ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 07 Juni 2020 | 16 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Anak Tukang Gosip, Berikut Tips Orang Tua Beri Edukasi

13 February 2019 13:45:06
Anak Tukang Gosip, Berikut Tips Orang Tua Beri Edukasi
photo by : pixabay

ChanelMuslim.com – Banyak anak yang suka membicarakan teman sebayanya, baik itu secara positif ataupun negatif. Ketika pembicaran masih bersifat positif, orang tua tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Namun, orang tua seharusnya mewaspadai kebiasan anaknya yang sering berbicara hal-hal negatif. Aktivitas anak tersebut bisa sering dilakukan bahkan menjurus pada pembicaraan tanpa fakta.

 Menurut salah satu profesor Psikologi, Kristina L McDonald mengatakan anak-anak yang beranjak remaja kerap membicarakan temannya supaya dia lebih disukai oleh kelompoknya. Kebiasaan bergosip akan membuat anak tersebut lekas populer dan menarik perhatian banyak orang.

Orang tua tak bisa membiarkan kebiasaan bergosip ini terjadi terus-menerus. Kristina L McDonald mengatakan, orang tua sebenarnya bisa membantu anak menghentikan kebiasaan tersebut sebelum kebablasan.

Cara pertama yang bisa dilakukan berupa mengajak anak berempati. Buatlah anak agar memiliki rasa empati terhadap kondisi orang lain. Kondisi tiap orang berbeda, maka cobalah mengedukasikan anak untuk berempati kepada teman-temannya.

Tidak ada yang mengetahui secara pasti, alasan teman anak yang diperbincangkan tersebut bersikap seperti itu. Sebagai orang tua tidak perlu menjelekkan pola asuh ibu lain. Hal ini justru akan membahayakan orang tua sendiri dan anaknya. 

Setelah anak diajak berempati, kenali anak dengan pembahasan yang berdampak negatif. Beritahukan efek dari kebiasaan mengosip seperti dosa yang didapat serta bisa menyakiti perasaan orang lain.

Tak lupa, gambarkan posisi ketika semisalnya anak sendiri yang menjadi korban gosip. 

Jika sang anak sudah bisa berempati dan mengetahui dampak negatif gosip, beritahukan pembicaraan yang sifatnya sensitif atau bahasan yang tidak perlu disebar terhadap orang sekitar.

Selain itu, orang tua perlu membantu dan mengarahkan anak pada kegiatan positif. Hal ini berupaya menghindari pembicaraan yang tidak perlu ataupun bahasan negatif. (Firda)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
01 January 2019 08:41:20

Refleksi Seorang Ibu

 
PARENTING
12 March 2019 10:13:00

Mencari Teladan dari Seorang Ibu Single Fighter

 
PARENTING
17 September 2018 11:33:52

Sekolah Pertama itu Dinamakan Ibu

 
PARENTING
11 January 2020 15:23:22

Depresi pada Anak Muda akan Meningkat di Tahun 2020

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284