ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 16 Januari 2021 | 3 Jumadil Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
SUAMI ISTRI

Suami Istri Itu Busana yang Saling Menghangatkan

24 November 2020 17:40:31
Baiti Jannati, Samara
Ilustrasi, foto: Pinterest

ChanelMuslim.com- Dalam Alquran, Allah subhanahu wata’ala menyebut hubungan suami istri itu seperti libas atau busana. Dari istilah itu, suami istri adalah hubungan yang saling menghangatkan, yang saling menenangkan, dan yang saling melengkapi.

Dalam Surah Al-Baqarah ayat 187, Allah subhanahu wata’ala menyebut hubungan suami istri seumpama busana.

هُنَّ لِبَاسٞ لَّكُمۡ وَأَنتُمۡ لِبَاسٞ لَّهُنَّۗ 

“Mereka (istri-istrimu) adalah pakaian untuk kamu, dan kamu adalah pakaian untuk mereka.”

Penggalan ayat ini berkenaan dengan bolehnya makan dan minum, hubungan suami istri di malam bulan Ramadan. Menariknya, Allah menyebut istilah libas yang berarti pakaian atau busana untuk menggambarkan saling keterkaitan antara suami dan istri.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu menafsirkan istilah ini dengan pemberi ketenangan: mereka itu pemberi ketenangan untuk kamu, dan kamu pemberi ketenangan untuk mereka.

Sementara, Rabi’ bin Anas radhiyallahu ‘anhu menafsirkan istilah ini dengan selimut: mereka itu selimut untuk kamu, dan kamu selimut untuk mereka. (Tafsir Ibnu Katsir)

Ketenangan

Hidup ini merupakan area untuk menghadapi berbagai ujian. Semua sisi kehidupan selalu bermuatan ujian. Baik dan buruk, enak dan susah, bahagia dan menderita; selalu bermuatan ujian. Golnya dua: sabar dan syukur.

Sabar adalah tetap istiqamah ketika ujian berbentuk sesuatu yang tidak mengenakkan. Dan, syukur merupakan istiqamah saat ujian hidup berbentuk sesuatu yang menyenangkan.

Dua sisi ini: enak dan susah, selalu bergilir menghiasi semua sisi kehidupan. Tak seorang pun manusia yang bisa lari dari dua sisi ini. Saat itulah, dibutuhkan sebuah sarana untuk melahirkan ketenangan dari semua ujian itu.

Ketenangan itu tidak lahir dari satu sisi saja: istri atau suami. Melainkan, lahir dari dua sisi yang saling berkaitan satu sama lain: suami dan istri. Karena itulah hubungan suami istri tidak semata-mata kebutuhan biologis saja. Melainkan juga meliputi pemenuhan kebutuhan jiwa.

Selimut

Selimut menunjukkan sarana yang bisa memunculkan kehangatan di saat dingin. Selimut juga berarti pelindung tubuh agar istirahat bisa lebih nyaman. Kemewahan ini Allah anugerahkan untuk manusia agar istirahat mereka jauh lebih aman dan nyaman.

Perumpamaan hubungan suami istri sebagai selimut menunjukkan bahwa tidak ada rahasia di antara mereka berdua. Rahasia keduanya tersekat dalam selimut itu sendiri yang satu sama lain sudah saling tahu dan paham.

Selimut juga menunjukkan saling memberikan perlindungan terhadap kekurangan masing-masing. Manusia tidak bisa lepas dari salah dan khilaf. Tidak bisa luput dari berbagai kekurangan, baik fisik maupun psikis. Di situlah, peran suami istri.

Ketika seorang suami berada dalam posisi terhuyung ketika melakoni hidup di luar rumah, ia butuh ketenangan dan perlindungan saat tiba di rumah. Dan itu ia dapatkan dari keberadaan seorang istri. Begitu pun sebaliknya.

Ketenangan dan kehangatan dari hubungan suami istri ini menjadikan perjalanan hidup yang mendaki dan berat menjadi landai dan ringan. Tidak seorang pun yang bisa memberikan ketenangan dan kehangatan dari seorang suami kecuali istrinya. Begitu pun sebaliknya. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
baiti jannati
samara
 
BERITA LAINNYA
 
 
SUAMI ISTRI
09 April 2019 09:31:37

Tujuan Hubungan Suami Istri Setelah Menjadi Orang Tua

 
SUAMI ISTRI
04 September 2018 21:48:38

Shobrun Jamil, Bersabar Seperti Aisyah

 
SUAMI ISTRI
22 February 2020 10:08:28

Beda Komunikasi Pria Wanita: Basa Basi dan Canda itu Perlu

 
SUAMI ISTRI
04 December 2018 07:18:10

Ghibah yang Dibolehkan

 
SUAMI ISTRI
13 September 2018 10:45:20

Ibadah dan Suami

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284