ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 20 Oktober 2019 | 21 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
NASIHAT

Bisnis Titip Nyawa

01 November 2018 21:01:59
Nasihat, muhasabah
Ilustrasi, foto: Telegraph.

ChanelMuslim.com- Pada zaman dahulu, orang kesulitan jika ingin menitipkan uang atau emas. Tidak heran jika ada yang menyimpan uang atau emas mereka di bawah kasur, bawah lantai rumah, kolong lemari, dan lainnya.

Kerumitan kian menjadi jika barang berharga tersebut dalam jumlah besar. Tentu tidak akan cukup di bawah kasur, lemari, bawah lantai, dan seterusnya. 

Di zaman Nabi saw., para sahabat, dan tabiin; orang-orang kaya ada yang menitipkan harta mereka ke orang-orang saleh yang kuat dan amanah. Salah satunya, Zubair bin Awwam radhiyallahu ‘anhu.

Ketika beliau dalam keadaan menjelang wafat, harta-harta itu ia titipkan kepada putera beliau, Abdullah bin Zubair. Abdullah adalah seorang sahabat Nabi saw. yang tidak kalah kuat dan amanahnya seperti sosok sang ayah.

Baca Juga :
» Mundur
» Tahu
» Baik Buruk

Berapa harta yang diamanahi kepada Zubair dan kemudian diteruskan kepada puteranya, Abdullah? Perkiraannya, 2,2 juta dinar. Kalau 1 dinar bernilai 2,4 juta rupiah, bisa ditaksir betapa banyaknya harta titipan tersebut. 

Zaman kini, orang menitipkan uang dan benda-benda berharga mereka ke bank. Mereka tak perlu gusar kalau hartanya dicuri atau hilang. Karena pihak bank akan mengganti. Tentu dengan nilai jasa yang mereka saling sepakati.

Sebuah terobosan baru tentang transportasi, yaitu pesawat terbang. Dengan pesawat, jarak yang jauh bisa terasa dekat. Yang biasa ditempuh dalam waktu puluhan jam bahkan hitungan hari, bisa ditempuh sangat cepat. 

Jakarta menuju Pangkalpinang yang bisa ditempuh dalam hitungan hari dengan mobil dan kapal, hanya butuh waktu satu jam dengan pesawat. Hemat waktu, hemat tenaga. 

Dengan keberadaan pesawat ini pula, ulama membahas ulang soal rukhshah atau keringanan shalat jama’ dan puasa wajib. Dari nilai jarak memang ada rukhshah. Tapi jika dengan pesawat, rukhshah seperti tak lagi dibutuhkan. 

Sisi keunggulan pesawat memang melampaui semua kendaraan yang ada di bumi. Tapi, sisi bahayanya juga tak kalah melampauinya dengan mobil, kereta, bahkan kapal laut sekalipun. 

Kalau mobil, kereta, dan kapal mengalami mogok mesin, resikonya perjalanan bisa tertunda. Tapi bagaimana jika yang mogok mesin pesawat terbang yang sedang mengudara dengan ratusan penumpang? Wow, tak ada kata tunda. 

Kembali ke bisnis titip harta berharga seperti uang dan emas. Jika yang dititipkan hilang atau kecurian; bank akan ganti seutuhnya. Tapi bagaimana dengan pesawat terbang.

Bisnis pesawat terbang seperti bisnis titip benda yang paling berharga yang dimiliki manusia. Apalagi kalau bukan nyawa. 

Kalau uang atau emas yang dititipkan ke bank hilang bisa diganti. Tapi, bagaimana jika nyawa yang melayang. Tak akan bisa terganti dengan nilai apa pun. 

Nyawa hanya satu, sekaya apa pun dan seberkuasa bagaimana pun seseorang. Jika yang hanya satu ini hilang, tak akan bisa tergantikan untuk selamanya. 

Wahai para pebisnis pesawat terbang, yang tertitipkan kepada Anda adalah nyawa. Sekali lagi, nyawa dan nyawa. Jangan pernah bermain-main dengan nyawa manusia, sebesar apa pun keuntungan yang Anda raup.

Dan wahai para konsumen, yang kita titipkan ke mereka bukan uang atau emas yang bisa kita maklumi jika hilang, karena gantinya bisa dikejar. Nyawa kita hanya satu, telitilah kepada siapa akan kita titipkan, semurah apa pun biaya jasa yang mereka tawarkan. (muhammad nuh)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
nasihat
muhasabah
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIHAT
07 December 2018 09:38:26

Monas

 
NASIHAT
02 March 2019 06:16:48

Si Raja Bohong

 
NASIHAT
14 December 2017 13:30:40

Al-Quds

 
NASIHAT
16 October 2018 08:58:20

Alam

 
The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284