ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Seumpama Peci dan Sepatu

07 July 2020 13:27:41
nasihat, muhasabah, khazanah
Ilustrasi, foto: Tokopedia

ChanelMuslim.com- Dua bagian dari busana keseharian ini menarik buat disimak: peci dan sepatu. Peci selalu berada di atas, sementara sepatu tak pernah berada di posisi lain kecuali di bawah.

Peci dan sepatu seperti menunjukkan nilai kehormatan yang berbeda. Peci seolah lebih mulia dari sepatu. Perhatikanlah, apa yang lebih dulu dikenakan saat masih di dalam rumah? Jawabannya peci, sementara sepatu baru dipakai ketika akan meninggalkan rumah.

Begitu pun ketika tiba di lokasi tujuan. Apa yang lebih dulu ditanggalkan dan ditinggalkan? Jawabannya sepatu, sementara peci bisa tetap terpakai atau dibuka di saat keadaan tertentu di dalam ruangan. Cara pelepasannya juga berbeda. Sepatu kadang dilepas hanya dengan kaki saja, bergantian. Tapi peci, tidak pernah dilepas dengan kaki, melainkan dengan tangan.

Ketika di momen-momen terhormat seperti bercermin, berfoto sendiri atau bersama, pertemuan, dan sejenisnya; peci lebih pantas hadir daripada sepatu. Kalau pun hadir, sepatu tak pantas tampil mencolok. Ia selalu tersembunyi di posisi bawah.

Yang paling mencolok ketika si pemakai memasuki tempat paling mulia di muka bumi: masjid, peci tak pernah merasa gusar kalau dirinya akan dilepas. Tapi sepatu, si pemakai bisa dibilang tak waras jika ia disertakan kedalam ruang yang bersih dan suci itu.

Kalau ditanya lebih mulia mana peci dan sepatu? Mungkin bisa dijawab peci berdasarkan posisinya seperti itu di banding sepatu.

Namun, jika ditanya, si pemakai akan lebih memilih mana saat akan keluar rumah: peci atau sepatu? Rasanya, tak ada yang mau mengenakan peci tanpa sepatu. Sementara, banyak yang mengenakan sepatu tanpa peci.

**

Ternyata, kehormatan atau kemuliaan sesuatu tidak bergantung di posisi mana ia berada. Keikhlasan dan pengorbanan yang tuluslah yang sebenarnya memposisikan sesuatu menjadi lebih terhormat atau mulia. Walaupun ia tak pernah di posisi atas, dan walaupun ia terkesan seperti diinjak. (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
nasihat
muhasabah
khazanah
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
KHAZANAH
08 August 2017 08:26:11

Hikmah Islam Melarang Pelihara Anjing dalam Rumah

 
KHAZANAH
02 February 2020 08:30:01

Bercerai, Ini Hukum Mantan Mertua dalam Islam

 
KHAZANAH
04 November 2018 14:27:00

Pelangi Sempurna di Kota Nabi

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga