SAHABAT Muslim, tahukah kamu bahwa ada syarat-syarat bolehnya melakukan amar ma’ruf nahi mungkar? Sebagai seorang Muslim, tentunya sudah menjadi kewajiban kita untuk mengajak orang lain melakukan kebaikan dan mencegah dari kemungkaran.
Namun, apa saja syarat-syarat yang perlu kita perhatikan?
Baca Juga: Amar Ma’ruf Nahi Munkar dengan Ilmu dan Kelembutan
Syarat-Syarat Bolehnya Melakukan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar
Assyaikh Al-Allamah Muhammad Ibnu Shalih Al-Utsaimin rahimahullah
لا بد للأمر بالمعروف والنهي عن المنكر من شروط :
١. أن يكون الآمر الناهي عالما بحكم الشرع، فإن كان جاهلا فإنه لا يجوز أن يتكلم
٢. أن يكون عالما بأن المخاطاب قد ترك المأمور أو فعل المحذور، فإن كان لا يدري فإنه لا يجوز له أن يفعل، لأنه حينئذ يكون قد قفا ما ليس له به علم وقد قال الله تعالى : “ولا تقف ما ليس لك به علم إن السمع والبصر والفؤاد كل أولئك كان عنه مسئولاً “
٣. أن لا يترتب على النهي عن المنكر ما هو أنكر منه فإن ترتب على ذلك ما هو أنكر منه فإنه لا يجوز من باب درء أعلى المفسدتين بأدناها.
Dalam amar ma’ruf nahi munkar harus terpenuhi syarat-syaratnya:
1. Hendaklah dia mengetahui terhadap hukum syar’i, jika dia tidak mengetahui, maka tidak boleh dia berbicara (untuk memerintahkan atau melarang sesuatu yang tidak dia ketahui hukumnya dalam islam).
2. Hendaklah dia mengetahui(dengan memastikan) bahwa orang yang sedang ditujukan padanya pembicaraan benar-benar telah meninggalkan perkara yang diperintahkan atau melakukan perkara yang dilarang, jika dia tidak mengetahui maka tidak boleh dilakukan, karena dia ketika itu sungguh telah mengikuti sesuatu yang tidak dia ketahui,
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
{ وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا } [الإسراء: 36].
Artinya:
Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya akan ditanya (untuk dipertanggungjawabkan pada hari kiamat) (Q.S al-Israa’ : ayat 36)
3. Tidak menyebabkan kemungkaran yang lebih besar, jika menyebabkan kemungkaran yang lebih besar, maka tidak boleh, hal ini termasuk dalam bab mencegah yang paling besar dari dua mafsadat dengan yang terendah.
Diringkas dari:
Syarh riyadhussalihin jilid I hal 386-387.
[Cms]
Alih bahasa:
Abu Fudhail Abdurrahman Ibnu Umar غفر الرحمن له.
https://t.me/alfudhail