ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23 Safar 1441 H
Login | Register

 


 
 
 
 
AYAH BUNDA

Wah, Anak Hebat

24 February 2019 21:16:14
Wah, Anak Hebat, dampak pujian pada anak
Freepik

oleh: Umi Widya

ChanelMuslim.com--Saat Jurnal pagi di sekolah, anak baru melaporkan hasil jurnalnya kepada Bu guru.

"Bu, Sudah," tukasnya.

"Wah, anak hebat, bagus sekali gambarnya," sahut Bu Guru yang juga masih baru.

Selewat nampak biasa saja, tak ada yang salah. Namun, sepulang sekolah segera saya kumpulkan semua guru. Di sekolah kami, ini sesuatu yang harus segera diurus. Mengapa begitu?

Sepintas lalu tak ada yang salah dengan ucapan ataupun tindakan guru. Namun, itu sebuah "kesalahan" yang tanpa disadari dilakukan oleh kita yang berkecimpung di dunia anak usia dini ataupun orangtua yang memiliki anak usia dini.

Dampak ucapan guru ini yang akan "membahayakan" kehidupan anak suatu hari nanti. Ketika semua orang dewasa di sekitar anak, mengucapkan kata-kata "Wah, kamu hebat" atas apa pun yang dia lakukan, maka yang tersimpan di memori anak adalah "Saya dilatih untuk membuat orangtua (guruku) bahagia...saya kecanduan perhatian, pengakuan dan validasi," kata Howard Stern. Ini sangat tidak aman.

Hebat itu tidak sama dalam persepsi setiap orang. Saat anak menghabiskan makanannya disebut hebat. Saat dia bisa membuka baju sendiri juga dikatakan hebat. Betapa kecewanya dia saat dia melakukan hal serupa dan itu biasa saja bagi sebagian orang, tak ada yang menyebutnya hebat. Saat dia merasa sudah berbuat namun tak ada yang mengakui kehebatannya dia bisa sangat depresi.

Lalu, bagaimana? Kok kata-kata sebaik itu masih salah juga sih? Jadi guru di sekolah Bu Widya ini ribet amat. Segala salah. Trus musti ngomong apa lagi?

Kalau belum tahu mau bilang apa, duduk dulu, tenang, tarik nafas. Mikir. Sampaikan apa yang kita lihat. Katakan faktanya. Misal saat anak jurnal, menggambar lingkaran warna warni, lalu dia lapor, katakan, "Alhamdulillah, hari ini kamu bisa menggambar lingkaran, ibu guru lihat ada 3 warna yang kamu pakai, ini lingkaran berwarna merah, ini lingkaran berwarna biru dan yang ini berwarna kuning".

Alih-alih kita memenuhi memorinya dengan setumpuk kata-kata yang belum tentu bermanfaat untuk hidupnya, dengan menyampaikan fakta yang kita lihat, kita semakin menambah perbendaharaan kosakata untuk dia, membuat dia baik-baik saja tidak merasa bahwa apa yang dia lakukan untuk menyenangkan orang lain apalagi membuat dia kecanduan perhatian.

Jadi, ayo, verbalkan semua yang kita lakukan bersama-sama dengan anak. Tapi ingat, hati-hati, kayu dan batu bisa mematahkan tulang, kata-kata bisa menghancurkan jiwa. Anak kita kelak adalah apa yang kita ucapkan padanya hari ini. "Wah, Hebat", bukan kata hebat untuk menjadikan anak kita benar-benar hebat suatu hari nanti.[ind]

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
wah
anak hebat
dampak pujian pada anak
 
BERITA LAINNYA
 
 
AYAH BUNDA
19 July 2018 17:53:20

Sabar Mengasuh Anak

 
AYAH BUNDA
23 July 2018 21:03:43

Pujian dan Kokohnya Jiwa Anak

 
AYAH BUNDA
02 September 2019 06:35:25

Inilah Cara Merayakan Tahun Baru Islam

 
AYAH BUNDA
25 April 2019 15:06:36

7 Persiapan Menyambut Ramadhan

The Power Of Love 2 Hayya
 
 
Pendaftaran Siswa Baru Jakarta Islamic School
 
TERBARU
 
iklan chanel muslim, rate iklan chanelmuslim, website islam iklan
 
Buku Pilu di Palu Mam Fifi
 
TERPOPULER
 
Jual Buku Mencintaimu Dengan Cinta Yang Lebih Tertata Penulis Fifi P.Jubilea
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0813.1956.2284