ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 10 Desember 2019 | 13 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
PARENTING

Mengajak Anak untuk Belajar Islam ketika Ibu dan Ayah Berbeda Keyakinan

24 June 2019 13:30:51
mengajarkan,islam,orangtua,berbeda,keyakinan
pexels.com

ChanelMuslim.com – Santi pernah mengalami kegagalan dalam berumah tangga. Pernikahan pertamanya hanya berjalan lima tahun. Dia merasa tidak menemukan sosok imam dalam diri mantan suaminya. Mantan suaminya memilih menjadi seorang agnostik, percaya adanya Tuhan tapi tidak percaya pada agama.

Setelah setahun menjanda, ada seorang lelaki muslim yang bersedia memperistrinya. Suaminya kini banyak mengajarinya tentang Islam. Santi ingin sekali anak hasil pernikahan pertamanya bisa dididik berdasarkan agama Islam. hal ini terkendala dengan perbedaan keyakinan dengan ayah biologis anaknya yang juga ingin membimbing anak mereka. Bagaimana dia dan suaminya sekarang bisa memberikan pengaruh yang baik kepada anak mereka?

Anak-anak secara intuitif membutuhkan dan menginginkan adanya pedoman dan batas yang jelas tentang bagaimana mereka harus bersikap atau menjalani kehidupan meski mereka mungkin melakukan penolakan terhadap semua peraturan yang diberlakukan.

Dalam kasus perbedaan pola asuh antara ayah dan ibu yang berpisah dan masig-masing sudah berkeluarga lagi, yang paling penting untuk dikembangkan adalah hubungan dengan anak yang didasarkan pada cinta, rasa hormat, pengharapan yang jelas, dan menyenangankan.

Semua ini harus ditenun dengan rasa cinta kita kepada Allah SWT. Yang paling utama adalah memberikan teladan lewat perbuatan. Kita harus membantu anak untuk memahami melalui perbuatan  bahwa Allah adalah pusat terpenting dalam kehidupan kita. Allah yang memberi kita hidup dan pada akhirnya kita akan kembali kepada-Nya.

Segala peribadatan dan peraturan dalam Islam dicontohkan oleh orangtua dan tidak disampaikan dengan cara berkhotbah atau berceramah. Jika disampaikan dengan cara dipaksakan akan menjadi alasan bagi anak untuk melarikan diri kepada ayah biologisnya yang tidak menjalankan syariat Islam dengan baik. Jadi, yang pertama kita lakukan adalah menjalankan kehidupan dengan baik dan beribadah juga dengan baik. Mengajak anak untuk lebih menikmati ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Begitu bangun dari tidur, segera berwudhu dan berdoa kepada Allah agar selalu membukakan pintu hidayah kepada keluarga kita. Jangan lupa untuk mengajak anak berdoa bersama.

Ketika waktu makan tiba, buatlah acara makan bersama yang menyenangkan dan biasakan untuk berdoa sebelum makan berrsama Sertakan dia dalam membantu menyiapkan makanan dan merapikannya lagi setelah makan bersama usai. Dengan menambahkan kegiatan berdoa ke dalam aktivitas sehari-hari, kita akan membantunya memahami hubungan yang dia butuhkan dengan Allah.

Nikmati waktu bersama dengan anak. Bimbing anak dengan penuh kasih. Belajar dengan cara yang menyenangkan. Namun, ketika tiba waktunya untuk shalat, berhentilah dan ajak dirinya untuk shalat. Hal ini akan mengingatkan dirinya jika karena kita harus selalu mengutamakan Allah.

Jika pada awalnya dia tidak mau, maka biarkan dia duduk dan menonton aktivitas ibadah kita. Perlahan-lahan dorong dia untuk bergabung. Pada saat berdzikir, biarkan dia menggunakan tasbih untuk menghitung dzikir yang diucapkan. Pada saat dia mempunyai keinginan, ajak dia untuk membuat permohonan lewat doa. Dengan melakukan ini, kita membantunya untuk memupuk cinta kepada Allah.[Maya]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
mengajarkan
islam
orangtua
berbeda
keyakinan
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
12 March 2019 10:13:00

Mencari Teladan dari Seorang Ibu Single Fighter

 
PARENTING
25 July 2018 07:00:01

Mari Kita Cek Pola Pengasuhan Anak-Anak Kita

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284