ChanelMuslim.com media onlie keluarga, media islam

Senin, 21 September 2020 | 4 Safar 1442 H
Login
Register

 


 
 
 
 
AYAH BUNDA

Gejala Kecanduan Gadget pada Anak yang Sering Tidak Disadari Orang tua

20 January 2018 10:09:08
Anak Kecanduan Gadget, gawai, Psikolog, Bondowoso, keluarga
Foto: liputan6

ChanelMuslim.com-Gawai atau gadget kini sudah jadi barang lumrah, tak hanya yang tua, muda, bahkan anak-anak sudah akrab dengan gawai. Namun, kecanggihan teknologi ternyata membawa dampak negatif, terutama untuk anak-anak, salah satunya bisa menyebabkan kecanduan. Inilah gejala kecanduan gawai pada anak yang sering tidak disadari orang tua.

Psikolog Hayati Rahmah, M.Psi menyebutkan kecanduan gadget bermula saat orang tua sibuk dengan urusan masing-masing dan memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain gadget, entah berupa handphone, laptop, tablet, dan sebagainya.

"Seringkali orang tua berdalih sibuk, lalu memberi anak kebebasan dengan fasilitas termasuk gadget, sementara anak belum punya kontrol diri yang baik," ujar Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini kepada ChanelMuslim, Jumat (19/1).

Saat anak sudah asyik dengan gadget, tambah Rahmah, dan mulai kurang peka terhadap orang lain, di situ seharusnya orang tua menyadari adanya gejala kecanduan.

"Saat anak sudah mulai kurang peka terhadap orang lain, lebih tertarik dengan gadget, orang tua perlu waspada untuk memberi perhatian kepada anak," jelasnya.

Untuk tindakan preventif, ibu dua anak ini menyarankan kepada keluarga Indonesia agar memaksimalkan family time.

"Bantu anak untuk punya limit terhadap gadget, misalnya ada waktu-waktu tanpa memegang HP, saat sedang makan, sedang kumpul keluarga, dan lain-lain," tambah wanita berhijab ini.

Orang tua juga memberikan contoh kepada anak dan sering melakukan 'me time' dengan anak tanpa gadget. Menurut Rahmah, cara ini bisa meminimalisasi anak agar terhindar dari kecanduan gadget.

"Orang tua juga perlu menciptakan waktu rutin dengan anak, untuk ngobrol, berdiskusi, dan itu dilakukan tanpa adanya gadget," ungkapnya.

Kasus anak kecanduan gawai ini viral saat dua anak di Bondowoso, berusia 14 dan 16 tahun, diantar kedua orang tuanya ke Poli Jiwa RSUD dr Koesnadi Bondowoso, Jawa Timur sejak sebulan yang lalu.

Awalnya kedua anak menjadi sangat dekat dengan gadget dan laptop karena tugas-tugas sekolah. Waktu itu, hampir semua tugas sekolah menggunakan perangkat ini sehingga si anak kemana-mana membawa laptop.

Keduanya dikategorikan mengalami guncangan jiwa karena berperilaku mengerikan jika tidak diberi izin memegang atau menggunakan gadget-nya, seperti membentur-benturkan kepalanya ke tembok.

Alhamdulillah selama sebulan perawatan dan menjalani terapi khusus, kondisi kedua anak tersebut dilaporkan berangsur membaik. Hal itu juga didukung oleh pendampingan dari pihak keluarga. (ind)

 
Info Video CMM :
 
Bagaimana menurut anda mengenai isi artikel ini?
 
FOKUS
 
 
 
TOPIK :
anak kecanduan gadget
gawai
psikolog
bondowoso
keluarga
 
BERITA LAINNYA
 
 
AYAH BUNDA
15 August 2019 22:55:02

Wahai Ayah Bunda Engkau Muaddib (Bag. 3)

 
AYAH BUNDA
19 July 2019 13:16:46

Dahsyatnya Doa Seorang Ibu untuk Anak-anaknya

 
AYAH BUNDA
05 February 2018 15:10:18

Dampak Positif dan Negatif Gim untuk Anak

 
AYAH BUNDA
11 August 2019 21:24:31

8 Cara Merayakan Idul Adha yang Produktif

Senandung Akbar
 
 
 
TERBARU
 
 
 
TERPOPULER
 
 
 
 


media online keluarga
media online keluarga

ChanelMuslim.com

Media Inspirasi Keluarga Muslim Indonesia dengan berbagai rubrik terbaik untuk keluarga muslim Indonesia kini tersedia di

media online keluarga

Nikmati kemudahan mendapatkan berbagai berita dan artikel islami disini.

media online keluarga
JANGKAU LEBIH LUAS KONSUMEN ANDA,
beriklan di ChanelMuslim.com
Hotline : 0811.1362.284