ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 20 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
NASIHAT

Alam

16 October 2018 08:58:20
Nasihat, muhasabah
Ilustrasi, foto: liputan6.com.

ChanelMuslim.com- Alam adalah benda mati. Ia terdiri dari langit, bumi, air, udara, dan lainnya. Allah swt. menyediakan alam sebagai sarana kehidupan manusia.

Alam Allah ciptakan dengan aturan dan hukum yang bisa dipelajari. Ada pergerakan benda-benda angkasa yang pasti, sehingga malam tidak mendahului siang dan begitu pun sebaliknya. Begitu pun dengan bilangan hari, pekan, bulan, dan tahun yang merujuk pada hukum alam yang pasti.

Alam memberikan dinamikanya untuk kemaslahatan umat manusia. Air yang memfasilitasi kehidupan: tumbuhan, hewan, dan manusia. Siklusnya demikian apik, terkendali, dan sangat sempurna. 

Alam, selain seribu satu maslahatnya, juga sebagai pembunuh berdarah dingin, selain juga manusia. Ada ancaman alam yang bisa diprediksi, seperti banjir, gunung meletus, badai, dan lainnya. Ada juga yang tidak bisa diprediksi, seperti gempa, tsunami, dan lainnya.

Alam adalah benda mati. Ketika ia memberikan kemaslahatan,  jangan katakan sebagai kebaikan alam. Karena, ia benda mati yang tidak bisa memberikan kebaikan sedikit pun.

Baca Juga :
» Toleransi
» Natal
» Bahagia

Alam adalah benda mati. Ketika ia memberikan bencana, jangan katakan sebagai kemurkaan alam. Karena, ia benda mati yang tidak bisa memberikan kemudharatan sedikit pun. 

Alam, seperti halnya alat musik organ, bisa menghasilkan nada-nada sendu yang menenteramkan. Sebaliknya, juga bisa menghasilkan nada-nada pilu yang menakutkan. 

Alam, seperti halnya organ, sama sekali tidak bisa memilih, apalagi memainkan irama apa yang menenteramkan dan menakutkan. Ada yang hidup yang menguasai organ sehingga menghasilkan irama yang ia sukai.

Alam, dengan berbagai dinamika yang terjadi di atasnya: kemakmuran dan bencana, telah memperlihatkan siapa yang pandai dan siapa yang bodoh. 

Baca Juga :
» Asuh
» Baik Buruk
» Lilin

Alam, untuk mereka yang bodoh, dijadikan titik akhir penilaian. Air yang jernih dan penuh mineral dianggap sebagai kebaikan alam. Gempa terjadi karena adanya pergeseran lempeng bumi, dan seterusnya. 

Alam, untuk mereka yang pandai, dijadikan sebagai titik antara dari Yang Maha Pemilik dan Penguasa. Alam tak lebih sebagai instrumen untuk menunjukkan keridhaan dan kemurkaanNya.

Alam, Allah swt. ciptakan sebagai sarana multi dimensi: untuk kehidupan, untuk menyuburkan rasa syukur kepadaNya, juga sebagai pengingat agar memohon ampun melalui teguran dan azabNya, agar kita bisa kembali dekat dan berbakti kepadaNya. (muhammad nuh)

 

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
nasihat
muhasabah
 
BERITA LAINNYA
 
 
NASIHAT
27 February 2018 19:20:04

Teratai

 
NASIHAT
20 August 2018 14:32:26

Arafah

 
NASIHAT
17 December 2018 07:16:12

Asuh

 
NASIHAT
27 February 2019 09:51:52

Pesan Ustad Maulana agar Hidup Lebih Bahagia

 
NASIHAT
29 May 2018 15:27:09

Kompetisi

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284