ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 29 September 2020 | 12 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
EDITORIAL

Orang Gila Anti Ulama?

15 September 2020 11:25:35
Syekh Ali Jaber
Ilustrasi, foto: BeritaSatu.com

ChanelMuslim.com- Kalau saja ada persatuan orang gila, maka akan ada penyangkalan dari pimpinan. Bahwa, orang gila tidak mungkin benci ulama. Orang gila justru butuh ulama. Mereka butuh penyejuk jiwa, penenang hati, dan penyemangat hidup. Semua itu peran utama ulama.

Kasus penganiayaan terhadap Syekh Ali Jaber terus menjadi sorotan publik. Pasalnya, pelaku disinyalir mengalami gangguan jiwa alias gila.

Tentang orang gila ini, menyegarkan kembali luka lama umat Islam yang mulai terkubur sejak dua tahun lalu. Saat itu, sejumlah ulama mengalami penganiayaan oleh seseorang yang disebut gila. Anehnya, penganiayaan terjadi hanya berselang pekan dan bulan. Dan, lokasinya menyebar mulai dari Bandung, Jawa Timur, hingga Riau.

Orang gila yang menganiaya pun melakukannya seperti dengan strategi dan rencana. Seperti yang dialami KH Umar Basri di Cicalengka Bandung. Usai shalat Subuh berjamaah, si orang gila ini menunggu hingga jamaah shalat keluar masjid. Setelah hanya dia dan Pak Kiyai yang masih berzikir, aksi pun ia lakukan.

Begitu pun yang terjadi di Riau. Aksi dilakukan ketika jamaah shalat satu per satu meninggalkan ruangan masjid. Setelah ada peluang, Pak Kiyai diserang dengan senjata tajam.

Yang dialami Syekh Ali Jaber pun tak jauh berbeda. Pelaku menyerag di dua momen yang sangat tepat. Yaitu, ketika Syekh sedang menoleh ke kiri karena sedang berdialog dengan santri. Kedua, sesaat setelah Syekh menghimbau jamaah untuk memfoto dirinya bersama santri yang berada di atas panggung.

Bayangkan jika serangan dilakukan ketika Syekh baru tiba di lokasi acara. Bayangkan juga jika serangan dilakukan ketika Syekh sedang berceramah. Dan bayangkan juga jika serangan dilakukan jika Syekh tidak  menghimbau jamaah untuk memfoto dirinya bersama santri.

Hal inilah seperti yang diungkapkan salah seorang panitia. “Kami kira, pelaku berlari ke depan mau memfoto Syekh dengan jarak dekat,” ungkap seorang panitia seperti yang diberitakan sejumlah media.

Tidak heran jika Syekh Jaber menyatakan bahwa terlalu dini menyimpulkan pelaku sebagai orang gila. Menurutnya, pelaku begitu terlatih dan memiliki keberanian yang luar biasa.

Kalau saja pelaku hanya melempar batu dari arah jalan raya, mungkin kesimpulan gila tidak begitu mengundang tanda tanya. Begitu pun jika pelaku mengarahkan pisau ke segala arah tanpa tertuju pada Syekh yang sedang berdialog santai dengan santri dan ibunya.

Jika memang kesimpulan gila menjadi hasil akhir dari perjalanan kasus ini, teramat sulit publik melakukan konfirmasi. Karena orang gila tidak memiliki perkumpulan. Mau tanya ke siapa, karena pelaku orang gila.

Negeri ini memang luar biasa. Banyak pihak yang seperti suka berpura-pura. Koruptor yang berpura-pura sakit ketika mau diperiksa. Pejabat yang berpura-pura tidak tahu ketika ditanya. Dan pembunuh ulama yang sepertinya berpura-pura gila.

Kalau sudah begitu, ketua perkumpulan orang gila mungkin akan menjelaskan, “Tuduhan itu sama sekali tidak benar. Kalau pun terbukti, pelakunya bukan anggota kami. Itu hanya oknum orang gila.” (Mh)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
syekh ali jaber
 
BERITA LAINNYA
 
 
EDITORIAL
04 November 2019 10:43:26

Politik Celana Cingkrang

 
EDITORIAL
06 September 2019 10:59:16

Disertasi Makan Hati

 
EDITORIAL
06 February 2020 17:21:22

Corona dan Siksaan Mendunia

 
EDITORIAL
04 February 2019 15:02:41

"Ati-ati Kalo Ngomong, Dipenjara Lu!"

 
EDITORIAL
25 July 2019 15:26:40

"CLBK" Megawati Prabowo

Senandung Akbar
 

 
 
TERBARU
 
cmm market
 
 
TERPOPULER
 
 
Pelatihan Menulis Oase Chanel Muslim
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284