ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 29 November 2020 | 14 Rabiul Akhir 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Lima Manfaat Sarapan Oatmeal bagi Kesehatan

16 November 2020 07:00:01
Oatmeal, manfaat sarapan oatmeal,
Ilustrasi (From My Bowl)

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim oatmeal diyakini salah satu pilihan sarapan sehat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh lho. Apalagi bagi yang sedang menjalani program makanan sehat karena penyakit jantung dan diabetes, oatmeal sangat bagus dikonsumsi.

Dilansir laman hellosehat menuliskan bahwa banyak ahli medis dan ahli gizi menyarankan pasien penyakit jantung maupun diabetes untuk rutin mengonsumsi oatmeal. Karena oatmeal dapat menjaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal.

Oatmeal kaya akan serat, dan juga dilengkapi protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang berfungsi untuk menghasilkan energi.

Berikut manfaat konsumsi oatmeal untuk sarapan pagi:

1. Oatmeal Bisa Menurunkan kolesterol

Oatmeal kaya akan serat larut yaitu jenis serat yang juga terdapat pada apel dan pir. Jenis serat larut sanggup menghambat penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol “jahat”. LDL diketahui merupakan salah satu pemicu serangan stroke dan jantung. Manfaat oatmeal inilah yang dapat menurunkan kolestrol secara tepat.

2. Oatmeal Melindungi Kesehatan Jantung

Oatmeal juga mengandung senyawa kimia lignan yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Selain oatmeal, lignan juga terdapat pada aprikot, biji rami, serta brokoli.

Sebuah studi menyatakan bahwa pria yang memiliki risiko gagal jantung dapat menurunkan risikonya dengan mengonsumsi setidaknya 1 mangkuk oatmeal setiap hari.

Lima Manfaat Sarapan Oatmeal bagi Kesehatan Oatmeal Breakfast (Source: Delish)

3. Oatmeal Membuat Kenyang Lebih Lama

Oatmeal mengandung banyak serat sehingga mencegah kita merasa kelaparan sampai waktu makan siang. Penelitian di tahun 2014 yang dipublikasikan Nutrition Journal menunjukkan bahwa partisipan yang sarapan oatmeal merasa lebih lama kenyang dibandingkan partisipan yang makan sereal dalam porsi sama.

4. Oatmeal bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Disamping memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, kandungan serat dalam oatmeal juga mampu menurunkan risiko hipertensi.

Ada rekomendasi bagi wanita menopause yang lebih rentan memiliki darah tinggi agar mengonsumsi setidaknya 6 porsi oatmeal maupun sereal biji-bijian lain setiap minggu.

5. Oatmeal Memiliki Harga yang Terjangkau

Ada banyak produk oatmeal yang tersedia di berbagai pasar swalayan dan harganya rata-rata tidak mahal. Selain menyehatkan tubuh, kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

Masya Allah, banyak sekali manfaat oatmeal. Tapi memang rasa oatmeal akan hambar jika hanya mengkonsumsi oatmeal tanpa tambahan makanan lainnya.

Biasanya oatmeal akan dicampur dengan aneka buah-buahan, biji-bijian, kurma dan madu agar rasa oatmeal menjadi lezat dan bervariasi. Jika ingin memilih oatmeal menjadi salah satu pilihan sarapan maka beranikah berkreasi untuk mendapatkan manfaat maksimal dari oatmeal.

Semoga menginspirasi. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
oatmeal
manfaat sarapan oatmeal
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
10 April 2019 07:00:02

Kiat Hidup Sehat untuk Keluarga Muslim

 
KESEHATAN
22 November 2017 21:47:06

Waspada, Golongan Darah O Lebih Disukai Nyamuk

 
KESEHATAN
19 September 2020 10:37:43

Ubi Jalar, Obat Ampuh bagi Penderita Sugar Craving

Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284