• Tentang Kami
  • Iklan
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Rabu, 12 Agustus, 2026
No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah
Chanelmuslim.com
No Result
View All Result
Home Berita

Terbukti, ASI Eksklusif Tekan Risiko Penyakit Hati

20/05/2021
in Berita
Semua Tentang Hair Oil yang Perlu Kamu Ketahui

Foto: Pexels

77
SHARES
593
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterWhatsappTelegram
ADVERTISEMENT

Chanelmuslim.com-Baru-baru ini, studi menemukan manfaat terbaru mengonsumsi ASI pada bayi di awal kehidupannya (6 bulan pertama), yaitu menurunkan risiko penyakit hati.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Western Australia menemukan bahwa menyusui secara eksklusif selama enam bulan, ditambah dengan ibu memiliki berat badan normal sebelum hamil, dapat menurunkan risiko anak-anaknya kelak terkena penyakit hati non-alcoholic fatty liver disease atau NAFLD.

NAFLD disebabkan oleh penumpukan lemak di hati dan sebagian besar muncul pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius, termasuk sirosis, serta memiliki hubungan yang erat dengan penyakit-penyakit lain seperti diabetes, serangan jantung dan stroke.

Salah satu peneliti yang terlibat, Dr Oyekoya Ayonrinde, menyatakan bahwa menyusui secara eksklusif selama sedikitnya enam bulan mengurangi risiko NAFLD pada anak saat beranjak remaja.

Selama penelitian, data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara langsung, pemeriksaan fisik dan tes darah. Secara keseluruhan, jumlah anak-anak pengidap NAFLD yang disusui secara eksklusif lebih sedikit, dibandingkan dengan mereka yang sejak kecil diberikan susu formula.

Selain menurunkan risiko penyakit hati, ASI eksklusif juga diketahui dapat menurunkan risiko infeksi telinga pada anak. Menurut dr Tasnee Chonmaitree dari University of Texas, memberikan ASI eksklusif pada anak dapat membantu memberikan perlindungan yang cukup terhadap bakteri Streptococcus pneumoniae yang bisa menginfeksi telinga, sinus, paru, dan darah.

“Orang tua disarankan memastikan anaknya mendapatkan vaksin seperti yang sudah direkomendasikan dan juga memberikan ASI yang sudah direkomendasikan. Jauhi paparan rokok terhadap anak dan hindari juga orang yang sedang pilek,” kata Chonmaitree seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/4/2016).(ind)

Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM Dapatkan Informasi Terupdate Terbaru Melalui Saluran CMM
Previous Post

Kemenag Banten Sidak Travel Umrah Tak Berizin

Next Post

Cantik Tanpa Makeup dengan 3 Kebiasaan Alami Ini

Next Post
Cantik Alami dengan 4 Trik Mudah Ini, Yuk Coba

Cantik Tanpa Makeup dengan 3 Kebiasaan Alami Ini

Gempa 7,8 SR Guncang Ekuador, Puluhan Orang Tewas

Pengungsi Suriah Etnik Armenia Disambut Baik di Armenia

  • doa tolak

    Doa Tolak Bala di Akhir Bulan Safar dan Keutamaannya

    203 shares
    Share 81 Tweet 51
  • 124 Nama Sahabiyat untuk Bayi Perempuan

    9085 shares
    Share 3634 Tweet 2271
  • Pagelaran Fashion Muslim Modest Wear Ramadan in Style

    655 shares
    Share 262 Tweet 164
  • Baru Mulai Pelihara Koi? Ini 7 Tips agar Ikan Tetap Sehat dan Cantik

    69 shares
    Share 28 Tweet 17
  • Penjelasan Lengkap Soal Rebo Wekasan dari Segi Syariah

    230 shares
    Share 92 Tweet 58
  • Doa Ibu yang Mengubah Nasib Anak

    4116 shares
    Share 1646 Tweet 1029
  • Doa Rabithah dan Keutamaan Membacanya

    2417 shares
    Share 967 Tweet 604
  • Ashanty, Anang dan Azriel Rayakan Wisuda Bersama di Universitas Airlangga

    4390 shares
    Share 1756 Tweet 1098
  • Ayat Al-Qur’an tentang Traveling

    1183 shares
    Share 473 Tweet 296
  • Keutamaan Doa Rodhitu Billahi Robba

    3530 shares
    Share 1412 Tweet 883
Chanelmuslim.com

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga

Navigate Site

  • IKLAN
  • TENTANG KAMI
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
  • REDAKSI
  • LOWONGAN KERJA

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Jendela Hati
    • Thinking Skills
    • Quotes Mam Fifi
  • Keluarga
    • Suami Istri
    • Parenting
    • Tumbuh Kembang
  • Pranikah
  • Lifestyle
    • Figur
    • Fashion
    • Healthy
    • Kecantikan
    • Masak
    • Resensi
    • Tips
    • Wisata
  • Berita
    • Berita
    • Editorial
    • Fokus +
    • Sekolah
    • JISc News
    • Info
  • Khazanah
    • Khazanah
    • Quran Hadis
    • Nasihat
    • Ustazah
    • Kisah
    • Umroh
  • Konsultasi
    • Hukum
    • Syariah

© 1997 - 2025 ChanelMuslim - Media Online Pendidikan dan Keluarga