ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 15 Oktober 2019 | 16 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
OASE

KENALI DIRIMU

18 January 2018 10:25:15
KENALI DIRIMU

Allah telah menjadikan manusia memiliki karakteristik yang unik. Dalam mengarungi kehidupan yang terjal ini, Allah telah memberikan seperangkat alat pertahanan. Jika manusia itu mampu menggunakan dengan baik maka ia akan mampu bertahan di bumi ini. Setiap manusia itu telah diberi kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sikap yang tepat dalam mengelola kelebihan dan kelemahan adalah dengan mempertajam kelebihannya dan berusaha mengurangi kelemahannya. Memang manusia tidak akan pernah menjadi manusia yang sempurna, yang bisa dilakukan oleh manusia adalah berusaha untuk mendekati kesempurnaannya. 

Apakah engkau tahu, kenapa di dunia ini masih banyak orang yang tidak sukses? Orang yang tidak sukses itu disebabkan dua hal. Penyebab yang pertama, orang tersebut tidak tahu apa potensinya. Kedua, jikapun dia sudah tahu apa potensinya, dia tidak tahu bagaimana cara mengembangkan potensinya. Namun jika orang tersebut tahu apa potensinya dan tahu bagaimana cara mengembangkan potensinya maka orang tersebut sudah benar, berada pada jalur kesuksesan. Oleh karena itu, engkau harus kenal dengan dirimu sendiri. Engkau kenal dengan Penciptamu. Engkau harus tahu apa potensi, kelebihan, dan kekuranganmu.

Ada cara sederhana untuk mengenal potensi. Ada namanya kuadran potensi. Dalam kuadran potensi di bagi menjadi empat kuadran. Kuadran satu adalah potensi yang telah mampu engkau kembangkan. Pada kuadran ini baik dirimu dan orang lain sama-sama tahu potensimu misalnya engkau seorang wirausaha yang telah sukses, seorang pemain sepakbola internasional, seorang pakar bidang tertentu. Keduanya,  baik dirimu dan orang lain sudah sama-sama tahu, apa potensimu itu. Kuadran 2 ketika dirimu tahu potensimu namun orang lain belum tahu misalnya engkau sering menulis novel, novel yang engkau tulis belum diketahui oleh banyak orang. Padahal novel yang engkau tulis itu sangatlah bagus. Seandainya orang lain tahu akan kualitas novelmu maka novelmu akan menjadi best seller. Kuadran tiga adalah orang lain tahu apa potensimu sedangkan dirimu belum menyadari itu. Misalnya ketika engkau berbicara, orang lain tahu engkau memiliki potensi untuk berbicara yang mampu membuat orang terhipnotis dengan ide dan gaya bicaramu namun engkau belum sadar itu. Kuadran terakhir adalah kuadran empat yaitu ketika engkau dan orang lain sama-sama belum tahu apa potensi yang terpendam yang saat itu belum muncul. Bagaimana cara menemukan potensi terpendam ini, caranya adalah dengan mencoba dan mencoba. Ketika engkau mencoba melakukan sesuatu kemudian engkau merasa enjoy dan merasa mampu melakukan itu dengan baik maka engkau memiliki potensi di bidang tersebut.

Kenali dirimu sendiri, kenali potensimu, kenali kelebihan dan kelemahanmu. Asah terus kelebihanmu, kurangi kelemahanmu, teruslah konsisten. Dirimu akan mendekati sempurna walaupun tidak akan pernah menjadi sempurna. 

Kenali dirimu sendiri, kenali potensimu, kenali kelebihan dan kelemahanmu. Asah terus kelebihanmu, kurangi kelemahanmu, teruslah konsisten. Dirimu akan mendekati sempurna walaupun tidak akan pernah menjadi sempurna. 



Penulis : Randy A. Wibowo
Bergabung di Oase ChanelMuslim.com sejak 30 November -0001

Tanggung jawab isi konten tulisan member oase diluar tanggung jawab redaksi

Anda bisa mengirimkan tulisan untuk rubrik oase di halaman ini atau silakan melakukan registrasi untuk anda yang belum terdaftar disini.
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
OASE
19 October 2018 19:56:02

Kajian Menjaga Kesehatan Gigi

 
OASE
12 November 2017 08:40:13

Haji Tanpa Biaya Selangit

 
OASE
10 May 2019 22:00:37

Adab dan Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

 
OASE
02 May 2018 16:13:04

Wahai Ibu Berhentilah Sejenak

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284