UMAT Islam itu lembut, ramah, dan murah senyum. Tapi kadang keadaan memaksa kita seperti pemeran antagonis.
Seorang ulama pernah mengatakan bahwa keadaan tidak selalu seirama dengan karakter umat Islam. Saat itulah, menurutnya, kita seperti dipaksa berperan sebagai antagonis.
Apa yang dimaksud dengan peran antagonis? Yaitu, peran yang tidak lazim dilakukan oleh umat Islam. Seperti menjadi pemarah, emosional, sulit memaafkan, dan lainnya.
Bukan hanya di kalangan awamnya saja, para ustaz pun kadang terpaksa menjadi pemarah dan sangat emosional. Padahal, karakter sejatinya jauh dari sifat itu.
Pertanyaannya, kenapa hal itu bisa terjadi?
Di beberapa tahun terakhir ini, perkembangan media sosial begitu cepat. Bisa dibilang, setiap orang punya akun medsos dan begitu akrab dengan tayangan video dari medsos.
Sayangnya, apa yang menjejali konten-konten itu bukan yang seirama dengan keindahan Islam. Tapi sebaliknya, sesuatu yang ‘’memanas-manasi’ umat Islam.
Di sisi lain, medsos masuk dalam jebakan algoritma yang jauh dari akhlak Islam. Misalnya, kalau mau dilihat orang banyak, buatlah konten yang ‘panas’, emosional, dan sejenisnya.
Seirama dengan algoritma setan itu ada siluman yang disebut orang sebagai ‘buzzer-buzzer’. Disebut siluman karena banyak dan terasa, tapi tidak diketahui siapa.
Misalnya, marak kita dengar istilah yang disebut dengan ‘kadrun’. Ini kata singkatan yang artinya kadal gurun. Biasanya kata ini ditujukan untuk mereka yang berkaitan dengan karakter Islami, dan berdekatan dengan nuansa timur tengah.
Mereka pun sudah berani mencela sosok-sosok ulama, asatiz, dan para habaib. Padahal, semua sosok tersebut sudah ratusan tahun sebagai panutan mayoritas bangsa ini.
Namun begitu, Islam mengajarkan bahwa keadaan tidak boleh melunturkan akhlak dan adab seorang muslim. Justru itu menjadi ujian agar akhlak dan adab bisa lebih kokoh lagi.
Kalau kita bercermin dengan kisah teladan Rasulullah dan para sahabat radhiyallahum ajma’in, hal itu pernah dialami mereka. Terutama saat Rasulullah dan para sahabat masih berada di Mekah.
Seorang sahabat bernama Khabbab bin Arats radhiyallahu ‘anhu pernah mengalami ujian seperti itu. Bahkan, mantan budak yang punya keahlian membuat pedang ini bukan sekadar tersiksa batinnya. Tapi juga fisiknya oleh sang majikan.
Setiap hari ia mengalami siksaan fisik dan batin. Bahkan siksaan terjadi seperti orang minum obat: pagi, siang, dan sore. Bukan hanya Khabbab yang mengalami itu, banyak dari kalangan budak yang memeluk Islam yang mengalami hal serupa.
Khabbab pun menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. “Ya Rasulullah, tidakkah kita mengambil tindakan?” begitu kira-kira yang diungkapkannya.
Rasulullah menasihati Khabbab dan mereka yang senasib dengannya. Bahwa, para du’at sebelum mereka juga mengalami hal serupa. Ada yang disiksa sebegitu kerasnya. Tapi mereka tetap sabar.
Dr. Yusuf Qaradhawi pernah menjelaskan makna sabar secara sederhana. Bahwa, makna sabar adalah istiqamah. Begitu pun dengan syukur, maknanya juga istiqamah.
Bedanya dengan syukur yang berarti tetap istiqamah meskipun dalam keadaan senang, sabar berarti tetap istiqamah meskipun dalam keadaan susah.
Istiqamah seperti apa? Yaitu, tetap di jalan Islam dengan akhlak dan adabnya. Meskipun, keadaan memaksa untuk melepas sementara akhlak dan adab itu.
Jadi, biarlah ‘setan-setan’ menghembuskan hawa ‘panas’ melalui kecanggihan sarana media saat ini. Tapi kita harus tetap istiqamah dengan karakter asli: rahmatan lil ‘alamin. [Mh]