ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Minggu, 12 Juli 2020 | 22 Zulqaidah 1441 H
Login
Register

 


 
 
 
 
BERITA

BPJPH Buka Rakornas Layanan Sertifikasi Halal bersama MUI dan LPPOM

11 December 2019 06:24:29
Rakornas Layanan Sertifikasi Halal, BPJPH, LPPOM MUI,
Membuka kegiatan ini, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa\'adi menyoroti pentingnya sinergi lintas sektoral antara BPJPH, MUI, dan LPPOM MUI sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang sudah ada di Indonesia. [source: BPJPH/Kemenag]

ChanelMuslim.com - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal menggelar Rapat Koordinasi Nasional bersama MUI dan LPPOM. Rakornas membahas tentang Layanan Sertifikasi Halal.

Membuka kegiatan ini, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menyoroti pentingnya sinergi lintas sektoral antara BPJPH, MUI, dan LPPOM MUI sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang sudah ada di Indonesia.

"Masih banyak PR yang perlu kita kerjakan. Maka dari itu, saya mohon kerjasama kita semua bahu-membahu. Mengelola halal meliputi mata rantai yang panjang, dari hulu ke hilir," terang Wamenag di Ancol, Senin (09/12) malam dalam keterangan persnya di laman kemenag.go.id.

Menurut Wamenag, regulasi memandatkan kerjasama layanan sertifikasi halal itu pada tiga aktor: BPJPH, MUI dan LPPOM-MUI. Untuk itu, butuh kebesaran hati masing-masing untuk saling bersinergi, bekerja sama secara produktif, dan menanggalkan kepentingan individu atau kelompok demi kepentingan nasional dan umat yang jauh lebih besar.

Selain tiga aktor utama, lanjut Wamenag, halal juga berkaitan dengan multi-stakeholders. Penetapan kehalalan produk perlu peran institusi lain: otoritas keagamaan (MUI), lembaga pemeriksa dan pengujian produk (LPH), pengawas produk (BPOM), peredaran barang/produk dari dalam dan luar negeri (Kementerian perindustrian, perdagangan, bea cukai), hubungan luar negeri, kerjasama internasional dengan lembaga halal luar negeri (Kemenlu), hingga lembaga akreditasi (KAN, BSN).

"Belum lagi pelaku usaha yang terdiri atas perusahaan besar, menengah, kecil dan mikro di bawah kordinasi dan pembinaan kementerian/lembaga lain, seperti Kemenkes, Kemenkop UKM, Pemda, dan Kemendag," sebut Wamenag.

 
 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
rakornas layanan sertifikasi halal
bpjph
lppom mui
 
BERITA LAINNYA
 
 
ADVERTORIAL
12 July 2020 06:00:00

Kini Qurban Bisa Melalui ChanelMuslim.com

 
 
BERITA
16 December 2019 13:54:27

Kejutan Akhir Tahun dari AQUA Japan

global qurban, chanelmuslim global qurban
 
 
 
TERBARU
 
sekolah qurban, qurban 2020
 
 
TERPOPULER
 
 
Muslimah Creative Stream Fest Vol 2 2020
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga