ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 26 Mei 2020 | 4 Syawwal 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

Ternyata, Merauke Lumbung Beras Kedua Secara Nasional

06 February 2018 08:07:05
Suku asmat, papua
Bantuan untuk Suku Asmat Papua, foto: ACT

ChanelMuslim.com- Papua dengan keindahan dan kekayaan alamnya merupakan aset Indonesia yang tidak ternilai harganya. Namun siapa menyangka, walau mereka hidup di bagian bumi yang kaya tiada tara, tapi terpuruk dalam nestapa kemiskinan dan keterbelakangan.

Hal itu tergambar dari Kejadian Luar Biasa (KLB) gizi buruk dan campak akibat kemiskinan dan kelaparan. Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mencatat, setidaknya hingga Rabu (3/2), 71 anak balita meninggal. 66 di antara mereka meninggal karena penyakit campak dan lima anak meninggal dunia karena gizi buruk. Sedangkan 800 lainnya harus menjalani perawatan khusus di Rumah Sakit Kota Asmat.

President ACT (Aksi Cepat Tanggap) Ahyudin menyebutkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Papua seperti minyak bumi, tembaga, emas, uranium, dan lain sebagainya harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Papua. KLB gizi buruk dan campak, kata Ahyudin merupakan momentum bangsa terutama Pemerintah untuk lebih serius membangun kesejahteraan Papua.

"Semula kita berfikir untuk mendistribusikan bantuan, membeli dari Makassar. Ternyata, untuk mendapatkan beras ada di Merauke. Merauke bukan hanya lumbung beras Papua, tapi juga lumbung beras nasional. Saya dulu geologi, Papua pulau terbesar di dunia. Jadi setelah Australia ada benua keenam, tetapi kenapa (Papua) disebut pulau," ujar Ahyudin saat seremonial pemberangkatan Kapal Kemanusiaan.

Meski demikian, ia mengajak seluruh pihak untuk terus membantu saudara-saudara di Papua. Tidak hanya saat emergensi, tapi juga pasca emergensi dengan melakukan recovery (pembaruan) dan empowerment (pemberdayaan) di bidang ekonomi, pendidikan dan sosial.

"Ini bukan sekedar takdir. Siapapun yang mengaku bangsa Indonesia, (tetapi) tidak bersedih atas kejadian di Papua, perlu dipertanyakan rasa nasionalisme-nya," ungkap Ahyudin.

Bersama rekan-rekan media, ia berharap media dapat mensyiarkan potensi yang ada di Papua guna mensejahterakan masyarakat dengan Sumber Daya Alam-nya. Saat ini, tim medis ACT sudah berada di Agats sejak tiga pekan lalu. Selain Indonesia, ACT turut membantu 42 negara yang mengalami krisis.

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
suku asmat
papua
 
BERITA LAINNYA
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284