ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13 Rabiul Awwal 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
KESEHATAN

Anak Batuk Berdahak, Dokter Eni Gustina Bagikan Cara Penanganannya

20 February 2019 21:04:11
Anak Batuk Berdahak, Dokter Eni Gustina Bagikan Cara Penanganannya
Foto : syarifah zahrina firda/ChanelMuslim

ChanelMuslim.com – Saat musim pancaroba, cuaca yang berubah mengubah tekanan udara, suhu, serta komposisi udara. Hal ini menciptakan kondisi yang sesuai untuk tempat berkembangnya kuman dan virus.

Adanya cuaca berubah dan penyebaran virus, anak seringkali mengalami batuk berdahak. Banyak orang tua, khususnya para ibu yang masih menganggap sepele batuk berdahak sang anak.

Menurut Dokter Eni Gustina, Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Indonesia, orang tua harus memastikan batuk yang diderita anak berpotensi biasa saja atau justru akan berbahaya.

“Saat batuk, cek tenggorokan enak atau ngga saat nelen makanan. Itu tanda awalnya. Kalau para ibu memastikan anaknya, memang agak sulit ya. Tapi cek, apa anak itu beringus atau demam,” ujar dokter Eni Gustina saat ditemui ChanelMuslim.com di acara konferensi pers Bisolvon, Jakarta, Selasa (19/02).

Saat mengalami batuk, para ibu tidak boleh langsung memberi atau menganjurkan untuk minum obat antibiotik. Berikan obat yang aman terlebih dahulu. Obat tanpa resep yang boleh dijualbelikan secara bebas banyak di toko ataupun apotek, kecuali antibiotik karena obat tersebut hanya bisa diresepkan oleh dokter.

Pilihlah obat yang aman dan sudah terdaftar di BPOM. Hal ini disebakan, obat yang sudah terdaftar teruji khasiatnya.

Anak-anak yang sudah berikan obat, tapi batuk masih belum hilang perlu dibawa ke dokter. Hal ini penting, terlebih saat anak sudah dua minggu lebih merasakan batuk berdahak. Model batuk berdahak pun harus paling dikhawatirkan, sebab ditakutkan terjadi infeksi berkelanjutan.

Selain itu, ketika anak sedang mengalami batuk berdahak dianjurkan untuk tidak memakan gorengan, minum air dingin atau permen. Hal ini disebabkan bisa memperburuk batuk berdahak.

Namun, tergantung daya tubuh masing-masing. Jika daya tubuh kuat, efek makanan atau minuman tersebut tidak terlalu parah.

Kalau daya tahan tubuh menurun, badan panas, demam, batuk bahkan lebih dari dua minggu ditakutkan akan ada terjadi infeksi. Jadi sebaiknya memang dihindari,” tutupnya. (Firda)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
BERITA LAINNYA
 
 
KESEHATAN
21 January 2019 06:09:19

Mengenal Penyakit Kanker Usus

 
KESEHATAN
28 June 2018 13:34:56

Bahaya Kesehatan Minum dengan Sedotan Plastik

Saksikan tren modest wear terkini dari 164 designer modest fashion Indonesia dalam ajang Modest Fashion Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber, dan Indonesia Halal Lifestyle Cent
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284