ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 04 Juni 2020 | 13 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KHAZANAH

Mengenal Fenomena Bioluminescence dan Algae Blooms

27 December 2019 23:04:12
Mengenal Fenomena Bioluminescence dan Algae Blooms
Foto: rmollampung

ChanelMuslim.com - Akhir-akhir ini, publik dihebohkan oleh dua fenomena langka yang terjadi di perairan Indonesia. Tepatnya, di pesisir pantai Padang dan pantai Lampung. Pertama, fenomena yang disebut Bioluminescence, peristiwa ini membuat sebagian air laut bersinar dalam gelapnya malam. Kemudian, yang kedua adalah fenomena Algae Blooms, peristiwa ini membuat munculnya banyak buih berwarna putih menyerupai busa yang menyelimuti pantai.

Pertanyaannya adalah, apa kita sudah pernah mendengar dua istilah itu sebelumnya? Dan apa yang menyebabkan dua fenomena itu terjadi? Sebenarnya, dua fenomena ini sudah lama terjadi di luar negeri, seperti Taiwan, serta beberapa kali juga sudah pernah terjadi di Indonesia. Namun, baru viral akhir-akhir ini sebab ada netizen yang mengunggah foto saat dirinya berada di tempat di mana fenomena ini terjadi yang dianggap unik dan indah oleh masyarakat Indonesia sehingga jadi ramai diperbincangkan.

Sebenarnya, belum banyak yang mengetahui terkait fenomena tersebut. Oleh sebab itu, kita harus memahami sedikit terkait fenomena ini sehingga tidak sekadar menggagumi tanpa tahu apa yang terjadi.

Mari mengenal Bioluminescence terlebih dahulu. Arti dari bioluminescence adalah emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Karena ini terjadi di perairan, maka bioluminescence ini dihasilkan dari biota laut seperti plankton, fitoplankton, ubur-ubur, dan lainnya.

Biasanya, biota laut itu bersinar karena sedang membela diri dari ancaman, menarik perhatian biota laut lainnya, atau memang cara berkomunikasinya seperti itu. Selain itu, Bioluminescence yang terjadi di perairan Indonesia ini terbilang sangat unik karena biasanya hal ini terjadi di teluk, bukan pesisir pantai. Oleh sebab itu, diperlukan pengambilan sampel untuk melakukan penelitian lebih lanjut lagi terkait hal ini.

Air yang menyala sebagian ini juga memiliki dampak. Dampaknya adalah seperti yang dilansir dari infia.co pada Jumat (14/6/2019) lalu, saat air laut berwarna biru terjadi di perairan Taiwan, dijelaskan bahwa bioluminescence menyebabkan kerusakan pada ekosistem laut. Banyak hewan laut yang ada di sekitarnya menjadi keracunan karena air menjadi tercemar karena peristiwa ini.

Mengenal Fenomena Bioluminescence dan Algae Blooms

Foto: IG @ayokekrui

Kemudian, fenomena kedua yaitu algae blooms. Arti algae blooms adalah ledakan alga yang terjadi karena ledakan jumlah populasi plankton yang cukup besar. Dalam beberapa kasus lain, air laut bisa berubah menjadi berwarna hijau, merah atau warna lainnya tergantung warna dari spesies alga itu sendiri. Tetapi di Lampung, Algae blooms menyebabkan banyaknya buih seperti busa. Penyebabnya, menurut Agus Setyawan, Dosen Ilmu Kelautan Universitas Lampung, adalah karena berasal dari tingginya jumlah nutrien limbah pertanian, perternakan, perikanan, dan juga adanya pancaran sinar matahari yang dominan, seperti yang dilansir oleh hetanews.com pada Rabu (25/12/2019).

Kemudian, sama seperti bioluminescence. Algae blooms ini pun memiliki dampak yang sangat luar biasa terhadap laut. Ledakan alga ini menyebabkan ikan-ikan banyak teracuni. Selain itu, algae blooms menutupi permukaan perairan sehingga menyebabkan deplesi oksigen dan juga gangguan fungsi mekanik dan kimiawi pada insang ikan.

Setelah mengenal sedikit tentang bioluminiscence dan algae blooms, lpada dasarnya, Sobat ChanelMuslim harus selalu berhati-hati ya, apabila ingin melihat fenomena ini secara langsung serta menjaga ekosistem laut yang terkena dua peristiwa ini. Tetap menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang limbah ke laut terutama limbah dari rumah tangga.[ind/Camus]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
mengenal fenomena bioluminescence dan algae blooms
 
BERITA LAINNYA
 
 
KHAZANAH
28 May 2020 09:21:43

Jangan Merasa Tak Berdaya, Ibu

 
KHAZANAH
03 October 2018 21:03:12

Coretan Kecil Mengingat Peristiwa Gempa Palu

 
KHAZANAH
12 May 2020 07:00:02

Sebelas Amalan yang Mendatangkan Rizki

 
KHAZANAH
26 June 2018 21:04:04

Tolak Uangnya dan Tolak Orangnya

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284