ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 23 Februari 2020 | 29 Jumadil Akhir 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
FASHION

Terapkan Zero Waste, Ini 4 Hal yang Diterapkan Desainer Najua Yanti di Workshopnya

16 December 2019 09:00:01
Zero Waste, NajuaModestSyariXBellabaric, penerapan Zero Waste NajuaModestSyariXBellabaric, Fashion,
NajuaModestSyariXBellabaric Instagram

ChanelMuslim.com - Sahabat muslim, kesadaran para desainer di ranah fashion untuk menjadikan produk mereka ramah lingkungan kini sudah mulai besar. Hampir mereka menerapkan prinsip ini dalam kegiatan workshop mereka. Termasuk dengan Desainer Najua Yanti.

Pemilik dan Desainer dari NajuaModestSyariXBellabaric mengaku bahwa dirinya bersama timnya telah menerapkan konsep Zero Waste ini.

"Zero waste yang dilakukan di workshop/studio kami, adalah langkah mengusahakan pemakaian material pada sebuah alur produksi yang pada akhir nya, tanpa terbuang sama sekali. Ini dilakukan karena semakin hari sampah/limbah industri makin menumpuk, dan belum tentu sampah itu bisa langsung tereduksi/hilang/habis di TPA. Karena sifat bahan baju itu sebagian adalah alot, serat nya, dan lama terurai tanah," sebut Najua kepada ChanelMuslim.com.

Najua menyebutkan 5 hal yang telah mereka lakukan terkait dukungan mereka dengan Zero Waste:

1. Dalam proses cutting

"Kepala produksi kami, memikirkan peletakan kertas pola sehingga optimal, tidak terlalu banyak bahan terbuang,' ucap Najua.

Terapkan Zero Waste, Ini 4 Hal yang Diterapkan Desainer Najua Yanti di Workshopnya

2. Dalam proses produksi/penjahitan/finnishing

"Sebisa mungkin, bagian-bagian kecil dari konstruksi baju, diusahakan memakai sisa cutting pola yang besar. Contoh: kantong, manset, bef, kerah, list atau aplikasi ornamen," terang Najua.

3. Bagian ornamen

Ornamen yang dimaksud, adalah detail pada busana, yang bisa menggunakan sisa potongan bahan tersebut. Seperti: aplikasi inisial, garis/stripe, sebagai detail pada baju, atau asesori baju yang pengerjaan nya biasanya dilakukan dengan gunting manual bukan mesin.

"Misal: bros-bros yang dibuat dari bahan sisa produksi. Produksi bros, ini malah, pada beberapa waktu lalu, brand owner/disainer sendiri, membuat pelatihan, bagi ibu-ibu rumah tangga, yang sebagian, pada akhirnya, bekerja di workshop, mencari tambahan untuk keluarga atau berjualan bros itu sendiri, setelah mahir melakukan nya," cerita salah satu Founder dari Hijabersmom Community ini.

Terapkan Zero Waste, Ini 4 Hal yang Diterapkan Desainer Najua Yanti di Workshopnya Penggunaan ornamen Pita pada koleksinya

Najua mengatakan prinsip zero waste ini sebagai langkah untuk berusaha menjadikan industri fashion sebagai industri sustainable.

"Dapat berlanjut penerapannya seperti ini, eco friendly, termasuk ramah lingkungan dalam kaitan pemberdayaan wanita, agar lebih mandiri, dan ikut membantu kesejahteran keluara mereka sendiri," jelasnya.

4. Sisa Produksi di Salurkan kepada pengepul bahan sisa atau pemulung

Jika masih terdapat bahan sisa produksi, walau jumlahnya mungkin sedikit sekali, biasanya brand owner/disainer meminta agar sisa/sampah tersebut, dikumpulkan dengan maksud diberikan/diambil ke pengepul bahan sisa, atau pemulung, secara free.

Terapkan Zero Waste, Ini 4 Hal yang Diterapkan Desainer Najua Yanti di Workshopnya Najua menerapkan konsep Zero Waste dalam produksi fashionnya

"Dengan harapan biasanya mereka dapat menjual kembali ke tempat industri berbasis pelatihan seperti BLK. Untuk dijadikan produk kerajinan. Misal: keset, cempal, dll. Di daerah kami, sentra produksi tsb biasanya ada di PIK, dan BLK kelurahan/kecamatan setempat," jelas Mom Najua.

Tak hanya itu, dalam koleksi terbarunya UK ???????? I’m in Love 2 season trend 2020. Najua juga menerapkan Zero Waste.

Hasil penerapan Zero Waste bisa dilihat pada pemakaian pita-pita list bar, aplikasi inisial, detail kantong, dan lain-lain yang penerapannya itu diusahakan dengan azaz ZERO WASTE.

"Sustainably fashion juga dilakukan dengan pemakaian bahan baku yang mudah dicuci todak memerlukan detergen/bahan kimia khusus, misal di dry clean, (kalau perlu, tidak usah disetrika). Dan model nya diusahakan “timeless” alias berpotongan klasik, sehingga bisa dipakai di season apapun/waktu kapanpun/acara apapun," terang Najua lagi.

Tak hanya itu, Najua juga menerapkan model koleksinya yang bisa di mix match, sehingga prinsip sustainably benar teraplikasi.

"Bikin lemari baju gak “gendut” karena menumpuknya baju-baju yang “tidak diperlukan”, karena bisa dipakai kapan saja," tutup Najua.

Sukses untuk Zero Wastenya. [jwt]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
toko bunga bogor, jual bunga papan, bunga papan, budget florist
 
TOPIK :
zero waste
najuamodestsyarixbellabaric
penerapan zero waste najuamodestsyarixbellabaric
fashion
 
BERITA LAINNYA
 
 
FASHION
03 August 2018 17:13:34

Hijup Gali Potensi Belanja di Makassar

 
FASHION
24 December 2018 11:32:53

Rifdatul Khoiro Kenalkan Batik Jambi

Bantu Korban Banjir Jakarta bersama CHANELMUSLIM
 
 
Muslim Fashion Festival 2020
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
 
TERPOPULER
 
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284