ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 09 Desember 2019 | 12 Rabiul Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
 
Jasa Aqiqah Murah, Budget Aqiqah, Kambing Aqiqah Murah, Aqiqah Tangerang
 
KESEHATAN

Menjaga Kodisi Kesehatan Ibu Pasca Melahirkan

19 March 2018 16:38:26
kesehatan, ibu,kehamilan, melahirkan, pemeriksaan
Foto: Achisukro

ChanelMuslim.com – Proses kehamilan hingga persalinan bukanlah hal yang mudah dilalui. Banyak terjadi perubahan hormonal dan fisikal yang tentunya membutuhkan ekstra adaptasi bagi ibu hamil. Namun, hal tersebut belumlah berhenti sampai di situ. Kondisi kesehatan wanita juga harus dijaga pasca melahirkan.

Dikutip dari Klikdokter, beberapa pemeriksaan berikut harus dilakukan pasca melahirkan dengan kondisi normal berikut.

Dalam 24 Jam Pertama

Dalam 24 jam pasca melahirkan umumnya ibu masih menjalani perawatan dengan menggunakan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, atau klinik bersalin. Ibu akan menjalani pemeriksaan tanda-tanda vital seperti tekanan darah, denyut jantung, dan jumlah darah yang keluar dari vagina. Selain itu, dokter maupun bidan akan menanyakan rasa nyeri dan intensitasnya.

Dalam 48-72 Jam

Bila ibu menjalani persalinan alami tanpa penyulit apapun, umumnya di hari ketiga, ibu sudah tidak dirawat dengan fasilitas kesehatan lagi. Sebelum pulang ke rumah, umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan suhu dan jumlah perdarahan.

Bila ibu mengalami demam (suhu tubuh di atas 37,5oC), biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan darah untuk melihat apakah ada tanda infeksi atau tidak. Selain itu, jumlah perdarahan pun akan dipantau karena seharusnya di hari kedua dan ketiga, jumlah darah yang keluar tidak sebanyak hari pertama.

Akhir Minggu Pertama Atau Minggu Kedua

Seminggu atau dua minggu pasca persalinan, ibu dianjurkan untuk melakukan kontrol ke dokter kandungan atau bidan untuk melakukan beberapa pemeriksaan mengenai hal-hal berikut ini, yaitu:

o Ukuran rahim. Dokter akan memeriksa apakah rahim sudah kembali ke ukuran semula atau yang disebut involusi melalui pemeriksaan fisik dan ultrasonografi (USG).

o Luka bekas jahitan. Bila ibu melahirkan normal, dokter akan memeriksa kondisi area vagina dan jahitan (bila ada robekan saat persalinan). Dokter akan menilai apakah masih ada iritasi dan apakah bagian yang telah dijahit sudah tampak menyatu.

Enam Minggu Pasca Persalinan

Setelah selesai masa nifas atau sekitar enam minggu pasca persalinan, ibu akan menjalani pemeriksaan darah untuk melihat apakah ada anemia (kekurangan sel darah merah) atau tidak. Selain itu, di waktu ini ibu juga bisa berdiskusi dengan tenaga medis mengenai pilihan kontrasepsi yang akan digunakan.

Itulah beberapa pemeriksaan penting untuk menjaga kondisi kesehatan ibu pasca melahirkan. Jadi, jangan lupakan dokter kandungan dan bidan ya, Bunda! (Wnd)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
kesehatan
ibu
kehamilan
melahirkan
pemeriksaan
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
30 April 2019 10:00:02

Cara Mencegah Bibir Kering Saat Puasa

 
 
KESEHATAN
02 January 2019 07:00:01

6 Manfaat Kesehatan Konsumsi Paprika

iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
Manajemen Masjid Berbasis Ekonomi Kreatif 4.0
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284