antara beberapa masjid yang telah selesai dibangun.
Meskipun masjid adalah titik pertemuan jamaah sepanjang tahun, banyak yang merasakan kepedulian yang lebih besar selama Ramadan karena kesucian dan spiritualitas bulan suci. Ramadan adalah saat masjid mengadakan acara sosial tambahan, seperti mengadakan meja buka puasa, menghafal Al-Qur’an, menghadiri ceramah Islam, dan sebagainya.
“Semua masjid bersejarah yang baru dibuka dan dihidupkan kembali secara signifikan disorot dalam laporan terbaru proyek putra mahkota untuk menyebarkan berita tentang ketersediaannya untuk menerima jamaah selama bulan Ramadan,” kata Al-Saleh.
“Masjid-masjid ini mewujudkan perhatian dan kepedulian yang diberikan oleh pemerintah Saudi dalam melestarikan warisan budaya dan monumen nasional tersebut, terutama masjid bersejarah, yang merupakan pilar fundamental dari warisan budaya Islam kita.”
Abdul Aziz Hanash, seorang arsitek peneliti dan perancang kota, yang antusias dengan bangunan bersejarah, mengatakan kepada Arab News tentang masjid paling kuno di kota Riyadh di Istana Qasr Al-Hukm.
Masjid Imam Turki bin Abdullah adalah salah satu masjid terbesar di kota dan telah mengalami banyak perluasan, katanya. Masjid ini terhubung langsung dari lantai pertama ke Istana Qasr Al-Hukm melalui dua jembatan di seberang Alun-Alun Assafah.
“Pentingnya merestorasi masjid ini berasal dari kekayaan sejarah dan perannya dalam lingkungan sekitarnya,” kata Hanash. “Itu tempat para ulama dan guru bertemu untuk kegiatan keagamaan. Itu dibangun kembali sebagai bagian dari Program Pengembangan Qasr Al-Hukm, di mana Komisi Kerajaan untuk Kota Riyadh membangun kembali masjid untuk menampung sekitar 17.000 jamaah. ”
Masjid lain yang dipugar yang baru-baru ini direhabilitasi sebagai bagian dari proyek putra mahkota termasuk Masjid Al-Twaim di kota Al-Twaim, Riyadh, Masjid Jarir Al-Bajali di Gubernuran Taif, Masjid Abu Bakar di Al-Hofuf, Al-Ahsa Gubernuran, dan Masjid Warisan Al-Atawlah, yang berjarak hampir 40 kilometer dari Gubernuran Al-Baha dan salah satu masjid tertua di daerah tersebut.[ah/arabnews]