ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
PARENTING

6 Tips untuk Membantu Anak Mengatasi Kecemasan

01 April 2019 09:35:42
tips,membuat,anak,fokus
pexels.com

ChanelMuslim.com - Anak-anak membutuhkan sedikit bantuan, sedikit harapan dan seseorang yang percaya pada mereka. Pada hari-hari sibuk orangtua sulit menjadi orangtua yang bisa memahami anak-anak. Pekerjaan yang datang seperti desingan peluru membuat kita sering kali abai pada kebutuhan mereka. Ketika anak-anak gelisah kita tidak punya waktu untuk menanyakan secara detil tentang apa yang sedang mereka alami dan rasakan. Kita mencari cara cepat agar mereka tenang kembali atau membuat mereka sibuk, salah satunya dengan membiarkan mereka akrab dengan gawainya.

Ketika ada waktu-waktu luang, sempatkanlah mengasuh anak dengan perlahan. Berilah kelonggaran dari rutinitas harian. Sedikit bersikap santai bersama anak-anak, saling berbagi cerita. Ayah Bunda akan mendapat kejutan dari anak-anak berupa cerita-cerita harian mereka. Si kakak yang ikut seleksi penulisan essai tingkat nasional atau adik yang membantu seorang nenek bersama teman-temannya.

Membuat anak-anak merasa nyaman berada di dekat orangtuanya adalah tugas penting kita. Membuat mereka bebas berekspresi dan tertawa bersama Ayah Bunda akan menumbuhkan sebuah semangat dan harapan bagi anak-anak kita. Mereka boleh bercerita tentang hari-hari mereka, Ayah Bunda juga bisa bercerita tentang hari-hari kerja di kantor. Kegiatan bercerita ini akan menumbuhkan kepercayaan, kebanggaan, empati dan menyuburkan kasih sayang.

Menghabiskan waktu dengan saling bercerita, bermain atau makan bersama adalah sebuah kegiatan yang mewah yang harus sering dilakukan. Waktu bersama menjadi waktu belajar bagi orangtua dan anak-anak. Semua pada akhirnya bisa saling memahami dan menghargai. Ada enam tips sederhana yang bisa Ayah Bunda lakukan agar anak bisa mengurangi atau menghilangkan kegelisahan dan kecemasan mereka sehingga mereka bisa lebih fokus dan konsentrasi, yaitu:

1. Akui perasaan mereka

Kita sering meminta anak-anak kita untuk berhenti berteriak dan menangis ketika mereka cemas atau kesal. Alih-alih, beri tahu mereka bahwa Ayah Bunda akan lebih memahami perasaan mereka yang sedang merasa kesal dan tidak bahagia jika mereka menjelaskan masalah dengan tenang. Ayah Bunda dapat membantu mereka merasa lebih baik.

2. Batasi waktu menonton dan bermain gawai

Selalu lebih mudah untuk menyerahkan pengasuhan anak kepada gawai. Padahal kita semua tahu efek dari penggunaan gawai pada anak-anak kita. Itulah sebabnya sangat penting untuk menemukan alternatif. Lebih memberikan selembar kertas dan beberapa pensil warna atau alat music kepada anak-anak. Ayah Bunda dapat menggandakan kebahagiaan dengan ikut serta dalam kegiatan menggambar, mewarnai atau bermain music. Banyak kegiatan hebat dan bermanfaat untuk membuat anak-anak sibuk.

3. Berikan arahan yang jelas dan mudah dimengerti

Jika Ayah Bunda ingin anak-anak melakukan sesuatu, maka uraikan instruksi untuknya. Buat kalimat yang singkat, jelas dan terus ulangi agar dimengerti oleh anak kecil Anda.

4. Biarkan mereka mengamati orangtuanya

Anak-anak adalah pengamat yang jeli. Jika Ayah Bunda ingin mereka melakukan sesuatu, Ayah Bunda harus menunjukkannya kepada mereka. Jadilah pemandu dan teladan mereka.

5. Bermain dan belajar

Bermain selalu menyenangkan. Ayah Bunda dapat mengajarkan anak-anak pelajaran hidup yang paling rumit melalui permainan yang menyenangkan dan menarik. Sebagian besar anak-anak adalah pembelajar audio dan visual. Teka-teki, permainan, dan kartu flash adalah cara yang menyenangkan untuk membantu mereka belajar.

6. Biarkan mereka merasakan kehadiran orangtuanya

Di atas semua hal duniawi yang dibutuhkan anak-anak kita, mereka membutuhkan kepastian, yang membuat mereka tahu bahwa ada orang dewasa yang mencintai mereka. Mereka membutuhkan cinta, dukungan, dan bimbingan tanpa syarat. Mereka perlu merasa nyaman saat mengekspresikan diri. Tidak peduli seberapa sibuk Anda, jangan pernah diamkan anak-anak yang berusaha mengekspresikan diri.

Selalu mudah untuk memenuhi kebutuhan materi anak-anak, tetapi agak sulit untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka. Memberi tahu anak-anak bahwa mereka aman, dan melibatkan mereka dalam kegiatan adalah cara terbaik untuk membantu mereka mengeksplorasi dan membangun fokus mereka. Begitu mereka telah mengembangkan keterampilan untuk fokus dan memberi perhatian, mereka akan siap untuk belajar keterampilan hidup lainnya juga. (Maya)

Referensi: firstcryparenting

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
tips
membuat
anak
fokus
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
21 March 2019 08:32:12

6 Tahap Tumbuh Bersama Buah Hati

 
PARENTING
28 July 2018 07:18:13

Mengapa Anak Kita Membully Orang lain

 
PARENTING
21 November 2018 06:15:46

Tangis Pemuda Andalusia

 
PARENTING
12 November 2018 09:44:49

Hijrah Fest 2018, Gaya Dakwah Generasi Milenial

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284