ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 22 September 2019 | 23 Muharram 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
TIPS

Rahasia Gorengan Renyah menggunakan Teknik Deep Frying

21 August 2019 09:51:16
Tips menggoreng renyah, tips dapur,
Ilustrasi (Source: newspressnow)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim tentu menyukai gorengan yang renyah dan garing. Tahukah salah satu rahasia gorengan renyah dan garing adalah penggunaan minyak yang banyak atau dikenal dengan teknik Deep Frying.

Meski memerlukan minyak yang banyak yang perlu diperhatikan adalah tahapan dalam memasak makanan tersebut. Berikut tahap menggoreng makanan berlapis tepung agar renyah menggunakan teknik deep frying dilansir laman resepkoki.com:

1. Pastikan ukuran bahan makanan yang akan ditepung sama besarnya

Biasanya saat menggoreng ayam, ikan, atau apa pun, kadang ukurannya asal aja. Padahal sebenernya itu akan mempengaruhi tingkat kerenyahan gorengan.

Ukuran yang sama akan membuat gorengan matang dan garing secara merata.

2. Tambahkan baking soda pada tepung

Tahukah bahwa ternyata baking soda bisa membuat gorengan makin renyah. Caranya tinggal campurkan saja baking soda ke dalam adonan tepung kering bersama dengan garam dan bumbu lainnya.

Tapi perlu diingat, baking soda rentan terhadap panas. Jadi usahakan pada saat pencampuran adonan, gunakan air es atau minimal air suhu normal, serta jangan mengaduk adonan terlalu lama karena hal itu justru akan merusak fungsi dari baking soda itu sendiri. Jika tepat dalam mengunakan baking sodanya, dijamin gorengan akan lebih renyah!

3. Usahakan adonan tepung bersuhu dingin

Hal paling penting juga yaitu usahakan agar suhu adonan tetap dingin. Yaitu dengan mencampurnya dengan air suhu ruangan, atau paling bagus dengan dengan air es.

Jangan sekali-kali menggunakan air hangat atau panas, ya. Penggunaan air hangat atau panas untuk mencampur adonan tepung hanya akan membuat gorengan kamu cepat melempem.

4. Cukup dua kali penepungan

Kadang saking ingin gorengan renyah, kita melapisi bahan makanan dengan adonan tepung berkali-kali. Padahal perlu diingat nih, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Cukup lakukan dua kali penepungan saja, ya.

Rahasia Gorengan Renyah menggunakan Teknik Deep Frying

5. Goreng langsung setelah bahan dilumuri tepung

Setelah bahan makanan ditepungi, sebaiknya memang langsung digoreng ya, ini bertujuan agar tepung yang melapisi bahan makanan tidak menggumpal. Nah, adonan tepung menggumpal itulah yang akan membuat gorengan tebal, lama matangnya, dan menyerap minyak lebih banyak sehingga tidak renyah lagi.

Rahasia Gorengan Renyah menggunakan Teknik Deep Frying

6. Pilihlah alat masak deep frying yang didesain dengan saringan langsung

Seperti telah kita bahas diatas rahasia gorengan renyah itu adalah minyak yang banyak. Dengan teknik deep (tenggelam), minyak goreng akan menggoreng dengan merata dan tiriskan menggunakan alat penyaring.

Rahasia Gorengan Renyah menggunakan Teknik Deep Frying

7. Gunakan Minyak Sayur dan Perhatikan Suhu Minyak

Suhu terbaik menggoreng adalah 170°C dan jika suhu terlalu panas maka akan menyebabkan adonan tepung cepet gosong, sementara bahan makanannya sendiri masih belum matang. Sebaliknya, minyak yang belum panas akan membuat gorengan menyerap lebih banyak minyak dan lebih lama matangnya.

8. Pastikan minyak benar-benar tiris

Kalau gorengan penuh minyak akibatnya gorengan akan melempem. Pastikan minyak sudah tidak menempel lagi. Tiriskan secara benar agar gorengan renyah dan bertahan lama.

9. Sajikan dan lahap langsung

Rahasia gorengan bertepung lahap di santap saat berada di resto adalah karena langsung disantap. Cara ini juga bisa kita terapkan di rumah sendiri. Usahakan menggoreng beberapa menit sebelum santap keluarga agar rasa renyah dan kriuknya membuat nikmat makan bersama.

Semoga bermanfaat. [jwt/resepkoki]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
tips menggoreng renyah
tips dapur
 
BERITA LAINNYA
 
 
 
TIPS
04 August 2018 06:11:20

Tips Simpan Beras agar Tidak Berkutu

 
TIPS
08 November 2018 08:00:03

Tips Hilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284