ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Rabu, 05 Agustus 2020 | 16 Zulhijjah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
PARENTING

Minta Pertanggungjawaban, Mahasiswi UIN Dibunuh Pacarnya

16 December 2019 10:12:30
hamil,pergaulan,bebas,luar,nikah,anak,pemuda
pexels..com

ChanelMuslim.com - Kerabat dan teman-teman almarhum Asmaul Husna, mahasiswi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) yang ditemukan tewas di kamar kosnya, terus berdatangan dan memenuhi halaman depan kantor Polda Sulsel. Jasad Asmaul Husna ditemukan pada Sabtu 14 Desember 2019 lalu.

Mahasiswi semester VII Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin tersebut, diketahui sedang hamil 4 bulan saat dibunuh oleh pacarnya sendiri, Ridhoyatul Khaer.

Ridho yang merupakan mahasiswa Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin itu, membunuh pacarnya dengan pisau dapur.

Asmaul Husna diketahui dibunuh karena meminta pertanggungjawaban pacar. Namun, karena Ridhoyatul Khaer ketakutan, mereka langsung cekcok di dalam kamar lalu terjadilah pembunuhan.

Peristiwa ini menjadi sebuah peringatan bagi orangtua yang tengah melepas anaknya menuntut ilmu jauh dari rumah. Anak-anak bisa melakukan apa saja terlebih jika jauh dari pengawasan orangtua. Dunia perkampusan dengan segala aktifitasnya menjadi ajang belajar, aktualisasi diri, eksplorasi kemampuan juga menjadi ajang membangun jaringan pertemanan hingga bisnis yang akan sangat bermanfaat bagi anak di masa yang akan datang.

Namun ada yang harus menjadi perhatian yaitu pergaulan dan gaya hidup. Tidak sebatas berpacaran, pergaulan bebas juga harus menjadi perhatian. Pergaulan bebas artinya melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda tanpa didasari ikatan pernikahan. Pergaulan bebas tidak bisa dibiarkan, karena ada beragam bahaya pergaulan bebas yang mengintai, terlebih jika remaja sering bergonta-ganti pasangan.

Penyebab dan Dampak Pergaulan Bebas

Anak muda memiliki risiko yang tinggi untuk terjerat pergaulan bebas. Hal ini karena mereka memiliki rasa ingin tahu yang cukup besar terhadap hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seksual.

Tanpa adanya edukasi yang cukup dari orang tua, rasa ingin tahu ini dapat membuat mereka mencoba untuk mencari tahu sendiri hal-hal tersebut. Efeknya, peluang untuk terjerumus ke dalam pergaulan bebas pun akan semakin besar.

Dampak dan bahaya pergaulan bebas tidak bisa disepelekan. Ada berbagai bahaya yang mengintai jika mereka terjerumus ke dalam pergaulan bebas, di antaranya:

1. Kehamilan yang tidak diinginkan

Pergaulan bebas meningkatkan risiko hamil di luar nikah. Melakukan hubungan seksual di luar nikah adalah sebuah dosa besar. Apalagi jika sampai hamil di luar nikah. Anak hasil hubungan di luar nikah tidak mempunyai nasab. Hal ini akan menjadi polemik besar kelak dalam diri anak yang dilahirkan.

2. Tertular infeksi menular seksual

Anak muda yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas lebih rentan untuk tertular penyakit menular seksual. Apalagi jika kerap bergonta-ganti pasangan. Makin sering seseorang bergonta-ganti pasangan, risikonya untuk terkena infeksi menular seksual, seperti HIV/AIDS dan gonore, akan semakin besar.

Selain kebiasan bergonta-ganti pasangan, hubungan sesama jenis, penyalahgunaan obat suntik, hubungan seksual dengan pekerja prostitusi, dan kesalahan pemakaian kondom dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi menular seksual.

3. Terkena penyakit kanker

Wanita yang sering bergonta-ganti pasangan lebih berisiko mengalami kanker serviks. Orang yang sering melakukan seks oral lebih berisiko untuk terkena kanker mulut dan kanker tenggorokan. Sedangkan orang yang sering melakukan seks anal memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker anus.

[Maya/sumber: makasarterkini.id dan alodokter.com

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
hamil
pergaulan
bebas
luar
nikah
anak
pemuda
 
BERITA LAINNYA
 
 
PARENTING
14 April 2020 17:39:19

Tips Berbelanja Saat Pandemi COVID-19

 
ADVERTORIAL
05 August 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
PARENTING
28 February 2020 20:23:04

Mengajarkan Membaca Memang Sejak Lahir

 
PARENTING
18 June 2020 21:56:36

Yang Terhormat Para Orangtua Galau

 
PARENTING
06 November 2018 06:59:17

7 Cara Membantu Anak Menolak Ajakan Teman

 
PARENTING
06 February 2020 08:33:23

Dampak Parenting yang Buruk Pada Anak

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
Munajat Dzulhijjah
 
 
TERPOPULER
 
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga