ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 24 Oktober 2019 | 25 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TUMBUH KEMBANG

Masa Depan Bayimu, Tergantung Padamu Ibu

07 March 2019 02:13:15
Masa Depan Bayimu, Tergantung Padamu Ibu
FirstCry Parenting

Oleh: Umi Widya

ChanelMuslim.com--"De, sedang nyuci ya?", kalimat sarkasme ini saya ucapkan ketika adik bungsu saya memandikan bayinya. Dalam bahasa Sunda tentu saja.

"Bukan, sedang memandikan bayi", ujarnya datar tanpa rasa bersalah sedikitpun menjawab pertanyaan saya tentu dalam bahasa Sunda juga.

"Mandiin bayi kok kayak nyuci piring, bicara dong, bayi kamu itu anak manusia bukan benda mati", arogansi khas kakak tertua mulai melanda. Menceramahi adik dengan gaya kolot ala ala kampung gitu. Dia (adik) mesem-mesem aja.

Suatu hari muncul di beranda seorang ibu muda cantik jelita curhat panjang lebar kemana-mana. Intinya sih dia merasa tidak nyaman dengan omongan tetangganya karena bayi cantik dua tahunnya belum bisa bicara. Alih-alih belajar cari ilmu mengapa itu terjadi, malah menghabiskan waktu menggerutu ke sana kemari.

Duhai ibu, anak kita itu anak manusia. Bukan anak mammalia atau reptilia. Anak manusia yang sudah diciptakan dengan bentuk yang paling sempurna. Anak manusia tidak cukup hanya digantikan popoknya, diberikan makan, dijemur dan dimandikan untuk bisa hidup sehat, bahagia, dan sukses dunia dan akhirat.

Anak dua tahun belum bisa bicara itu masalah. Seharusnya dua tahun itu sudah punya kurang lebih 500 kosa kata yang dia mengerti maknanya. Ini penting untuk hidup dia kelak. Bagaimana dia bisa berkomunikasi, mengungkapkan isi pikiran dan perasaannya jika dia tak punya alat untuk itu. Jika anak ini lahir dalam keadaan normal, semua organnya sehat, maka dia tidak bisa bicara diusia itu karena kelalaian orangtuanya.

Menjadi ibu, resikonya kita harus memiliki waktu penuh untuk mencintai anak kita. Menunjukkan cinta kepada mereka tak rumit dan tak harus mahal. Itu sangat mudah. Jika ibu mencintai anaknya, maka dia akan melakukan apa pun yang bisa dilakukannya. Ini yang kadang salah kaprah. Semua yang anak ingin ibu berikan. Semua yang anak perintahkan ibu lakukan. Itu bukan cinta. Itu ibu tersandera.

Anak membutuhkan hal hal sederhana dari ibunya. Seperti, bermain bersama. Bayi lahir memang belum bisa apa-apa. Hanya bisa terlentang saja. Tak perlu media mahal apalagi impor pula. Cukup bermain bersama dengan wajah Anda. Tampilkan muka lucu, senyum, gerak mata, bibir, dahi. Gunakan lengan kanan dan kiri, bermain jari. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Selama anda bermain pastikan verbalkan. Keluarkan 2000 kata perjam. Bukankah wanita harus mengeluarkan 20.000 kosa kata perhari? Ayo keluarkan kata bermutu dari mulutmu agar anakmu bisa bicara dan memahami makna kata.

Selanjutnya, respon dengan cepat dan seakurat mungkin setiap tanda yang bayi mu berikan. Jika bayi menangis, ibu segera merespon cepat dan akurat, maka bayi akan merasa aman. Apabila bayi merasa aman maka dia akan merasa percaya pada dirinya, kita ortunya dan lingkungannya. Seorang ibu pasti tahu (kalau sadar jadi ibu) perbedaan tangis bayinya. Tangisan haus, lapar, kedinginan, kepanasan, kesakitan atau ngantuk. Respon pengasuhan yang kita berikan hari ini saat dia bayi, akan menentukan bagaimana dia kelak membangun hubungan dalam sebuah pernikahan.

Jadi masa depan bayi kita, tergantung bagaimana mereka diasuh dan dibesarkan oleh mu hari ini, ibu. Pastikan saat jadi ibu, kita siap dan sadar akan tanggung jawab yang tak mudah ini.

Setiap anak itu lucu dan menyenangkan. Menjadi menyebalkan atau tetap menyenangkan tergantung kita.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
masa depan bayimu
tergantung padamu ibu
 
BERITA LAINNYA
 
 
TUMBUH KEMBANG
07 March 2019 02:13:15

Masa Depan Bayimu, Tergantung Padamu Ibu

 
TUMBUH KEMBANG
03 January 2018 19:32:07

Bunda, Yuk Ketahui Tahap Kemampuan si Kecil dalam Berpakaian

 
TUMBUH KEMBANG
25 February 2018 14:22:21

Memilih Bacaan Tepat untuk Batita

 
TUMBUH KEMBANG
18 April 2018 10:29:23

Mendidik Anak Cerdas Bahasa di Usia 6 Tahun Pertamanya

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284