ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 09 Juli 2020 | 19 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
TIPS

Tips Agar Anak Rutin Sarapan

15 March 2018 16:34:25
Tips Agar Anak Rutin Sarapan
Foto: Bintang

ChanelMuslim.com – Sarapan menjadi rutinitas yang penting setiap pagi khususnya bagi anak. Asupan makanan sebelum beraktivitas diberikan melalui sarapan. Namun, sayangnya anak seringkali malas sarapan.

Berikut ini tips agar anak rutin sarapan, dikutip dari Alodokter.

1. Memulai dengan porsi kecil

Anak merasa malas sarapan karena melihat porsi sarapan terlalu banyak. Untuk membuat anak rutin sarapan, memulai dengan porsi kecil. Seperti beberapa potong buah-buahan, selembar roti gandum dan selai kacang, atau semangkuk kecil sereal sudah cukup membuat anak mulai mengenal sarapan.

2. Memberikan pilihan makanan sehat

Sarapan bisa dilakukan dengan menyajikan menu makanan sehat yang disukai anak. Seperti jenis makanan roti gandum, buah-buahan seperti pisang atau apel, dan makanan berbahan dasar sereal, serta susu. Sebaiknya mencoba menghindari sarapan cepat saji seperti gorengan atau makanan lain yang banyak mengandung lemak dan rendah nutrisi.

3. Menyajikan menu variatif

Menyajikan menu variatif setiap sarapan akan membangkitkan nafsu sarapan anak. Misalnya, menyajikan roti gandum dengan selai buah, besok sajikan sereal dengan tambahan potongan buah segar atau yang lainnya. Hal ini untuk mencegah anak mengalami rasa bosan.

4. Sereal dan susu bisa jadi pilihan

Sereal dan susu bisa jadi pilihan sarapan anak. Sereal dan susu mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh anak. Beberapa penelitian menujukkan, sarapan sereal dapat membantu menjaga berat badan dan memperbaiki gizi anak.

5. Memberi selingi asupan kaya nutrisi

Secangkir yoghurt dicampur dengan susu dan buah-buahan menjadi hal menarik sajian sarapan anak. Menu ini juga bisa disajikan untuk anak sebagai pilihan menu sarapan sehat dan praktis.

6. Melibatkan anak dalam memilih dan membuat sarapan

Melibatkan anak dalam memilih dan membuat sarapan bisa membuat anak rutin sarapan. Misalnya, meminta bantuan anak untuk mengambilkan bahan-bahannya dari lemari pendingin untuk membuat sarapan. Tentunya anak akan lebih tertarik pada menu dan mulai rutin untuk sarapan.

7. Sarapan bersama anak

Sarapan bersama bisa membuat anak rutin sarapan. Dalam hal ini, orang tua secara tidak langsung memberikan contoh kepada anak untuk rutin melakukan sarapan.

Itulah beberapa tips agar anak rutin sarapan. Masih banyak cara lainnya yang bisa orang tua lakukan agar anak rutin sarapan. Lakukan tips tersebut agar anak rutin sarapan sehingga asupan gizi anak tercukupi terutama sebelum memulai aktivitas hariannya. (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
09 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
TIPS
25 June 2019 12:21:17

Tips Menyimpan Gula Merah agar Tahan Lama

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga